Kebijakan Privasi

Terakhir diperbaharui : 9 Januari 2025

Perlindungan dan kerahasiaan informasi pribadi Anda sangat penting bagi Kami. Oleh karena itu, PT Pintu Kemana Saja dengan situs web pintu.co.id dan aplikasi mobile PINTU (selanjutnya disebut “PINTU”, “kami”) menetapkan kebijakan privasi sebagai berikut:

 

Komitmen Kami

Kami mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi Anda sesuai dengan ketentuan yang relevan dari undang-undang perlindungan data pribadi, termasuk Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (“UU PDP”) dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 27 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Perdagangan Aset Keuangan Digital Termasuk Aset Kripto (“POJK AKD AK”). Kebijakan privasi ini dibuat berdasarkan UU PDP dan POJK AKD AK, dan menjelaskan mengenai pengumpulan, penggunaan, penyimpanan dan perlindungan informasi pribadi Anda. Hal ini berlaku untuk aplikasi, semua situs web, situs, dan layanan terkait dari PINTU terlepas dari bagaimana Anda mengakses atau menggunakannya.

 

Lingkup dan Persetujuan

Dengan mendaftar, mengakses, atau menggunakan produk, layanan, konten, fitur, teknologi atau fungsi kami yang ditawarkan pada aplikasi, semua situs web, situs, dan layanan terkait (secara kolektif disebut “Layanan PINTU”), Anda menyatakan bahwa Anda mengerti dan menyetujui ketentuan kebijakan privasi ini, termasuk memberikan persetujuan kepada kami untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memproses informasi pribadi Anda sesuai dengan ketentuan kebijakan privasi ini. Kami dapat mengunggah perubahan kebijakan pada halaman ini secara berkala, versi revisi akan berlaku pada tanggal efektif publikasi. Anda bertanggung jawab untuk meninjau kebijakan privasi ini sesering mungkin. Untuk menghindari keragu-raguan, Anda tidak dapat mendaftar, mengakses, dan menggunakan Layanan PINTU apabila Anda belum berusia 17 (tujuh belas) tahun.

Untuk tujuan kebijakan privasi ini, kami menggunakan istilah “informasi pribadi” untuk menggambarkan informasi yang dapat dikaitkan dengan individu tertentu dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu tersebut. Kebijakan privasi ini tidak berlaku untuk informasi yang dibuat anonim sehingga tidak dapat mengidentifikasi pengguna tertentu.

 

Pengumpulan Informasi Pribadi

Kami mengumpulkan informasi untuk memberikan layanan terbaik kepada semua pengguna kami. Informasi yang kami kumpulkan dan proses, meliputi sebagai berikut:

Informasi Pribadi yang kami kumpulkan

Alasan pengumpulan informasi pribadi

  • Alamat email;
  • Nomor handphone;
  • Nama;
  • Alamat;
  • Tempat tanggal lahir
  • Nomor Identitas Kependudukan
  • Nomor Paspor
  • Kewarganegaraan
  • Foto KTP/Passport;
  • Swafoto atau video yang menunjukkan muka Anda secara jelas;
  • Pendapatan per tahun;
  • Tujuan transaksi
  • Kami mengumpulkan dan memproses informasi pribadi Anda untuk memenuhi kewajiban Know Your Customer (KYC) kami sesuai dengan undang-undang, peraturan, dan regulasi yang berlaku, termasuk undang-undang dan peraturan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (“APU-PPT”);
  • Layanan transaksi. Kami menggunakan informasi pribadi untuk memproses transaksi Anda dan berkomunikasi dengan Anda;
  • Berkomunikasi dengan Anda. Kami menggunakan informasi pribadi Anda untuk berkomunikasi dengan Anda terkait Layanan PINTU.
  • Alamat IP computer;
  • ID perangkat atau pengidentifikasi;
  • Jenis perangkat;
  • Lokasi;
  • Kamera
  • Servis SMS;
  • Informasi jaringan seluler;
  • Lalu lintas ke dan dari situs;
  • URL rujukan;
  • Data iklan; dan
  • Data log web

Ketika Anda menggunakan Layanan PINTU, kami mengumpulkan informasi yang dikirimkan kepada kami oleh komputer, ponsel, atau perangkat akses Anda. Kami menggunakan informasi pribadi Anda untuk menyediakan fungsi, menganalisis kinerja, memperbaiki kesalahan, serta meningkatkan kegunaan dan efektivitas Layanan PINTU.

