Bitcoin (BTC) Melonjak ke $56.000 di Tengah Kekhawatiran Pasar Global!

Updated
August 7, 2024
Gambar Bitcoin (BTC) Melonjak ke $56.000 di Tengah Kekhawatiran Pasar Global!

Jakarta, Pintu News – Bitcoin berhasil pulih dari penurunan tajam pada hari Minggu yang mengejutkan para pedagang dan pelaku pasar, di mana aset ini jatuh ke titik terendahnya dalam hampir enam bulan.

Mata uang kripto terbesar di dunia ini mengalami penurunan 20% dari Sabtu hingga Senin, memperpanjang penurunan 6% pada hari Jumat yang membuat Bitcoin turun hingga $49.200. Namun, Bitcoin kini telah naik kembali ke $55.600, menurut data CoinGecko. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin dan Ketidakpastian Pasar

harga bitcoin hari ini
Sumber: Market Pintu

Sementara pasar yang lebih luas tenggelam di tengah ketakutan akan resesi yang akan datang di AS, beberapa analis memprediksi harga Bitcoin akan tetap stabil meskipun menghadapi rintangan sepanjang sisa tahun ini.

Serangkaian hasil ekonomi yang buruk yang diterbitkan pada hari Jumat membuat pengamat percaya bahwa ekonomi Amerika Serikat sedang menuju resesi. Namun, meskipun berita tersebut awalnya bertepatan dengan penurunan harga aset crypto, para analis mengatakan bahwa dolar AS yang lebih lemah pada akhirnya bisa menguntungkan Bitcoin dalam jangka panjang.

Pasar saham jatuh pada hari Jumat setelah laporan buruk tersebut, dengan Bitcoin dan mata uang crypto utama lainnya mengikuti. Harga Bitcoin sempat melonjak ke $65.400 sebelum kemudian turun.

Baca Juga: Hamster Kombat (HMSTR) Bakal Listing di Binance?

Dampak Kenaikan Suku Bunga Jepang

Bitcoin menghadapi angin sakal baru minggu ini, termasuk ketidakpastian seputar presiden AS berikutnya, ketegangan di Timur Tengah, dan kenaikan suku bunga Jepang—yang pertama dalam 17 tahun.

Kenaikan ini mengirimkan gelombang kejut ke pasar global pada hari Senin setelah pedagang mulai memahami keputusan Bank of Japan untuk menaikkan suku bunga acuannya menjadi 0,25%, naik dari kisaran sebelumnya 0% hingga 0,1% pada akhir bulan lalu.

Ini adalah level tertinggi sejak 2008, dengan negara tersebut mengambil langkah pertama menjauh dari kebijakan suku bunga hampir nol selama satu dekade.

Keputusan bank tersebut memiliki dampak besar pada apa yang disebut perdagangan carry antara yen Jepang dan mata uang lainnya. Perdagangan populer ini melibatkan meminjam yen dengan suku bunga rendah secara historis untuk diinvestasikan dalam aset dengan hasil lebih tinggi di tempat lain. Sekarang, saat suku bunga cenderung lebih tinggi, beberapa orang memprediksi ketidakstabilan lebih lanjut sebelum perilaku pasar kembali normal.

Baca Juga: Market Crypto Bergairah, Ini 5 Altcoin Potensial di H2 2024!

Dampak pada Pasar Crypto

Penurunan tajam ini telah meluas ke pasar crypto, memperburuk pembeli yang ragu-ragu menghadapi dinamika pasar yang berubah. Mata uang crypto, yang dipandang sebagai aset berisiko tinggi, sangat rentan terhadap pergerakan pasar yang lebih luas meskipun ada yang menyebut kelas aset ini sebagai lindung nilai terhadap pergerakan tersebut.

Menambah tekanan tersebut, ukuran perdagangan carry yen diperkirakan melebihi $20 triliun, menunjukkan bahwa proses pembubaran ini baru saja dimulai. Meskipun mengalami penurunan saat ini, ada harapan akan minat beli yang kuat jika harga jatuh di bawah level kunci, termasuk harga $50.000 Bitcoin yang terlihat pada hari Senin.

Pasar mungkin “memperhatikan” peluang mantan Presiden Donald Trump yang kuat sebagai pembeli Bitcoin sebagai bagian dari proposal cadangan strategis yang beredar.

Jika ini terjadi, kita mungkin akan melihat narasi lindung nilai mulai mengakar, dan bersama dengan itu, emas dan Bitcoin,” kata Jonathan de Wet, kepala investasi di firma perdagangan aset digital Zerocap.

Kesimpulan

Meskipun menghadapi tantangan besar, Bitcoin dan mata uang crypto lainnya tetap menjadi fokus bagi investor yang mencari aset alternatif di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Kenaikan suku bunga Jepang dan ketegangan politik di seluruh dunia hanya menambah kompleksitas pasar, tetapi potensi keuntungan Bitcoin masih ada di tengah penurunan dolar AS dan minat beli yang kuat pada level harga kunci.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->