Aave Labs Gandeng BlackRock untuk Stabilkan GHO, Bakal Saingi PYUSD dan First Digital USD?

Updated
August 28, 2024
Gambar Aave Labs Gandeng BlackRock untuk Stabilkan GHO, Bakal Saingi PYUSD dan First Digital USD?

Jakarta, Pintu News – Aave Labs, pengembang di balik protokol DeFi Aave, baru-baru ini mengusulkan pembaruan untuk GHO Stability Module (GSM) yang melibatkan penggunaan token BUIDL dari BlackRock untuk membantu menjaga kestabilan nilai dolar dari stablecoin GHO.

BlackRock Berperan Penting dalam Stabilitas GHO

Usulan tersebut menjelaskan bahwa GSM baru akan memungkinkan Aave untuk menukar USD Coin milik pengguna yang diberikan untuk mencetak GHO, stablecoin berbasis dolar milik Aave, dengan saham BUIDL.

Baca juga: Ondo Finance Luncurkan USDY di Arbitrum, Buka Akses ke Real Wolrd Assets (RWA) di DeFi!

Token tersebut nantinya akan disimpan dalam kontrak pintar hingga pengguna menukarkan GHO mereka kembali menjadi USDC.

Mengutip laporan CryptoSlate, saham BUIDL memiliki nilai stabil sebesar $1 per token dan memberikan pengembalian harian kepada investornya setiap bulan. Dana tersebut mengalokasikan asetnya ke kas, US Treasury bills, dan perjanjian pembelian kembali.

Menurut data RWA.xyz, BUIDL memiliki lebih dari $502 juta aset yang dikelola (AUM).

Sumber: RWA.xyz

Meningkatkan Kapitalisasi Pasar GHO

Lebih lanjut, usulan tersebut mencatat bahwa GSM baru ini memperluas sumber hasil dari Aave DAO ke sektor aset dunia nyata (RWA) dan meningkatkan peluang kemitraan dengan BlackRock.

Ini merupakan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk GHO, karena stablecoin ini memiliki kapitalisasi pasar sekitar $120 juta.

Meskipun mencatatkan pertumbuhan 146% sejak 1 Mei, token tersebut masih jauh tertinggal dari rekan-rekannya yang terkemuka, seperti PYUSD dan First Digital USD, yang masing-masing memiliki kapitalisasi pasar sebesar $1 miliar dan $2,8 miliar.

Likuiditas BUIDL dan Integrasi dengan USDC

buidl blackrock
Sumber: Ledger Insights

Aave Labs bertaruh pada likuiditas BUIDL dan integrasinya dengan USDC untuk membantu menjaga kestabilan nilai GHO terhadap dolar, karena pemegang saham dari dana tokenisasi BlackRock dapat menukarkannya dengan USDC kapan saja dengan pemegang yang telah disetujui sebelumnya.

Baca juga: Stablecoin PayPal PYUSD Melesat Tinggi dengan Market Cap yang Mencapai $1 Miliar!

Menurut laporan, ini merupakan GSM kedua yang diterapkan untuk GHO, setelah proposal Januari yang memperkenalkan pembuatan dua smart contract untuk memfasilitasi penukaran GHO menjadi USDC dan Tether USD .

Circle Berikan Dukungan

Selain itu, penerbit USDC, Circle, juga menyediakan dana penukaran sebesar $100 juta yang menjamin konversi dari BUIDL ke USDC dari GSM GHO/USDC. Saat ini, dana tersebut memiliki $74,7 juta USDC yang tersedia.

Menurut proposal tersebut, biaya swap akan diakumulasikan dalam GHO, dan dividen akan dibayarkan setiap bulan dalam BUIDL.

Selain itu, GSM dapat atau tidak dapat mengintegrasikan buffer USDC untuk mengkompensasi biaya penukaran gas BUIDL untuk swap kecil, yang akan dievaluasi lebih lanjut nanti.

Secara keseluruhan, proposal tersebut masih dalam tahap “temp check”, yang biasanya digunakan untuk melihat bagaimana anggota tata kelola Aave bereaksi terhadap proposal tersebut.

Jika reaksinya sebagian besar positif, pemegang token AAVE akan dapat memberikan suara pada proposal GSM baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->