  • Sejarah transaksi Anda;
  • Waktu dan tanggal transaksi;
  • Jenis transaksi;
  • Tujuan transaksi;
  • Jumlah transaksi;
  • Mata uang yang digunakan

Untuk tujuan pencegahan penipuan, kami dapat mengumpulkan informasi tentang transaksi Anda, aktivitas Anda, dan interaksi Anda dengan Layanan PINTU. Kami juga dapat mengevaluasi komputer, ponsel, atau perangkat akses lainnya untuk mengidentifikasi perangkat lunak atau aktivitas berbahaya. 

  • Informasi dari sumber lain. Kami juga dapat memperoleh informasi tentang Anda dari pihak ketiga seperti layanan verifikasi identitas dan/ atau Anda dapat memilih untuk memberi kami akses ke informasi pribadi tertentu yang disimpan oleh pihak ketiga, seperti situs media sosial (Google dan Facebook).
  • Informasi tambahan lainnya, dimana kami juga dapat mengumpulkan informasi dari Anda melalui kontak Anda dengan kami, termasuk layanan pelanggan kami dan/ atau tanggapan dari survey.

Kami memproses informasi pribadi untuk meningkatkan layanan kami agar Anda dapat merasakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Kami juga menggunakan informasi pribadi Anda untuk merekomendasikan fitur dan layanan yang mungkin menarik bagi Anda, mengidentifikasi preferensi Anda, serta mempersonalisasi pengalaman Anda dengan Layanan PINTU. Lebih lanjut, dalam hal kami menerima informasi pribadi dari sumber lain, informasi yang kami terima bervariasi berdasarkan situs yang dikendalikan oleh pengaturan privasi Anda serta otorisasi Anda di situs tersebut. Mengaitkan akun yang dikelola oleh pihak ketiga dengan akun PINTU maka Anda mengizinkan kami untuk memiliki akses ke informasi tersebut, Anda setuju bahwa kami dapat mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan informasi tersebut sesuai dengan Kebijakan privasi.

 

Kami akan mengumpulkan dan menyimpan informasi pribadi Anda selama diperlukan untuk memungkinkan Anda terus menggunakan Layanan PINTU, untuk memenuhi tujuan-tujuan sebagaimana disebutkan dalam kebijakan privasi ini, sebagaimana diwajibkan oleh hukum, termasuk namun tidak terbatas seperti untuk keperluan pajak dan akuntansi, kepatuhan terhadap undang-undang APU-PPT, atau sebagaimana dikomunikasikan kepada Anda.

 

Cookies dan Teknologi

Ketika Anda mengakses atau menggunakan Layanan PINTU, kami dapat menempatkan file data kecil di komputer Anda atau perangkat lain. File data ini dapat berupa cookies, pixel tags, “Flash cookies”, atau penyimpanan lokal lainnya yang disediakan oleh browser Anda atau aplikasi terkait (secara kolektif disebut “Cookies“). Adapun penggunaan teknologi Cookies ini adalah mengakui Anda sebagai pelanggan PINTU, menyesuaikan Layanan PINTU, konten, dan iklan PINTU, mengukur efektivitas promosi, membantu memastikan bahwa keamanan akun Anda tidak terganggu, dan mengurangi risiko serta mencegah penipuan.

Anda dapat menolak Cookies kami jika browser Anda mengizinkan, kecuali Cookies kami diperlukan untuk mencegah penipuan dan/ atau memastikan keamanan layanan yang kami kontrol. Namun, menolak Cookies Kami dapat mengganggu penggunaan Anda atas Layanan PINTU.

