ETF MicroStrategy Terima Lampu Hijau untuk Eksposur Bitcoin dengan Leverage, Apa Artinya bagi Investor?

Updated
August 16, 2024
Gambar ETF MicroStrategy Terima Lampu Hijau untuk Eksposur Bitcoin dengan Leverage, Apa Artinya bagi Investor?

Jakarta, Pintu News – ETF yang menargetkan eksposur Bitcoin melalui MicroStrategy baru saja mendapat persetujuan dari Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat.

ETF yang dikenal dengan nama MSTX ini diterbitkan oleh Defiance ETFs dan dirancang untuk memberikan 175% dari return harian saham MicroStrategy.

Lebih lanjut, MSTX adalah ETF tunggal dengan leverage pertama yang berfokus pada MicroStrategy, sebuah perusahaan yang dikenal karena memiliki cadangan Bitcoin yang sangat besar.

Persetujuan SEC dan Peluang bagi Investor

microstrategy bitcoin leverage
Pengumuman MSTX – Sumber: Defiance Invest

Persetujuan ini menandai langkah maju dalam pasar keuangan, di mana MSTX memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur yang diperkuat terhadap Bitcoin melalui instrumen keuangan tradisional.

Baca juga: Kompak! 44% Investor Institusi Memperluas Kepemilikan ETF Bitcoin pada Kuartal Kedua 2024

Sylvia Jablonski, CEO Defiance ETFs, menyatakan bahwa MSTX memberikan kesempatan unik bagi investor untuk memaksimalkan paparan leverage mereka ke pasar Bitcoin dalam bentuk ETF.

“Kami meningkatkan potensi bagi investor yang mencari eksposur dengan leverage panjang terhadap Bitcoin. Mengingat beta MicroStrategy yang lebih tinggi dibandingkan dengan Bitcoin, MSTX menawarkan peluang unik bagi investor untuk memaksimalkan eksposur leverage mereka ke pasar Bitcoin dalam bungkus ETF.”

Dengan MicroStrategy yang memegang sekitar 226.500 Bitcoin per kuartal kedua 2024, ETF ini memungkinkan investor untuk secara tidak langsung memasuki pasar Bitcoin yang volatil.

Defiance ETFs dikenal karena fokusnya pada ETF tematik dan leveraged, dan MSTX diposisikan untuk menawarkan peluang investasi yang signifikan bagi mereka yang ingin mendapatkan manfaat dari pergerakan harga Bitcoin tanpa harus langsung membeli kripto tersebut.

ETF dengan Leverage: Tinggi Risiko, Tinggi Imbalan

MSTX dan ETF leveraged lainnya dimaksudkan untuk memberikan pengembalian investasi harian dengan kelipatan tertentu. Dalam hal ini, ETF MicroStrategy bertujuan untuk mencapai 175% dari return harian saham perusahaan, yang sangat terkait dengan harga Bitcoin.

Namun, karena ETF ini menggunakan leverage, pengembaliannya dapat berbeda dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Lebih lanjut, leverage juga meningkatkan risiko, dan seperti yang dikatakan oleh Eric Balchunas, Senior ETF Analyst di Bloomberg, MSTX mungkin menjadi salah satu ETF paling volatil di pasar AS.

Baca juga: Pemerintah AS Pindahkan 10.000 Bitcoin ke Coinbase Prime: Strategi Aman atau Penjualan Tertunda?

Perubahan Sikap SEC terhadap ETF Tunggal dengan Leverage

skandal sec
Sumber: The Block

Persetujuan ETF MicroStrategy oleh SEC mencerminkan perubahan sikap regulator terhadap ETF tunggal dengan leverage.

Setelah bertahun-tahun menolak proposal serupa, SEC baru-baru ini menyetujui beberapa ETF dengan leverage, termasuk yang berfokus pada perusahaan besar seperti Tesla dan Apple.

Meskipun ETF ekuitas dengan leverage tetap menjadi segmen kecil, yang hanya menyumbang kurang dari 1% dari keseluruhan aset ETF, produk seperti MSTX dapat menarik minat karena posisinya yang unik di pasar.

Michael Saylor, Chairman MicroStrategy, secara pribadi memiliki lebih dari $1 miliar dalam bentuk Bitcoin, yang semakin memperkuat komitmennya terhadap kripto tersebut.

Kepemilikan Bitcoin yang besar oleh Saylor dan MicroStrategy menambah lapisan ketertarikan pada ETF MSTX, karena menawarkan peluang leverage bagi investor untuk mendapatkan eksposur ke Bitcoin melalui produk keuangan yang diatur.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: NewsBTC

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->