Pasar Crypto Berdarah Hari Ini (12/8/24): Bitcoin, ETH, dan XRP Berisiko Likuidasi Besar-Besaran!

Updated
August 12, 2024
Gambar Pasar Crypto Berdarah Hari Ini (12/8/24): Bitcoin, ETH, dan XRP Berisiko Likuidasi Besar-Besaran!

Jakarta, Pintu News – Pasar crypto mengalami penurunan yang signifikan, dipicu oleh berbagai faktor makroekonomi dan ketidakpastian global.

Mengutip laporan Coingape (12/8/24), dalam 24 jam terakhir, kapitalisasi pasar global crypto turun lebih dari $100 miliar, dengan harga Bitcoin dan Ethereum masing-masing turun lebih dari 4%.

Altcoin lainnya seperti BNB, SOL, XRP, TON, dan ADA juga mengalami penurunan tajam. Kira-kira, apa yang terjadi di pasar crypto hari ini?

Spekulasi Kenaikan Suku Bunga Bank of Japan

Salah satu faktor yang mempengaruhi pasar adalah spekulasi mengenai kenaikan suku bunga Bank of Japan (BOJ) tahun depan.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin: Pasar Reset Selesai, Relief Bullish Memudar, Target BTC Selanjutnya ke $70K?

Meskipun BOJ telah menyatakan bahwa mereka tidak akan menaikkan suku bunga tahun ini setelah gejolak pasar baru-baru ini, kekhawatiran tentang perdagangan carry Yen terus menghantui pasar.

Para ahli dan pedagang memperkirakan gelombang kedua penjualan pasar crypto karena orang-orang telah beralih ke perdagangan cash and carry setelah peluncuran ETF Bitcoin.

Mantan anggota dewan BOJ, Makoto Sakurai, baru-baru ini mengatakan bahwa BOJ tidak akan mampu menaikkan suku bunga lagi, setidaknya untuk sisa tahun ini. Namun, masih belum jelas apakah BOJ akan melakukan satu kenaikan suku bunga lagi pada Maret mendatang.

Ketegangan Geopolitik, Kekhawatiran Resesi AS, dan Lainnya

Konflik Rusia-Ukraina Percepat Adopsi Crypto (24 Februari 2022)
Euronews

Penjualan di pasar crypto berlanjut di tengah perang Rusia-Ukraina, dengan ketegangan baru-baru ini terkait kebakaran di pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, Zaporizhzhia, yang diduduki Rusia.

Rusia dan Ukraina saling menuduh satu sama lain sebagai penyebab kebakaran tersebut.

Selain itu, laporan mengklaim bahwa Israel mengharapkan serangan besar dari Iran dalam beberapa hari mendatang, yang dapat memperburuk ketidakstabilan global.

Di Amerika Serikat, kekhawatiran akan resesi terus berlanjut meskipun beberapa ekonom percaya bahwa ekonomi AS masih tahan banting.

Data Inflasi AS dan Potensi Penurunan Lebih Lanjut

Selain itu, minggu ini terdapat beberapa data makroekonomi penting di Amerika Serikat yang akan dirilis, termasuk Indeks Harga Produsen (PPI) pada hari Selasa, data inflasi CPI pada hari Rabu, Klaim Pengangguran Awal, dan Penjualan Ritel AS pada hari Kamis.

Baca juga: COTI V2 Siap Diluncurkan: Integrasi Garbled Circuits dan Terobosan Privasi!

Federal Reserve AS akan mempertimbangkan data-data ini sebelum memutuskan rencana kebijakan moneternya. Data inflasi yang lebih rendah dapat menghentikan aksi jual di pasar kripto.

Menurut CME FedWatch Tool, ada peluang 53,5% untuk pemotongan suku bunga sebesar 25 bps dan peluang 46,5% untuk pemotongan suku bunga sebesar 50 bps oleh Federal Reserve pada pertemuan mereka di bulan September.

Survei terbaru Bloomberg terhadap para ekonom menunjukkan bahwa hampir empat perlima responden memperkirakan Federal Reserve hanya akan memotong suku bunga sebesar 25 bps pada bulan September.

Selain itu, perkiraan rata-rata menunjukkan bahwa kemungkinan adanya pemotongan suku bunga darurat sebelum pertemuan September hanya sebesar 10%.

CoinGlass melaporkan bahwa Peta Panas Likuiditas BTC / OrderBook menunjukkan kelemahan. Prediksi mereka menunjukkan bahwa harga BTC dapat turun lebih lanjut hingga $56.800.

Sumber: Coinglass

Namun, jika lonjakan harga kuat, BTC akan menguji level yang lebih tinggi. Sebaliknya, harga dapat turun ke level yang lebih rendah jika lonjakan tersebut lemah. Perlu dicatat, death cross Bitcoin dapat memicu aksi jual lebih lanjut di pasar kripto.

Selain itu, terdapat risiko likuidasi $2 miliar dalam posisi long BTC di bawah $58.600, menurut data peta likuidasi bursa BTC. Dalam 24 jam terakhir, 61 ribu trader dilikuidasi karena total likuidasi melebihi $166 juta untuk mata uang kripto utama.

Order likuidasi tunggal terbesar terjadi di bursa kripto OKX untuk perdagangan ETH-USD-SWAP senilai $2,17 juta.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->