Perusahaan Swiss Luncurkan Layanan Sewa AI yang Dibangun dari Sel Otak Manusia

Updated
August 18, 2024
Gambar Perusahaan Swiss Luncurkan Layanan Sewa AI yang Dibangun dari Sel Otak Manusia

Jakarta, Pintu News – Sebuah perusahaan teknologi Swiss bernama FinalSpark telah meluncurkan program yang memungkinkan para ilmuwan untuk menyewa akses ke ‘biokomputer’ yang terbuat dari sel otak manusia dengan biaya $500 per bulan.

Biokomputer ini dirancang untuk menawarkan alternatif yang lebih efisien dan hemat energi untuk melatih model kecerdasan buatan . Simak berita lengkapnya berikut ini!

Biokomputer: Alternatif Efisien untuk Melatih AI

FinalSpark mengklaim bahwa penggunaan material organik, seperti sel otak manusia, untuk melatih AI bisa 100.000 kali lebih efisien daripada sistem berbasis silikon tradisional.

Pendiri FinalSpark, Fred Jordan, mengatakan bahwa teknologi yang disebut Neurospark ini unik karena menawarkan biokomputer yang dibangun dari kelompok sel otak manusia, yang dikenal sebagai organoid.

Program ini menyediakan akses online real-time ke biokomputer hidup ini, membuka kemungkinan baru dalam pengembangan AI.

Baca Juga: Prediksi Harga Doge2014 (DOGE2014) 2024, 2025, 2030

Melatih AI dengan Sel Otak

aset crypto di swiss
Generated by AI

Melatih AI menggunakan biokomputer ini melibatkan teknik yang berbeda dari biasanya. Biasanya, model AI dilatih menggunakan reward numerik untuk membimbing mereka. Namun, saat menggunakan sel otak, para ilmuwan mengandalkan metode biologis.

Mereka memberikan dopamin, bahan kimia yang terkait dengan reward di otak, untuk mendorong pembelajaran dan menggunakan sinyal listrik sebagai umpan balik negatif. Proses ini lebih mencerminkan bagaimana otak manusia yang sebenarnya belajar dan beradaptasi.

Baca Juga: Prediksi Harga PlayDoge (PLAY) 2024, 2025, dan 2030

Batasan dan Kemungkinan Masa Depan

Satu-satunya batasan adalah bahwa biokomputer ini memiliki umur yang pendek, biasanya sekitar 100 hari. Setelah itu, sistem AI perlu ditransfer ke cluster baru, atau tidak akan berfungsi lagi.

Meskipun batasan ini ada, ini mengisyaratkan kemungkinan di masa depan, seperti menciptakan AI dengan umur yang lebih panjang yang mungkin suatu hari nanti lebih selaras dengan pengalaman manusia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->