Stablecoin PYUSD Capai $1 Miliar Market Cap dalam Waktu Setahun, Apa Rahasianya?

Updated
September 2, 2024
Gambar Stablecoin PYUSD Capai $1 Miliar Market Cap dalam Waktu Setahun, Apa Rahasianya?

Jakarta, Pintu News – Hanya dalam waktu satu tahun sejak PayPal meluncurkan stablecoin PYUSD, produk ini telah terbukti menjadi sukses besar. Akhir pekan lalu, aset digital ini berhasil mencapai kapitalisasi pasar sebesar $1 miliar.

Seiring dengan perkembangan ini, laporan keuangan PayPal untuk kuartal kedua (Q2) tahun 2024 menunjukkan kinerja yang solid.

Raksasa pembayaran digital ini mencatat peningkatan 8% dalam pendapatan bersihnya, mencapai $7,885 miliar, di tengah kenaikan 8% dalam margin transaksi dolarnya yang mencapai $3,6 miliar.

Selain itu, PayPal juga membukukan pendapatan operasional sebesar $1,438 miliar, yang menegaskan praktik operasional dan manajemen yang efisien. Semua ini menunjukkan potensi jangka panjang dari salah satu dompet digital tertua di dunia.

Integrasi PYUSD dengan Jaringan Solana

Salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan PYUSD adalah integrasinya dengan jaringan blockchain Solana.

Baca juga: Kamino Finance Naikkan Batas Pinjaman PYUSD ke $20 Juta! Cuan Besar Menanti Investor?

Pada 29 Mei 2024 lalu, Solana mengumumkan integrasi PYUSD ke dalam ekosistemnya. Keputusan PayPal untuk mengadopsi blockchain Solana ternyata sangat membuahkan hasil, karena secara signifikan mendorong pertumbuhan stablecoin mereka.

Seperti yang terlihat pada grafik dari CoinMarketCap (CMC), sebelum pengumuman integrasi dengan Solana di acara Consensus 2024 di Austin, Texas, valuasi keseluruhan PYUSD hanya berada di bawah angka $400 juta.

Angka tersebut bertahan selama beberapa waktu sebelum melonjak signifikan antara 24 dan 25 Juli, dari sekitar $349,62 juta menjadi $586,81 juta.

market cap stablecoin pyusd
Sumber: CMC

Setelah itu, stablecoin ini terus mengalami kenaikan yang stabil dan melampaui angka $1 miliar pada 24 Agustus. Pada pukul 06:00 UTC hari Kamis, PYUSD tetap berada di kisaran $1,01 miliar dengan volume transaksi 24 jam sebesar $59,92 juta.

Menurut DefiLlama, saat ini blockchain Solana memegang 65,26% dari total pasokan PYUSD yang beredar. Ini setara dengan $647,67 juta berdasarkan nilai saat ini.

integrasi solana pyusd
Sumber: DefiLlama

Sementara itu, jaringan Ethereum memproses 34,74% dari pasokan PYUSD, yang saat ini bernilai $344,84 juta.

Keunggulan Solana

Tren yang terlihat jelas menunjukkan efektivitas Solana sebagai platform stablecoin. Hal ini juga mencerminkan pandangan strategis PayPal di tengah dinamika industri aset digital yang terus berkembang pesat.

Baca juga: PayPal dan Anchorage Luncurkan Program Reward Stablecoin untuk Pemegang PYUSD

PYUSD memanfaatkan sumber daya Solana, yang menawarkan pengguna transaksi yang cepat, bebas hambatan, andal, terenkripsi untuk privasi, sesuai dengan regulasi, dan dengan biaya yang minimal.

Fitur-fitur tambahan dari jaringan ini sangat menonjol, seperti transfer rahasia untuk memastikan privasi dan keamanan, transfer hooks untuk implementasi program khusus bagi individu dan pedagang, serta memo fields untuk metadata.

Yang paling penting, PYUSD mendapat manfaat dari penyelesaian transaksi yang cepat dan tanpa hambatan dari Solana. Jaringan ini tidak memiliki perantara, yang mempercepat waktu transaksi dan memangkas biaya.

Platform tersebut juga memiliki waktu blok 400 milidetik, yang membuatnya sangat responsif dan mampu memproses transfer dalam hitungan detik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->