Prediksi Bitcoin di September 2024: Akankah Terjadi Kenaikan atau Penurunan?

Updated
September 3, 2024
Gambar Prediksi Bitcoin di September 2024: Akankah Terjadi Kenaikan atau Penurunan?

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin di bulan Agustus cukup mengecewakan, mengikuti penurunan di awal dan akhir bulan. Prospek yang lebih luas untuk aset kripto utama ini masih bearish, tetapi perkembangan makro-finansial tertentu dapat mengubah hasil ini. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Apa yang Akan Terjadi pada Bitcoin di Bulan September?

Harga Bitcoin saat ini berada di bawah $60.000 setelah mencatat penurunan 7,5% selama seminggu terakhir. Bulan mendatang dapat melanjutkan tren ini hingga “Uptober” tiba ketika investor mengharapkan pemulihan BTC untuk dilanjutkan.

“September secara historis merupakan bulan negatif untuk Bitcoin, karena data menunjukkan bahwa ia memiliki tingkat penurunan nilai rata-rata 6,56%. Sejauh ini bulan ini, sentimen investor di sekitar Bitcoin telah negatif karena koin telah diperdagangkan antara $49.000 dan $66.000,” Innokenty Isers, Pendiri dan CEO Paybis, mengatakan kepada BeInCrypto.

Namun, Isers juga mempertimbangkan potensi penurunan suku bunga, yang sangat diantisipasi oleh pasar makro-finansial.

Baca Juga: Prediksi Solana September 2024: Siap-Siap untuk Pergerakan Besar?

“Jika The Fed memangkas suku bunga pada bulan September, itu mungkin membantu Bitcoin menulis ulang sejarah negatifnya. Ini karena penurunan suku bunga umumnya menyebabkan aliran Dolar AS yang berlebihan dalam perekonomian. Ini mengurangi daya beli Dolar, yang selanjutnya memperkuat prospek Bitcoin sebagai penyimpan nilai. Banyak investor institusional telah membuktikan hal ini dengan akumulasi Bitcoin yang besar. Jika kebijakan The Fed melemahkan dolar, beralih ke aset berisiko dengan potensi pertumbuhan yang lebih tinggi mungkin tidak dapat dihindari,” jelas Isers.

bitcoin mvrv ratio
Rasio Bitcoin MVRV. Sumber: Santiment

Hasil ini sejalan dengan posisi Rasio Nilai Pasar terhadap Nilai yang Direalisasikan (MVRV) makro. Rasio MVRV menilai keuntungan dan kerugian investor. Saat ini, MVRV 90 hari Bitcoin berada di -4,8%, menunjukkan profitabilitas dan kemungkinan tekanan beli.

Secara historis, MVRV Bitcoin antara -2% dan -12% telah menandakan dimulainya pemulihan dan reli. Contoh ini dicatat pada pertengahan Juni 2023, awal Oktober 2023, dan baru-baru ini pada awal Juli tahun ini.

Prediksi Harga BTC: Kenaikan di Depan tetapi Bukan Penembusan

Ada dua kemungkinan hasil untuk harga Bitcoin di bulan September. Yang pertama adalah pendekatan yang lebih praktis berdasarkan isyarat baru-baru ini, yang menunjukkan bahwa BTC akan tetap di bawah $68.300. Penghalang ini telah mencegah raja kripto untuk menembus beberapa kali dan mengingat kondisi bearish, ini bisa terjadi lagi.

bitcoin september
Sumber: BeInCrypto

Hasil kedua adalah penembusan dari pola baji melebar menurun di atas $68.300. Berlaku sejak awal Maret, pola ini menunjukkan bahwa penembusan dapat menghasilkan kenaikan 22%. Meskipun ini tidak mungkin, BTC dapat menetapkan tertinggi baru sepanjang masa di atas $73.800.

Baca Juga: Siap-Siap! Tomarket Akan Bagikan 350 Miliar Airdrop Token $TOMATO pada 2 September 2024

Untuk hal yang sama, faktor akumulasi dan penurunan suku bunga yang disebutkan di atas harus terjadi, dan hanya kenaikan di atas $70.000 yang akan mengkonfirmasi hasil bullish ini.

Namun, jika harga Bitcoin gagal menembus bahkan $65.000, konsolidasi di bawah penghalang ini dan di atas $57.040 kemungkinan besar akan terjadi. Ini dapat membatalkan tesis bullish, menunda reli BTC hingga awal atau pertengahan Oktober.

Kesimpulan

Prospek Bitcoin di bulan September masih belum pasti. Faktor makro-finansial seperti penurunan suku bunga dapat memicu pemulihan, tetapi kondisi bearish yang lebih luas dapat terus menekan harga. Investor harus memantau dengan cermat pergerakan harga dan indikator teknis untuk mengukur sentimen pasar dan mengidentifikasi peluang perdagangan potensial.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->