Bitcoin Mencapai Titik Bullish Agustus 2024: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Updated
August 14, 2024
Gambar Bitcoin Mencapai Titik Bullish Agustus 2024: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Jakarta, Pintu News – Bitcoin sedang menunjukkan tanda-tanda bullish yang kuat meskipun sentimen pasar yang sangat buruk. Meskipun pasar kripto mengalami guncangan yang signifikan, ada indikasi bahwa ini bisa menjadi saat yang tepat bagi Bitcoin untuk akhirnya melesat ke atas. Apakah investor masih bertahan dalam perdagangan ini?

Sentimen Pasar yang Masih Didominasi Ketakutan

Sentimen terhadap Bitcoin masih berada dalam wilayah ketakutan. Di media kripto dan media sosial, berita seperti “whale kripto besar sedang menjual” masih marak beredar. Indeks Ketakutan dan Keserakahan menunjukkan angka 31, yang meskipun lebih baik daripada Ekstrem Ketakutan yang tercatat pekan lalu di angka 17, masih membuat banyak investor kripto merasa was-was dan gelisah.

Distribusi Mt. Gox sedang berlangsung, dan pasar saham tradisional masih terpengaruh oleh kekacauan di Jepang. Jika paus-paus besar juga sedang menjual, apakah ini saat yang tepat untuk keluar dari pasar?

Baca Juga: 5 Top RWA Potensi Untung 100% di Tengah Volatilitas Pasar dalam 2 Bulan Ke Depan!

Zoom Out untuk Mengatasi Keraguan

Jika investor sering merasa cemas saat melihat grafik Bitcoin yang turun $500, investor mungkin perlu mundur sejenak dan melihat Bitcoin dari perspektif yang lebih luas. Salah satu pepatah di kalangan trader berpengalaman adalah: “Jika ragu, perbesar tampilan.” Jadi, alih-alih terus memantau penurunan pada grafik 1 jam, cobalah memperluas pandangan ke tampilan makro.

Pada grafik mingguan, terlihat bahwa harga Bitcoin masih berada dalam pola bull flag. Penurunan harga baru-baru ini akibat sell-off yen carry trade memang sempat membuat harga turun ke bawah pola flag, namun hal ini hanya berlangsung singkat, dan harga Bitcoin kini kembali nyaman di tengah pola tersebut.

Selain itu, wick-down yang terjadi baru-baru ini berhasil menguji ulang level 0,618 fibonacci, yang merupakan level penting. Stochastic RSI menunjukkan sinyal bahwa momentum kenaikan akan kembali, mungkin dalam dua hingga tiga minggu ke depan.

Terbentuknya Dasar yang Kuat

Dengan memperluas pandangan lebih jauh lagi ke grafik dua mingguan, terlihat bahwa candle bodies mulai membentuk dasar di sekitar level Rp 885 juta hingga Rp 915 juta (garis oranye). Ini sesuai dengan level support pada puncak pasar bull 2021/2022, dan juga memiliki konfluensi dengan puncak fibonacci 0,786. Stochastic RSI dua mingguan telah melintasi ke atas, meskipun konfirmasi masih dibutuhkan pada akhir periode dua minggu ini.

Secara keseluruhan, kondisi tampak bullish.

Peluang Breakout Bullish yang Signifikan

Bitcoin pernah melesat dari Rp 375 juta menjadi hampir Rp 1,11 miliar dalam rentang waktu hanya tujuh bulan. Setelah rally yang begitu luar biasa, periode konsolidasi yang panjang sangat dibutuhkan. Apakah periode ini bisa berlangsung lebih lama? Tentu saja bisa, namun breakout bullish pada akhirnya tetap menjadi kemungkinan besar.

Jika Bitcoin dapat menembus pola flag ini, dan harga bisa bertahan di atas Rp 1,065 miliar, tahap selanjutnya dari pasar bull bisa segera terjadi. Level fibonacci besar berikutnya ada di Rp 1,515 miliar pada 1,168. Bitcoin masih tampak sangat bullish.

Baca Juga: 3 Token Crypto Mining yang Berpotensi Bikin Kamu Tajir Melintir di 2024!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar kripto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->