Hong Kong Luncurkan Sandbox untuk Percepat Adopsi Tokenisasi Aset Dunia Nyata (RWA)

Updated
August 29, 2024
Gambar Hong Kong Luncurkan Sandbox untuk Percepat Adopsi Tokenisasi Aset Dunia Nyata (RWA)

Jakarta, Pintu News – Otoritas keuangan Hong Kong (HKMA) baru-baru ini meluncurkan inisiatif sandbox baru untuk menguji kasus penggunaan tokenisasi di berbagai kelas aset dan aplikasi dunia nyata di sektor keuangan.

Hong Kong Luncurkan Sandbox untuk Adopsi Tokenisasi RWA

Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA) telah meluncurkan inisiatif baru yang dijuluki “Project Ensemble Sandbox” dalam upaya untuk menggandakan upaya tokenisasi real world assets (RWA) atau aset dunia nyata.

Baca juga: HashKey Hong Kong Perluas Layanan Perdagangan Ritel dengan Pasangan AVAX dan LINK!

Dalam siaran pers 28 Agustus 2024, HKMA mengatakan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk menguji dan menyempurnakan penggunaan uang token untuk penyelesaian antar bank dan transaksi yang melibatkan aset token.

Sandbox tersebut dikatakan berfokus pada empat tema utama untuk putaran eksperimen awal: pendapatan tetap dan dana investasi, manajemen likuiditas, keuangan hijau dan berkelanjutan, serta perdagangan dan pembiayaan rantai pasokan.

HKMA mengatakan bank telah menghubungkan platform deposit token mereka ke sandbox, memungkinkan pengujian real-time dari mekanisme penyelesaian pembayaran-versus-pembayaran dan pengiriman-versus-pembayaran.

Lebih lanjut, inisiatif ini melibatkan Standard Chartered (Hong Kong), HSBC, Bank of China (Hong Kong), Hang Seng Bank, dan HashKey Group, antara lain.

Mendorong Inovasi dan Kemajuan Tokenisasi di Hong Kong

indeks crypto hkvac
Sumber: Crypto Rank

Dalam perkembangan terpisah, Ant International, sebuah perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Singapura, mengungkapkan partisipasinya dalam sandbox ini dengan fokus pada manajemen likuiditas.

Perusahaan akan bekerja sama dengan cabang Standard Chartered Bank dan HSBC di Hong Kong untuk mengembangkan solusi manajemen likuiditas global yang mendukung pembayaran lintas batas secara real-time.

Kepala Eksekutif HKMA, Eddie Yue, mengomentari inisiatif tersebut mengatakan bahwa sandbox menandai “langkah maju yang signifikan bagi HKMA dan industri untuk mengeksplorasi aplikasi tokenisasi dalam skenario bisnis kehidupan nyata,” menambahkan bahwa dengan perkembangan terbaru ini, mereka ingin lebih mendorong inovasi dan kemajuan di pasar tokenisasi Hong Kong.

Baca juga: Sony Luncurkan Soneium Minato Testnet, Membuka Jalan Menuju Masa Depan Desentralisasi!

HKMA Berkolaborasi dengan SFC dan BIS Innovation Hub

Mengtuip laporan Metaverse Post, HKMA bermaksud untuk bermitra dengan Securities and Futures Commission (SFC) pada proyek tokenisasi dalam sektor manajemen aset untuk mempromosikan adopsi yang lebih luas dan memperkuat kota sebagai salah satu pusat aset dan manajemen kekayaan utama.

Sementara itu, entitas tersebut akan bekerja sama dengan BIS Innovation Hub Hong Kong Centre pada satu atau beberapa tema dan berkonsultasi dengan CBDC Expert Group untuk memanfaatkan sumber daya intelektual mereka dalam meningkatkan Sandbox.

Pada akhirnya, sandbox HKMA merupakan langkah penting dalam mendorong adopsi tokenisasi aset dunia nyata di Hong Kong. Inisiatif ini diharapkan dapat mempercepat inovasi dan kemajuan di pasar tokenisasi, serta memposisikan Hong Kong sebagai pusat keuangan global terkemuka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->