Hype Meme Koin Mulai Mereda, Biaya Transaksi Harian Solana Turun 65% dari Puncak

Updated
August 27, 2024
Gambar Hype Meme Koin Mulai Mereda, Biaya Transaksi Harian Solana Turun 65% dari Puncak

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari The Block, total biaya transaksi harian yang dibayarkan di blockchain Solana, yang diukur dalam dolar AS, baru-baru ini telah turun ke tingkat yang tidak pernah diamati sejak awal Mei 2024.

Biaya Transaksi Harian Solana Turun ke Rp9,9 Miliar

Pada hari Senin (26/8/24), biaya transaksi harian di Solana turun menjadi $639.000 (Rp9.931.689.450) – mewakili penurunan 65% dari puncak bulan ini sebesar $1,83 juta pada 8 Agustus dan penurunan 87% dari level tertinggi sepanjang masa sebesar $5,08 juta pada 18 Maret, menurut Dasbor Data The Block.

Baca juga: 3 Koin Kripto yang Berpotensi Meroket 100% di Akhir Tahun 2024!

Sumber: The Block

Penurunan biaya transaksi harian ini menunjukkan berkurangnya aktivitas di jaringan Solana, dengan perdagangan memecoin mengalami dampak yang paling signifikan, menurut Ruslan Lienkha, Kepala Pasar di YouHodler.

“Saya yakin biaya transaksi yang lebih rendah terkait dengan meredanya hype seputar memecoin,” kata Lienkha kepada The Block.

Kapitalisasi Pasar Solana Alami Penurunan

Lebih lanjut, pengamatan ini sejalan dengan data Coingecko yang menunjukkan kapitalisasi pasar memecoin Solana sekarang $7,42 miliar – mencerminkan penurunan 2,6% dalam 24 jam terakhir (26/8/24).

Data Coingecko mengungkapkan bahwa lima memecoin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar di jaringan Solana semuanya mengalami penurunan nilai selama sebulan terakhir.

Khususnya, Dogwifhat , Bonk , Popcat , Book of Meme , dan Cats in a Dogs World telah menurun masing-masing sebesar 28%, 30%, 18%, 14%, dan 34%.

Penurunan Solana Menandakan Akhir dari Fase Hype Meme Koin?

Ada juga penurunan nilai total yang dikunci di beberapa bursa terdesentralisasi berbasis Solana yang menangani perdagangan memecoin dalam jumlah yang signifikan.

Baca juga: Analisa Harga Solana: SOL Mengincar Reli Baru dengan Potensi Penembusan di Atas Rp2,5 Juta!

Menurut data DefiLlama, TVL di Raydium telah menurun hampir 20% selama 30 hari terakhir, sementara BonkSwap mengalami penurunan lebih dari 23% dalam sebulan terakhir.

Selain itu, indeks memecoin multi-rantai telah mengalami penurunan selama sebulan terakhir. Indeks Meme GMCI Block menunjukkan penurunan lebih dari 17% dalam sebulan terakhir, dan Indeks Memecoin Market Vector telah mencapai titik terendah dalam beberapa bulan.

Indeks memecoin MarketVector menunjukkan penurunan yang mencolok sejak bulan Maret: Gambar: MarketVector.

Lienkha menggambarkan Solana telah mendapatkan pengakuan sebagai rantai kunci untuk proyek memecoin dan bahwa penurunan aktivitas pengguna saat ini dapat menjadi indikasi fase akhir dari hype memecoin di pasar crypto saat ini.

“Ini mirip dengan apa yang kami amati dengan perdagangan NFT pada siklus kripto sebelumnya, dan seiring dengan mengempisnya gelembung memecoin, Solana menjadi rantai yang kurang dimanfaatkan,” tambahnya.

Pada saat penulisan (27/8/24), harga Solana tengah menurun 3,50% selama 24 jam terakhir, diperdagangkan pada Rp2.396.527 pada saat penulisan, menurut laman Pintu Market.

Kapitalisasi pasar token saat ini sekitar $ 75 miliar, mencerminkan penurunan sekitar 14% selama sebulan terakhir.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->