Apa Itu Altcoin dan Tipe-tipe nya
Reading Time: 2 minutes

Mungkin kamu sering mendengar Altcoin dalam cryptocurrency. Namun, sebenarnya apa itu Altcoin dan perbedaanya dengan Bitcoin? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Belajar Trading Crypto Menggunakan Money Management

Apa Itu Altcoin

Sebenarnya Altcoin merupakan gabungan kata dari alternative dan coin yang mencakup semua alternatif selain Bitcoin. Altcoin merupakan cryptocurrency lainnya yang muncul setelah kehadiran Bitcoin. Lahirnya Bitcoin memang membuka jalan, maka di awal tahun 2000an setidaknya ada 5000 coin lain yang muncul.

Banyak Altcoin mencoba menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki Bitcoin. Kemunculan Altcoin ini memiliki sisi kompetitif masing-masing. Ada yang berlomba menawarkan privasi yang lebih aman atau metode penyebaran koin yang berbeda.

Tipe-Tipe Altcoin

Dengan banyaknya muncul Altcoin baru, akhirnya tipe Altcoin pun beragam. Berikut beberapa tipenya:

Mining-Based

Altcoin dengan tipe ini memiliki proses penambangan yang artinya koin baru dapat dihasilkan dengan memecahkan permasalahan untuk membuka blok. Altcoin dengan tipe ini memiliki kesamaan dengan Bitcoin. Salah satu di antaranya yang masuk ke kategori ini ada Ethereum yang sekarang menjadi crypto terbesar kedua setelah Bitcoin.

Stablecoin

Stablecoin berusaha meningkatkan Bitcoin dengan mengurangi volatilitas. Dalam praktiknya, hal ini dilakukan dengan cara mengikat nilai koin dengan mata uang yang ada. Pilihan popular untuk mendukung tipe altcoin ini adalah dolar AS, euro dan emas. Salah satu contoh yang terkenal adalah Libra Facebook yang baru saja diluncurkan pada Januari 2020.

Security Tokens

Altcoin jenis ini dihubungkan ke bisnis dan sering diluncurkan dalan Initial Coin Offerings (ICO). Security Tokens ini menyerupai saham tradisional yang sering menjanjikan beberapa jenis dividen seperti pembayaran atau kepemilikan dalam bisnis.

Utility Tokens

Kategori ini memberikan klai atas layanan dan kadang dijual sebagai bagian dari ICO. Salah satu contoh dari utility tokens adalah Filecoin yang ditaawarkan di ICO. Filecoin dirancang untuk dapat ditukar dengan ruang penyimpanan file yang terdesentralisasi.

Contoh Altcoin yang Terkenal

Ethereum

Kamu pasti sering mendengar mata uang digital satu ini. Ethereum merupakan crypto terbesar setelah Bitcoin. Bukan hanya mata uang digital tapi Ethereum adalah blockchain didukung oleh cryptocurrency, Ether. Ethereum juga memiliki teknologi smart contract atau kontrak pintar yang sangat terkenal.

Dash

Koin yang satu ini memiliki nama yang merupakan gabungan dari digital dan cash. Dash menawarkan transaksi yang cepat dan instan. Aset crypto ini mengklaim bisa menyelesaikan proses transaksi lebih cepat hanya beberapa menit dibanding Bitcoin.

Ripple

Diciptakan pada tahun 2012, Ripple Labs mengembangkan cryptocurrency XRP. Koin ini memiliki serangkaian protokol pembayaran untuk penyelesaian cross-border yang efisien untuk lembaga keuangan. Ripple mendapatkan momentum di pasar mata uang crypto dan mengalami lonjakan pada awal tahun 2020.

Yearn.finance

Yearn.finance adalah layanan agregator untuk investor keuangan terdesentralisasi (DeFi). YFI memiliki tujuan untuk menyederhanakan ruang DeFi yang terus berkembang bagi investor. YFI memiliki total suplai yang beredar sebanyak 30,000.

Baca Juga: Spotify akan Menambahkan Metode Pembayaran Crypto?

Itu dia penjelasan mengenai Altcoin. Ingin berinvestasi Altcoin seperti Ethereum atau YFI dan lainnya? Download aplikasi Pintu sekarang juga dan kamu bisa mulai investasi dari 20ribuan! Yuk download sekarang!

Artikel Terkait