Analisis Pasar 1 April 2024: Proyeksi Harga BTC 18 Hari Menuju Bitcoin Halving

Update 1 Apr 2024 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 1 April 2024: Proyeksi Harga BTC 18 Hari Menuju Bitcoin Halving
Reading Time: 6 minutes

Positivisme investor crypto diuji setelah Bitcoin (BTC) sempat terkoreksi ke harga $60ribu setelah menyentuh harga all time high (ATH) di harga $73 ribu. Lantas bagaimana proyeksi harga Bitcoin di tengah perjalanan Bitcoin Halving yang semakin dekat? Simak analisisnya di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • ✍🏻 BTC mencapai level resistensi ekstensi Fibonacci 1.0 di $71.375. Menembus titik harga tersebut diharapkan akan mendorong ke level harga baru.
  • 📉 Biro Sensus Departemen Perdagangan melaporkan penurunan penjualan rumah baru sebesar 0.3%, mencapai tingkat tahunan penyesuaian musiman sebesar 662.000 unit pada bulan lalu.
  • 📈 Kenaikan pesanan barang tahan lama di bulan Februari sebesar 1.4%
  • 💼 Klaim Pengangguran Awal di AS turun 2.000 pada pekan yang berakhir 23 Maret.

Analisis Makroekonomi

Penjualan Rumah Baru

Pada bulan Februari terjadi penurunan tak terduga dalam penjualan rumah keluarga tunggal baru di Amerika Serikat (AS) yang disebabkan oleh kenaikan suku bunga hipotek selama bulan tersebut. Namun, tren secara keseluruhan tetap kuat yang didorong oleh kurangnya jumlah rumah yang ada di pasar. Mengutip laporan Departemen Perdagangan pada hari Senin pekan lalu menyoroti harga rata-rata rumah baru pada Februari berada pada titik terendah dalam lebih dari dua setengah tahun, bertepatan dengan peningkatan pasokan yang tertinggi sejak November 2022. Para developer merespons dengan melakukan berbagai upaya seperti, mengintensifkan upaya konstruksi, menerapkan pengurangan harga, insentif, dan pengurangan denah rumah untuk meningkatkan keterjangkauan perumahan.

Biro Sensus Departemen Perdagangan melaporkan penurunan penjualan rumah baru sebesar 0.3% mencapai tingkat tahunan penyesuaian musiman sebesar 662.000 unit pada bulan lalu. Angka ini merupakan sedikit penyesuaian dari laju penjualan bulan Januari yang dilaporkan sebelumnya, yang direvisi naik menjadi 664.000 unit dari 661.000 unit.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Barang Tahan Lama: Amerika Serikat di bulan Februari mengalami peningkatan pesanan barang tahan lama sebesar 1.4%, melampaui perkiraan kenaikan sebesar 1.1% yang menjadi tanda prospek ekonomi lebih kuat dari perkiraan kuartal pertama. Pemulihan ini terutama terjadi pada sektor transportasi, yang meningkat sebesar 3.3% setelah penurunan signifikan pada bulan sebelumnya, dengan pesanan pesawat sipil melonjak sebesar 24.6%. Peningkatan pesanan barang tahan lama yang mencakup barang-barang yang dapat bertahan selama tiga tahun atau lebih, bersamaan dengan tanda-tanda awal pemulihan pengeluaran bisnis untuk peralatan, memberikan pandangan optimis terhadap pertumbuhan ekonomi di masa depan. Optimisme ini semakin didukung oleh antisipasi penurunan suku bunga oleh bank sentral AS pada akhir tahun ini, sehingga memberikan kontribusi positif terhadap sektor manufaktur, yang menyumbang 10.3% terhadap perekonomian.
  • Klaim Pengangguran: Data mingguan terbaru yang dirilis Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis lalu menunjukkan, terdapat 210.000 klaim pengangguran awal untuk pekan yang berakhir 23 Maret. Angka ini sedikit lebih rendah dari revisi 212.000 klaim dari minggu sebelumnya dan mengalahkan ekspektasi pasar sebesar 215.000. Selain itu, laporan ini memberikan lebih banyak wawasan, menunjukkan bahwa tingkat pengangguran yang diasuransikan yang disesuaikan secara musiman adalah 1.2%, sedangkan rata-rata pergerakan 4 minggu turun menjadi 211.000 atau turun sebesar 750 dibandingkan dengan rata-rata revisi minggu sebelumnya. Menurut publikasi tersebut, jumlah pengangguran terasuransi yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 16 Maret adalah 1.819.000, menandai peningkatan sebesar 24.000 dari tingkat revisi minggu sebelumnya.