 

Penggunaan Pengumpulan Informasi Pribadi

Tujuan utama kami dalam mengumpulkan informasi pribadi Anda, yaitu untuk memberikan Anda pengalaman transaksi yang aman, lancar dan efisien.
Dengan menggunakan Layanan PINTU, Anda setuju bahwa kami dapat menggunakan informasi pribadi Anda untuk hal-hal berikut ini:

  1. Menyediakan Layanan dan dukungan pelanggan PINTU;
  2. Memproses transaksi dan mengirim pemberitahuan mengenai transaksi atau aktivitas jaringan Anda;
  3. Memverifikasi identitas Anda, termasuk dan tidak terbatas pada saat pembuatan akun dan proses reset kata sandi;
  4. Menyelesaikan perselisihan dan mengatasi masalah;
  5. Mendeteksi, mencegah penipuan atau kegiatan lain yang berpotensi untuk dilarang atau ilegal, pelanggaran kebijakan privasi dan/atau Perjanjian Penggunaan Layanan PINTU;
  6. Penyesuaian pengalaman pengguna untuk mengukur kinerja Layanan PINTU dan memperbaiki konten dan tata letaknya;
  7. Memberikan pemberitahuan pemasaran, iklan, dan pembaruan layanan yang ditargetkan dan memberikan penawaran promosi berdasarkan preferensi komunikasi dengan Anda; dan
  8. Pengungkapan informasi untuk perihal yang diharuskan oleh hukum.

Kami akan meminta persetujuan Anda sebelum menggunakan informasi untuk tujuan selain dari yang ditetapkan dalam Kebijakan privasi ini. Kami dapat meminta izin Anda jika memungkinkan untuk kami berbagi informasi pribadi Anda dengan pihak ketiga.

 

Tata Cara Melindungi dan Menyimpan Informasi Pribadi

Kami menyimpan dan memproses informasi pribadi Anda di perangkat penyimpanan yang dikelola oleh PINTU. Kami menggunakan langkah-langkah keamanan fisik, teknis dan administratif untuk melindungi informasi pribadi Anda dari akses ataupun perubahan, pengungkapan dan/atau perusakan oleh pengguna yang tidak sah. Beberapa perlindungan yang kami gunakan adalah firewall dan enkripsi data, kontrol akses fisik ke pusat data, dan kontrol otorisasi akses informasi.

Kami melakukan upaya yang wajar untuk memastikan keamanan pada sistem kami. Terlepas dari upaya kami, kami tidak dapat menjamin bahwa informasi pribadi tidak dapat diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pelanggaran perlindungan administratif, manajerial dan teknis kami. Oleh karena itu, kami meminta Anda untuk mengambil tindakan pencegahan yang memadai untuk melindungi informasi pribadi Anda, termasuk tidak membagikan kata sandi PINTU Anda kepada siapapun.

 

Penyingkapan Informasi Pribadi

Informasi pribadi Anda tidak akan kami gunakan untuk tujuan apapun kecuali sebagaimana ditentukan pada kebijakan privasi ini dan Perjanjian Penggunaan Layanan PINTU, termasuk untuk kebutuhan sebagai berikut:

