Pasar Crypto Berdarah: Likuidasi Capai $800 Juta Saat Nikkei Jepang Turun 7%

Updated
August 5, 2024
Gambar Pasar Crypto Berdarah: Likuidasi Capai $800 Juta Saat Nikkei Jepang Turun 7%

Jakarta, Pintu News – Mengutip laporan Coingape (5/8/24), saat ini pasar crypto mengalami penurunan tajam dengan penurunan sebesar 12,87%, menghapus lebih dari $300 miliar dari pasar dalam beberapa jam terakhir.

Penjualan besar-besaran di pasar crypto meningkat selama jam perdagangan Asia ketika Nikkei Jepang kembali turun 7% pada Senin pagi, 5 Agustus 2024. Penurunan terbaru Nikkei ini memperpanjang kerugian indeks menjadi lebih dari 20% dari puncak bulan Juli 2024.

Likuidasi Pasar Crypto Mencapai $800 Juta

Menurut data dari Coinglass, lebih dari $800 juta telah dilikuidasi dari pasar crypto dalam 24 jam terakhir, dengan sebagian besar likuidasi terjadi dalam 4 jam terakhir.

Baca juga: Harga Bitcoin Berpotensi Anjlok ke $50.000 di Tengah Spekulasi Pemotongan Suku Bunga Fed?

Dari jumlah tersebut, $700 juta adalah likuidasi panjang sementara $106 juta adalah likuidasi pendek.

Sumber: CoinMarketCap

Saat penulisan, harga Bitcoin mengalami penurunan lebih dari 12%, jatuh mencapai $52,822. Di sisi lain, koreksi di ruang altcoin bahkan lebih dalam dengan harga Ethereum turun 20% dan sisa altcoin teratas mengalami koreksi antara 15-20%.

Dengan investor beralih ke aversi risiko di pasar global, Bitcoin mengalami penjualan terburuk sejak keruntuhan FTX pada tahun 2022.

Pada Jumat lalu, 2 Agustus, dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF) mencatatkan arus keluar terbesar dalam tiga bulan terakhir. Sekarang, dengan harga Bitcoin jatuh di bawah rata-rata pergerakan 200 harinya, bear memiliki kendali untuk saat ini.

Resesi AS akan Segera Datang?

Ekspektasi resesi AS meningkat secara signifikan dengan probabilitas pendaratan keras meningkat. Di tengah skenario pasar yang sedang berlangsung, ekonom terkenal Peter Schiff menulis:

“Bank sentral telah bermain api selama bertahun-tahun. Sekarang dunia akan terbakar. Mereka mempertahankan suku bunga secara artifisial rendah, menciptakan gelembung utang global. Namun ketika inflasi muncul, suku bunga yang naik menembus gelembung itu. Sekarang saatnya untuk membayar. Permainan telah berakhir.”

Baca juga: Dompet Bitcoin Tahun 2017 Kembali Aktif pada Agustus: $28,2 Juta Bitcoin Bergerak!

Di tengah kejatuhan pasar teknologi saat ini dan kondisi makro global yang tidak pasti, indeks saham berjangka AS juga anjlok secara signifikan selama koreksi pada hari Senin.

Selain itu, ketegangan geopolitik yang meningkat antara Iran dan Israel menambah bahan bakar pada pasar yang sudah lemah. Pasar cryptocurrency pasti akan merasakan dampak dari taruhan aversi risiko ke depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->