Platform Gaming Solana, Sonic SVM, Mencapai 1 Juta Pengguna Aktif Bulanan!

Updated
August 9, 2024
Gambar Platform Gaming Solana, Sonic SVM, Mencapai 1 Juta Pengguna Aktif Bulanan!

Jakarta, Pintu News – Sonic, mesin virtual gaming (SVM) pertama yang berfokus pada Solana, telah mencapai tonggak penting dengan lebih dari 1 juta pengguna aktif bulanan di testnet-nya.

Hal ini menunjukkan adopsi yang meningkat dari game berbasis Web3 di kalangan pengguna.

Sonic Capai Lebih dari 1 Juta Pengguna

Sonic, Solana Virtual Machine (SVM) layer 2 pertama yang berfokus pada game, menghasilkan lebih dari 600 juta transaksi dari lebih dari satu juta pengguna selama testnet-nya.

Baca juga: Sonic, L2 Game di Solana, Meroket! Catat 100 Ribu Dompet dan 17 Juta Transaksi dalam Seminggu

Lonjakan pengguna sebagian besar disebabkan oleh kampanye testnet Odyssey, yang menawarkan hadiah kepada pengguna untuk bermain dan bertransaksi di testnet, menurut Chris Zhu, CEO Sonic SVM.

Zhu mengatakan kepada laman Cointelegraph:

“Pengguna diberi hadiah ‘cincin’ untuk bertransaksi di testnet dan menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Tugas-tugas tersebut juga mencakup hal-hal seperti menyelesaikan aksi dalam game ekosistem kami.”

Testnet ini menawarkan delapan game kepada pengguna untuk dimainkan, termasuk Rage Effect yang lebih populer, LowLifeForms, dan JogoJogo, dengan game berbasis prediksi yang terakhir menerima lebih dari 250.000 pendaftaran.

Sonic merupakan bagian dari paradigma baru yang disebut play-to-earn atau game Web3 yang bertujuan untuk memberi penghargaan kepada pengguna atas waktu mereka dan menciptakan ekonomi yang dimiliki pemain dengan nilai dunia nyata.

Namun, game Web3 kesulitan untuk menarik pengguna umum karena kurangnya game berkualitas.

Pembuat Game Web3 membutuhkan lebih banyak infrastruktur “Lunak”

Melihat pengembangan game Web3, kurangnya infrastruktur “lunak” saat ini menjadi tantangan terbesar bagi para pembuatnya.

Infrastruktur “lunak” yang penting termasuk dukungan strategi go-to-market, layanan bootstrapping proyek, dan taktik pemasaran pasca-peluncuran, menurut Zhu dari Sonic:

“Kami menyadari bahwa apa yang membuat sebuah game sukses tidak hanya ditentukan oleh teknisnya – infrastruktur ‘lunak’ yang kami sediakan dirancang untuk meningkatkan dan meningkatkan kesadaran tidak hanya untuk game kami, tetapi juga game Web3 di Solana secara keseluruhan.”

Sumber: Sonic SVM

Sonic SVM menutup putaran pendanaan Seri A senilai $12 juta yang dipimpin oleh Bitkraft Ventures pada akhir Juni lalu, sehingga total modal yang terkumpul menjadi $16 juta.

Adopsi Game Web3: Pendidikan adalah Masalah Terbesar Bagi Para Gamer Arus Utama

Game Web3 saat ini sering dikritik karena mengabaikan pengembangan gameplay berkualitas demi insentif finansial yang cepat.

Baca juga: Franklin Templeton Luncurkan Dana Tokenisasi di Arbitrum untuk Memperluas Akses Keuangan

Namun, Zhu dari Sonic percaya bahwa edukasi merupakan tantangan yang lebih besar untuk adopsi game Web3 mainstream. Ia mengatakan:

“Masalah terbesar untuk adopsi mainstream adalah perbedaan inheren dalam ekonomi yang diciptakan dalam game Web2 vs game Web3. Masih banyak edukasi yang perlu dilakukan terkait game Web3, serta membangun platform yang menarik dan menarik yang akan dinikmati oleh para gamer.”

Solana sedang membentuk diri sebagai blockchain teratas untuk komunitas game Web3, tambah Zhu.

Jaringan blockchain populer lainnya untuk bermain game termasuk Ronin Network, yang merupakan blockchain Axie Infinity, Immutable X, MultiverX, Oasys, dan Polygon.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->