7 Manfaat Investasi Bagi Hidupmu, Sudah Mulai Belum?

Updated
September 30, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar 7 Manfaat Investasi Bagi Hidupmu, Sudah Mulai Belum?
Reading Time: 3 minutes

Beberapa tahun belakangan ini, generasi muda semakin memiliki kesadaran akan pentingnya kondisi keuangan yang sehat, yang mana salah satunya melalui aktivitas investasi. Untuk kamu yang masih belum berinvestasi, simak 7 manfaat investasi berikut menurut beberapa ahli keuangan di dunia.

Terhindar dari Inflasi

ilustrasi manfaat investasi

Pilihan untuk berinvestasi atau tidak memang ada di tangan kamu. Namun kalau kamu tidak berinvestasi dan mengembangkan uang yang kamu miliki, maka tanpa sadar nilai uang kamu akan berkurang seiring waktu.

Hal ini terjadi karena inflasi, yang menyebabkan nilai mata uang terus menurun, terjadi kenaikan harga barang dan penurunan daya beli masyarakat.

Tingkat inflasi di Indonesia setiap tahun pun berbeda. Dilansir dari Bisnis.com, tingkat inflasi 2021 diperkirakan oleh BI akan mencapai 3,2%.  Artinya jika hari ini kamu memiliki Rp10 juta, lalu uang tersebut hanya kamu simpan, maka di tahun depan nilainya akan berkurang sekitar 320 ribu menjadi Rp9,7 juta.

Karena itu menurut Robert Farrington, seorang ahli keuangan milenial dan pendiri The College Investor, instrumen investasi yang tepat dengan nilai pengembalian lebih besar dari tingkat inflasi (sebut saja 5%) sudah bisa membuat nilai uangmu terlindung dari inflasi.

Kesempatan Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Saat ini, kebutuhan sehari-hari rasanya tidak ada habisnya, terus bertambah dan nilainya semakin tinggi. Kalau hanya mengandalkan dari penghasilan utama, bisa saja kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di sinilah pentingnya melakukan investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Dengan investasi yang tepat, kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif. Seolah-olah tanpa kerja, namun bisa mendapatkan penghasilan.

Baca juga: 10 Investasi dengan Modal Kecil, Bisa Mulai dari Rp10.000!

Membantu Membangun Kesejahteraan

Farrington juga mengungkapkan bahwa berinvestasi akan membantumu membangun kesejahteraan ekonomi. Sebenarnya ini sudah jelas, tapi banyak orang yang masih belum menyadarinya.

Bayangkan jika kamu memiliki uang Rp100 juta dan menanamkan uang tersebut pada instrumen investasi dengan tingkat pengembalian sebesar 7% per tahun, kamu sudah bisa mendapatkan 7 juta per tahun tanpa perlu melakukan apa-apa.

Persiapan Masa Pensiun

manfaat investasi untuk masa pensiun

Sudah pernah menghitung berapa biaya hidup yang kamu perlukan saat pensiun dan sudah tidak aktif bekerja lagi nanti?

Jika kamu berpikir, “Ah, pensiun masih lama”, waktu bisa berjalan sangat cepat dan tiba-tiba masa pensiun sudah di depan mata.

Farrington juga mengungkapkan bahwa investasi, terutama yang jangka jangka panjang (contohnya, properti) bisa sangat membantu di saat pensiun nanti. Manfaat investasi properti adalah kamu bisa menyewakannya kepada orang lain dan memperoleh pendapatan pasif tiap periode tertentu atau menjualnya dengan harga yang lebih tinggi ketika kamu membutuhkannya nanti.

Mempermudah Tercapainya Tujuan Finansial

Setiap orang pasti memiliki tujuan finansialnya sendiri-sendiri. Misalnya saja untuk mempersiapkan biaya pernikahan, menyekolahkan anak hingga ke jenjang pendidikan yang tinggi, dan lain sebagainya.

Dengan nilai pengembalian yang kamu peroleh dari investasi, kamu bisa menggunakannya untuk mencapai berbagai tujuan finansial dalam hidup kamu.

Baca juga: 4 Tipe-Tipe Investor, Kamu yang Mana?

Membuat Uang Bekerja Untukmu

Pernah merasa kalau uang kamu itu hanya “lewat saja” dan berakhir habis untuk membayar berbagai tagihan? Dengan investasi, uang kamu justru bisa menghasilkan lebih banyak uang untukmu. Dibandingkan hanya disimpan saja di rekening, investasi akan lebih menguntungkan.

Investasi dengan risiko tinggi bisa memberikan keuntungan yang lebih tinggi. Sebaliknya, investasi dengan risiko rendah biasanya memberikan return yang lebih rendah pula.

Tidak Perlu Repot Bekerja Tambahan

manfaat investasi untuk mahasiswa

Kalau orang mencari pekerjaan tambahan yang menguras waktu dan tenaga untuk mendapat penghasilan, kamu bisa mendapat penghasilan secara lebih mudah dari investasi. Meski ini juga sangat tergantung dengan jenis investasi yang kamu pilih. Misalnya antara investasi obligasi dan saham, tentu manfaat investasi obligasi berbeda dengan saham dilihat dari tingkat keuntungan dan risikonya.

Nah, itu dia manfaat investasi yang bisa kamu peroleh. Menarik sekali, bukan? Buat kamu yang tidak punya modal besar, tidak perlu khawatir, sekarang cara berinvestasi sangatlah beragam dan jenisnya sangat banyak.

Di Pintu berbagai jenis aset crypto bahkan bisa diinvestasikan mulai dari Rp11.000 saja. Crypto sendiri telah menarik minat banyak investor dan selebriti ternama dunia seperti Elon Musk, Jack Dorsey, Mark Cuban dan banyak lagi.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi bitcoin dan aset crypto lainnya, download Pintu sekarang! Pintu sendiri adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti.

Referensi:

Amy Freeman. The Benefits of Investing Your Money. Diakses tanggal: 27-09-2021

BT, How You Benefit From Investing. Diakses tanggal: 27-09-2021

Paytm Money. Benefits of Investing in Stock Market. Diakses tanggal: 27-09-2021

Robert Farrington. 5 Benefits of Investing. Diakses tanggal: 27-09-2021

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+