Rekor Baru! Transaksi Ekosistem Ethereum Layer-2 Capai 12,4 Juta dalam Sehari

Updated
August 15, 2024
Gambar Rekor Baru! Transaksi Ekosistem Ethereum Layer-2 Capai 12,4 Juta dalam Sehari

Jakarta, Pintu News – Dalam lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, ekosistem Ethereum Layer 2 telah mencatatkan rekor baru dengan memproses 12,4 juta transaksi hanya dalam satu hari.

Capaian ini menunjukkan betapa besarnya adopsi solusi Layer-2 (L2) di kalangan pengguna kripto, yang kian beralih dari Layer-1 (L1) Ethereum karena biaya gas yang lebih rendah dan kecepatan transaksi yang lebih cepat.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan solusi skalabilitas, Ethereum Layer-2 semakin menegaskan dirinya sebagai komponen krusial dalam ekosistem kripto global.

Transaksi Harian L2 Capai Rekor 12,42 Juta

Menurut data dari Growthepie, sebuah platform analitik ruang blok Layer-2 Ethereum, transaksi harian gabungan di seluruh ekosistem penskalaan mencapai rekor 12,42 juta pada 12 Agustus 2024.

Baca juga: Jump Trading Kembali Jual Ethereum Senilai Rp727 Miliar, Pasar Kripto Bergejolak!

Leon Waidmann, kepala penelitian di Onchain Foundation, mengomentari pencapaian tersebut dalam sebuah posting di X pada 13 Agustus, yang menyatakan bahwa “skalabilitas meningkat dengan cepat” dan “aktivitas pengguna berada pada puncaknya.

Menurut platform tersebut, ekosistem L2 telah mengalami peningkatan 140% dalam transaksi harian sejak awal 2024. Growthepie hanya menghitung transaksi yang dieksekusi oleh pengguna atau smart contract dan tidak termasuk transaksi sistem.

Pertumbuhan ini terutama didorong oleh basis blockchain Coinbase L2, yang mengalami lonjakan transaksi hingga mencapai puncaknya lebih dari 4 juta pada akhir Juli.

Memecoin Mania Mendorong Lonjakan Jaringan

Platform metrik blockchain Base, Basescan, mengonfirmasi data yang melaporkan bahwa transaksi harian di jaringan telah melonjak 700% selama enam bulan terakhir.

Menurut laporan awal tahun ini, pertumbuhan eksplosif untuk Base telah didorong oleh memecoin mania karena para pencetak token berbondong-bondong ke rantai dengan biaya lebih rendah dan hasil yang lebih tinggi untuk membuat memecoin.

Aktivitas L2 selama satu tahun – Sumber: L2beat

Platform metrik industri penskalaan L2beat melaporkan bahwa throughput secara keseluruhan juga melonjak baru-baru ini, dengan rata-rata TPS (transaksi per detik) dua kali lipat selama dua bulan terakhir karena jumlah platform penskalaan meningkat.

Baca juga: Hayes: Altseason Tak akan Terjadi Sampai Bitcoin Sentuh $70.000 dan Ethereum Capai $4.000!

Layer-2 Memiliki Lebih Banyak Stablecoin

Lebih lanjut, Growthepie juga melaporkan bahwa jaringan Layer-2 sekarang memiliki lebih banyak stablecoin daripada gabungan Solana dan Binance Chain.

Ia mencatat 150% lebih banyak stablecoin di L2 daripada Solana dan 94% lebih banyak daripada BNB Smart Chain.

Sementara itu, transaksi harian Layer-1 di Ethereum relatif stabil, berkisar di sekitar level 1,1 juta hampir sepanjang tahun ini, menurut Etherscan.

Selain itu, biaya gas rata-rata di L1 Ethereum telah jatuh ke posisi terendah tahunan. Hal ini memungkinkan penerbit stablecoin Tether untuk mencetak 1 miliar Tether hanya dengan harga 53 sen pada 13 Agustus, menurut platform intelijen blockchain Arkham.

Sebagai penutup, lonjakan transaksi di Layer 2 menunjukkan betapa pentingnya solusi skalabilitas dalam ekosistem kripto. Ini adalah tanda positif bahwa Ethereum tetap berada di garis depan inovasi teknologi blockchain, sambil terus menawarkan solusi yang dibutuhkan oleh pengguna di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->