Peretasan Kripto Meningkat di Tahun 2024, Kerugian Mencapai $1,2 Miliar!

Updated
September 2, 2024
Gambar Peretasan Kripto Meningkat di Tahun 2024, Kerugian Mencapai $1,2 Miliar!

Jakarta, Pintu News – Seiring dengan meningkatnya adopsi kripto, industri ini telah berkembang pesat dengan nilai mencapai $2,09 Triliun dan memfasilitasi transaksi harian senilai miliaran dolar. Namun, pertumbuhan ini tidak hanya membawa dampak positif, tetapi juga meningkatkan jumlah peretasan dan penipuan kripto setiap bulannya, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang keamanan penyedia layanan dan regulator.

Setiap bulan, penipuan kripto baru muncul di berbagai belahan dunia dengan teknologi & alat baru. Penipuan seperti “pig butchering”, “rug pull”, dan banyak lainnya juga meningkat. Baru-baru ini, FBI berhasil memulihkan lima juta dolar dari penipuan ini, tetapi miliaran dolar lainnya hilang tanpa dapat dikembalikan.

Peretasan Kripto Melonjak 15,5% dari Tahun 2023, Merugikan $1,2 Miliar

Pada tahun 2023, industri kripto menyaksikan banyak peretasan kripto yang melelahkan dan berulang dengan berbagai bursa, penyedia layanan, dan bahkan dompet pribadi individu. Namun, jumlah peretasan tahun ini telah melampaui data tahun 2023 sebesar 15,5%, dengan kerugian mencapai lebih dari $1,21 Miliar.

Pengungkapan ini muncul setelah peretasan bursa India, WazirX, yang kehilangan $230 juta, menjadikannya peretasan kripto terbesar tahun ini. Selain itu, laporan baru mengungkapkan bahwa $1,21 Miliar aset digital telah hilang melalui penipuan “rug pull”, yang mengeksploitasi lebih dari 154 individu.

Pada tahun 2023, data bulan Agustus menunjukkan kerugian sebesar $1.048.044.942 akibat peretasan, tetapi tahun 2024 telah mendominasi skenario tersebut dengan peningkatan 15,5%. Lebih lanjut, berdasarkan laporan Immunefi, pelanggaran keamanan terbesar terjadi pada bulan Mei, ketika industri kehilangan sekitar $358.523.484. Tertinggi kedua adalah selama bulan Juli, di mana $274.719.252 dicuri, diikuti oleh $141.558.550 pada bulan Juni.

Baca Juga: 5 Kripto Pilihan Analis untuk Pertumbuhan Eksplosif di Akhir Tahun 2024!

Agustus Memiliki Peretasan Terendah

Tahun ini telah menyaksikan banyak pencurian signifikan, yang menyebabkan kerugian miliaran dolar, termasuk peretasan bursa India WazirX. Namun, meskipun demikian, perhitungan telah menurun sebesar 94% untuk bulan Agustus, menurut data bulan ke bulan.

Pada bulan Agustus ini, hanya $15 juta yang dicuri, yang 94% lebih rendah dari nilai kerugian $274 juta dari bulan sebelumnya. Namun, dibandingkan dengan Agustus 2023, ada penurunan 38% pada tahun ini. Secara keseluruhan, total $24.581.220 hilang pada bulan Agustus tahun lalu, sedangkan $15.082.000 pada bulan Agustus 2024. Lebih penting lagi, tidak ada penipuan kripto yang secara resmi diketahui terjadi bulan ini.

Dua insiden besar, peretasan Ronin Network dan Nexera, juga terjadi bulan ini, dengan kerugian masing-masing sebesar $9,8 juta dan $1,5 juta. Ini disebabkan oleh kerentanan yang muncul dari peningkatan kode, kata Mitchell Amador, pendiri Immunefi.

Convergence mengklarifikasi dalam post-mortem mereka bahwa mereka telah “memodifikasi bagian kode tersebut pasca-audit,” yang menyoroti pentingnya menjaga pendekatan keamanan-pertama di setiap langkah.

Tiga peretasan kripto berikutnya terjadi di VOW, Convergence Finance, dan iVest DAO, dengan kerugian masing-masing sebesar $1,2 juta, $210.000, dan $170.000. Selain itu, sektor DeFi telah menghadapi eksploitasi terbesar bulan ini meskipun CeFi menjadi kerentanan.

Kesimpulan

Rantai Ethereum dan BNB telah menjadi korban utama peretasan kripto bulan Agustus. Dalam hal ini, pasar kehilangan $15 juta dari lima insiden Ronin, Nexera, VOW, Convergence Finance, dan iVest DAO. Secara keseluruhan, tahun ini telah menyaksikan lonjakan 15,5% dalam peretasan ini, dengan kerugian mencapai $1,21 Miliar aset kripto. Namun, dibandingkan dengan bulan lainnya, Agustus memiliki kerugian terendah, dengan penurunan 94% dari bulan-bulan sebelumnya.

Baca Juga: 3 Meme Coin yang Diprediksi Meledak 200% di Bulan September 2024!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar kripto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset kripto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->