  1. Karyawan PINTU untuk menyediakan konten, produk, dan layanan bersama (seperti pendaftaran, transaksi, dan dukungan pelanggan), untuk membantu mendeteksi dan mencegah kemungkinan tindakan ilegal dan pelanggaran kebijakan privasi kami dan untuk menuntun keputusan tentang produk, layanan dan komunikasi;
  2. Mitra lembaga keuangan untuk bersama-sama menciptakan dan menawarkan layanan PINTU;
  3. Perusahaan yang kami rencanakan untuk bergabung untuk mengakuisisi atau diakuisisi;
  4. Penegakan hukum, regulator, pejabat pemerintah, atau pihak ketiga lainnya sehubungan dengan panggilan pengadilan, perintah pengadilan, atau proses atau persyaratan hukum lainnya berdasarkan hukum atau peraturan PINTU, atau hukum dan peraturan yurisdiksi lain yang berlaku untuk PINTU atau salah satu afiliasinya; ketika kita perlu melakukannya untuk mematuhi hukum tersebut, atau ketika kita percaya, atas kebijakan kami sendiri, bahwa pengungkapan informasi pribadi diperlukan untuk mencegah kerugian fisik atau kerugian finansial; untuk melaporkan dugaan aktivitas ilegal atau menginvestigasi pelanggaran Perjanjian Penggunaan Layanan PINTU;
  5. Layanan verifikasi identitas pihak ketiga untuk mencegah penipuan;
  6. Penyedia layanan di bawah kontrak dengan kami untuk mendukung operasi bisnis kami, seperti pencegahan penipuan, pengumpulan tagihan, pemasaran, layanan pelanggan dan layanan teknologi. Kontrak kami menentukan bahwa penyedia layanan ini hanya menggunakan informasi Anda sehubungan dengan layanan yang mereka lakukan untuk kami dan bukan untuk keuntungan mereka sendiri; atau
  7. Pihak ketiga lainnya dengan persetujuan atau arahan Anda untuk melakukannya.

 

Pemasaran

Kami tidak menjual atau menyewakan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga untuk tujuan pemasaran mereka tanpa persetujuan eksplisit dari Anda.

 

Hak Anda, Akses dan Perubahan Informasi Pribadi

Anda dapat meninjau, megakses dan mengubah informasi pribadi Anda kapan saja dengan masuk ke akun Layanan Pintu Anda dan meninjau pengaturan dan profil akun Anda. Anda juga berhak dan menutup akun Anda melalui aplikasi PINTU. Dalam hal Anda menutup akun Layanan Pintu Anda, kami dapat menyimpan informasi pribadi dari akun Anda untuk jangka waktu tertentu guna menyelesaikan perselisihan, memecahkan masalah, investigasi, mencegah penipuan, menegakkan Perjanjian Penggunaan Layanan PINTU, atau mengambil tindakan lain sebagaimana disyaratkan atau diizinkan oleh hukum. Lebih lanjut, kami berhak untuk menolak perubahan informasi pribadi Anda apabila perubahan informasi pribadi tersebut melanggar ketentuan, perjanjian dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, tidak sesuai dengan data data Anda yang sudah tersimpan oleh kami, atau dapat membahayakan keselamatan pihak lain.

Selain ketentuan di atas, Anda juga berhak meminta PINTU untuk menghapus informasi pribadi Anda yang kami simpan dan/atau yang terdapat pada Layanan PINTU, dimana Kami akan melakukan konfirmasi kembali sebelum kami menghapus informasi pribadi Anda pada sistem PINTU. Setelah Anda mengkonfirmasi penghapusan informasi pribadi Anda, PINTU akan menghapus informasi pribadi Anda, dan Anda tidak dapat mendaftar kembali, mengakses, dan menggunakan Layanan PINTU secara permanen.

 

Kebijakan Keamanan Informasi

PT Pintu Kemana Saja berkomitmen untuk mengimplementasikan Information Security Management System (ISMS) berstandar internasional dengan tujuan memberikan perlindungan terhadap informasi agar terjamin kerahasiaannya. Dalam penerapannya, kami berkomitmen untuk mewujudkan Confidentiality, Integrity, dan Availability informasi melalui implementasi ISO/IEC 27001:2013, menaati segala ketentuan dan peraturan terkait keamanan informasi yang berlaku di wilayah Republik Indonesia dan melaksanakan peningkatan yang berkesinambungan terhadap penerapan ISO/IEC 27001:2013.

 

 – Kebijakan Sistem Manajemen Keamanan Informasi dan Layanan Cloud Pintu

 

Hubungi Kami

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau masalah mengenai kebijakan privasi ini, Anda dapat menghubungi kami di [email protected]

 

 

© 2021 PT Pintu Kemana Saja