Kini, Kamu Bisa Cek Detail Pajak Transaksi Crypto di Aplikasi Pintu!

Updated
May 19, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Kini, Kamu Bisa Cek Detail Pajak Transaksi Crypto di Aplikasi Pintu!
Reading Time: 3 minutes

Halo teman-teman Pintu. Kini, kamu sudah bisa mengecek detail dan riwayat pemotongan pajak transaksi crypto di aplikasi Pintu kamu masing-masing, lho! Sebagai catatan, detail pemotongan pajak ini hanya akan muncul di aplikasi Pintu versi 3.14 dan setelahnya, sehingga pastikan bahwa aplikasi Pintu kamu telah di-update ke versi tersebut, ya!

Baca juga: Bagaimana Ketentuan Terbaru Pajak Crypto di Indonesia?

Cara Mengecek Detail Pajak Crypto di Pintu

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 68/PMK.03/2022, PPN final akan dikenakan untuk pembelian aset crypto, sementara PPh Pasal 22 final akan dikenakan untuk transaksi penjualan aset crypto.

Buat kamu yang ingin mengetahui besaran pajak crypto untuk tiap transaksi jual beli aset crypto di Pintu, kini kamu bisa mengecek detail lengkapnya di laman konfirmasi penjualan/pembelian aset crypto maupun lewat menu “Riwayat Transaksi”.

Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Mengecek Detail Pajak Transaksi Crypto Lewat Menu Konfirmasi

Pembelian Aset di Pintu

Kamu tinggal melakukan pembelian aset crypto di Pintu seperti biasa. Setelahnya, besaran PPN final (0,11%) akan muncul di laman konfirmasi pembelian aset crypto. Di sini, kamu akan bisa melihat jumlah saldo Rupiah yang harus kamu bayarkan setelah pengenaan PPN final pada aset yang ingin kamu beli tersebut.

fitur pajak crypto pembelian di pintu

Penjualan Aset di Pintu

Sama seperti sebelumnya, kamu bisa melakukan penjualan aset crypto di Pintu seperti biasa. Setelahnya, besaran PPh Pasal 22 final (0,1%) akan muncul di laman konfirmasi penjualan aset crypto. Di sini, kamu juga bisa melihat jumlah saldo Rupiah yang akan kamu terima setelah dipotong dengan pajak.

fitur pajak crypto penjualan di pintu

*Sebagai catatan, gambar di atas hanya merupakan ilustrasi. Detail pemotongan pajak tersebut akan bisa kamu lihat apabila aplikasi Pintu kamu telah di-update ke versi 3.14

Cara Mengecek Detail Pajak Transaksi Crypto Lewat Menu Riwayat

Apabila kamu ingin mengetahui besaran pajak dari transaksi-transaksi yang telah terjadi sebelumnya, kamu juga bisa mengecek besaran pajak tiap transaksi di menu “Riwayat Transaksi

  • Pilih menu “Wallet
  • Tap simbol Jam Pasir pada bagian kanan atas layar atau kamu juga bisa langsung tap aset crypto yang kamu beli/jual sebelumnya
  • Pilih riwayat transaksi yang ingin kamu cek

Pembelian Aset di Pintu

fitur detail riwayat pajak crypto di pintu

Penjualan Aset di Pintu

fitur detail riwayat pajak crypto penjualan di pintu

*Sebagai catatan, gambar di atas hanya merupakan ilustrasi. Detail pemotongan pajak tersebut akan bisa kamu lihat apabila aplikasi Pintu kamu telah di-update ke versi 3.14

Catatan Khusus

Fitur ini hanya akan menunjukkan detail dan riwayat pemotongan pajak transaksi dari sejak 18 Mei 2022. Namun tenang saja karena semua aktivitas jual beli crypto kamu dari tanggal 1 Mei 2022 telah dihitung, dipungut, dan disetorkan ke pemerintah oleh Pintu.

Dengan adanya fitur ini, semoga bisa memudahkan aktivitas investasi dan trading kamu di Pintu, ya!

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->