Analisis Harga BTC

Setelah mencapai level harga tertinggi sepanjang masa di harga $73.700, momentum bullish Bitcoin (BTC) sementara terhenti. BTC terkoreksi dan berkonsolodasi di atas $60 ribu atau mengalami retracement sebesar 15.4%. Retracement ini secara singkat menyebabkan penurunan harga terendah menyentuh $60.800 pada tanggal 20 Maret sebelum akhirnya kembali naik ke harga $70 ribu. Pada grafik mingguan, harga BTC telah mencapai level resistensi ekstensi Fibonacci 1.0 di $71.375. Jika konsisten menembus lebih dari titik harga tersebut dan membangun support pasti pada level ini diharapkan akan mendorong BTC ke level harga baru.

Perhatikan grafik di bawah ini yang menunjukkan, Bitcoin MVRV telah mencapai batas atas dari yang sering dikaitkan dengan titik resistensi di mana investor mulai memanfaatkan keuntungannya.

Selain itu, perilaku pasar mencerminkan meningkatnya aktivitas tarik keuntungan, terbukti dengan mengunci lebih dari $2.6 miliar laba terealisasi melalui pembelanjaan on-chain selama ATH BTC. Secara signifikan, sekitar 40% dari aktivitas ambil untung ini berasal dari pemegang jangka panjang yang melikuidasi posisi mereka di GBTC Trust, sementara sisanya disebabkan oleh pedagang jangka pendek yang memanfaatkan momentum pasar.

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa yang terus turun menunjukkan tekanan jual yang semakin rendah. Simpanan bersih di bursa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari yang diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • 💻 Penambang: Penambang menjual kepemilikannya dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-Chain: Semakin banyak investor yang menjual dengan keuntungan. Di tengah pasar bullish, hal ini dapat mengindikasikan puncak pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih tinggi dari rata-rata. Jika dipindahkan untuk tujuan dijual, dampaknya mungkin negatif. Investor berada dalam fase keyakinan di mana mereka berada dalam kondisi keuntungan yang belum terealisasi.
  • 🏦 Derivatif: Trader posisi long dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen beli dominan di pasar derivatif. Lebih banyak pesanan pembelian diisi oleh pengambil. Ketika Open Interest (OI) meningkat mengindikasikan semakin banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan open interest dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi netral, di mana harga saat ini berada pada lokasi moderat antara kisaran tertinggi-terendah dalam dua minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Founder Ethereum Imbau Memecoin Dimanfaatkan untuk Tujuan Positif. Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, menyerukan komunitas kripto untuk mengarahkan minat mereka pada memecoin ke inisiatif yang lebih konstruktif, seperti filantropi yang berdampak positif. Dalam sebuah postingan blog terbaru, Vitalik mengamati evolusi memecoin yang awalnya populer karena Dogecoin, menjadi subjek perdebatan karena sifatnya yang volatil dan memiliki dampak kontroversial. Vitalik menyoroti pergeseran dari tujuan asli cryptocurrency ke tren memecoin yang sering kali dikaitkan dengan tema negatif, seperti rasisme. Namun, Vitalik mengusulkan konsep “charity coins” dan “Robin Hood games” sebagai cara untuk mengubah memecoin dari sebelumnya hanya spekulasi finansial menjadi alat untuk pendukung tujuan sosial yang bermakna. Sehingga memecoin dapat menunjukkan potensi untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan distribusi kekayaan yang lebih adil melalui teknologi blockchain. Pendekatan inovatif ini menandai sebuah seruan agar komunitas crypto memprioritaskan proyek yang tidak hanya menghibur tapi juga memiliki dampak sosial positif.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • BlackRock Optimis Terhadap ETF Ether. CEO BlackRock Larry Fink, mengungkapkan keyakinan ETF Ether dapat disetujui meskipun ada potensi dalam klasifikasi Ether sebagai sekuritas oleh U.S. Securities and Exchange Commission (SEC), yang akan meningkatkan pengawasan regulasi terhadap aset digital kedua terbesar ini. Walaupun SEC sedang mempertimbangkan status Ether sebagai sekuritas dan telah mengirimkan panggilan kepada beberapa perusahaan terkait, Fink menunjukkan optimisme terhadap kemungkinan tersebut dalam wawancara dengan Fox Business. BlackRock yang telah sukses besar dengan peluncuran ETF Bitcoinnya, iShares Bitcoin Fund (IBIT), telah mengumpulkan lebih dari $15 miliar dalam aset dalam waktu hanya 2,5 bulan yang menjadikannya produk ETF paling cepat dalam sejarah ETF. Meskipun ada kekhawatiran di industri bahwa SEC mungkin tidak menyetujui aplikasi untuk ETF Ether, keberhasilan IBIT dan kepercayaan Fink terhadap viabilitas jangka panjang bitcoin dan kemungkinan aset digital lainnya menunjukkan pandangan bullish terhadap masa depan instrumen investasi ini.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • dogwifhat (WIF) +107%
  • Mantle (MNT) +60%
  • Bitcoin Cash (BCH) +39%
  • Internet Computer (ICP) +34%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Fantom (FTM) -11%
  • Kaspa (KAS) -3.9%
  • Akash Network (AKT) -2.10%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan