Gelembung Pecah! Penjualan NFT Bulanan Turun di Bawah $400 juta, Apa yang Terjadi?

Updated
September 3, 2024
Gambar Gelembung Pecah! Penjualan NFT Bulanan Turun di Bawah $400 juta, Apa yang Terjadi?

Jakarta, Pintu News – NFT (Non-Fungible Token) masih berada di bawah tekanan pada bulan Agustus 2024, dengan penjualan terus menurun.

Menurut laporan terbaru, total penjualan NFT turun 41% menjadi $376 juta pada bulan Agustus, seiring dengan penurunan jumlah pembeli dan penjual hingga dua digit.

Volume Penjualan Bulanan NFT Mengalami Penurunan

Dilansir dari Cointelegraph, penjualan non-fungible token (NFT) mencatat volume bulanan sebesar $374 juta pada bulan Agustus, melanjutkan tren penurunan dan mencatat penjualan bulanan terendah pada tahun 2024. Ini menandai pertama kalinya koleksi digital mencatat volume di bawah $400 juta tahun ini.

Baca juga: Akumulasi Biaya Protokol DeFi Turun 24,4% ke Level Terendah sejak Februari, Ada Penyebabnya?

Penjualan bulanan tertinggi NFT vs. penjualan bulanan terendah pada tahun 2024. Sumber: CryptoSlam

Data dari pelacak NFT CryptoSlam menunjukkan bahwa koleksi digital hanya mencatat penjualan bulanan sebesar $374 juta pada Agustus 2024.

Berbeda dengan rekor bulanan tertinggi pada tahun 2024, yaitu $1,6 miliar pada bulan Maret, volume bulanan di bulan Agustus mewakili penurunan sebesar 76%.

Volume Penjualan Bulanan NFT Terus Menurun

NFT mengalami awal yang kuat pada kuartal pertama 2024 dengan total volume penjualan sebesar $4,1 miliar.

Namun, koleksi digital tidak mampu mempertahankan momentum tersebut, dan total volume turun menjadi $2,24 miliar pada kuartal kedua — penurunan 45% dari kuartal ke kuartal.

Kinerja tujuh hari dari blockchain NFT teratas. Sumber: CryptoSlam

Meskipun terjadi lonjakan penjualan mingguan pada minggu terakhir Agustus, NFT belum mampu mematahkan tren penurunan yang dimulai pada bulan April, ketika penjualan turun menjadi $1,2 miliar.

Penurunan tersebut kemudian diikuti oleh penurunan yang lebih tajam ketika volume bulanan NFT mencapai $598 juta pada bulan Mei.

Pada bulan Juli lalu, NFT mencatat volume penjualan sebesar $427 juta. Meskipun terjadi penurunan dalam volume penjualan bulanan, bulan Juli menunjukkan peningkatan 87% dalam jumlah transaksi NFT. Data menunjukkan bahwa transaksi NFT meningkat dari 5,7 juta pada bulan Juni menjadi 10,7 juta pada bulan Juli.

Baca juga: Majalah Bisnis Amerika, Forbes, Gandeng OKX Wallet untuk Luncurkan Keanggotaan NFT Eksklusif!

Pada bulan Agustus, total transaksi NFT mencapai 7,3 juta, turun 31% dari bulan Juli. Namun, nilai rata-rata penjualan NFT meningkat sebesar 27%, dari $39,93 menjadi $50,74. Dua hari memasuki bulan September, nilai rata-rata penjualan NFT meningkat menjadi $86,04 per transaksi.

Mengutip laporan Cointelegraph, Solo Ceesay, salah satu pendiri dan CEO dompet sosial Calaxy, menyatakan bahwa modal spekulatif telah mengalir ke memecoin dalam siklus ini. Ia meyakini bahwa ruang ini sedang beralih dari NFT ke memecoin.

Pada 19 Agustus 2024 lalu, CryptoPunk yang pernah menjadi yang termahal diam-diam dipindahkan ke dompet lain.

Ceesay berpendapat bahwa pemilik sebelumnya dari NFT “blue-chip” tersebut kemungkinan ingin mengalihkan modalnya ke memecoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->