Jepang Berencana Menurunkan Pajak Kripto dalam Reformasi Pajak 2025, Kabar Gembira!

Updated
September 5, 2024
Gambar Jepang Berencana Menurunkan Pajak Kripto dalam Reformasi Pajak 2025, Kabar Gembira!

Jakarta, Pintu News – Jepang sedang merencanakan reformasi besar dalam sistem perpajakan untuk tahun fiskal 2025, termasuk perubahan signifikan untuk aset kripto yang dapat menurunkan tarif pajaknya. Dalam proposal reformasi yang dirilis pada 30 Agustus, Badan Layanan Keuangan Jepang (FSA) mengusulkan agar aset kripto diperlakukan seperti aset keuangan tradisional yang dapat diinvestasikan oleh masyarakat.

Perubahan Pajak Kripto

Saat ini, keuntungan dari aset kripto di Jepang dikenakan pajak sebagai pendapatan lain-lain dengan tarif antara 15% hingga 55%, tergantung pada bracket pajak penghasilan individu. Bandingkan dengan keuntungan dari perdagangan saham yang hanya dikenakan pajak sebesar 20% pada tingkat tertinggi.

Selain itu, perusahaan yang memegang aset kripto dikenakan pajak tetap sebesar 30% atas kepemilikan mereka, meskipun tidak ada keuntungan yang direalisasikan melalui penjualan. Dengan reformasi pajak ini, FSA mengusulkan agar aset kripto dikenakan tarif pajak yang lebih adil, serupa dengan saham, guna mendorong partisipasi publik yang lebih luas dalam investasi kripto.

Baca Juga: Shiba Inu vs Dogecoin: Mana yang Lebih Menguntungkan di Tahun 2024?

Dorongan Komunitas Kripto

pajak crypto di jepang
Generated by AI

Komunitas kripto di Jepang telah lama mendorong revisi rezim pajak untuk aset digital. Japan Blockchain Association, kelompok lobi pro-kripto, mengajukan permintaan kepada pemerintah untuk menurunkan tarif pajak pada aset kripto dan memperkenalkan pengurangan kerugian selama tiga tahun.

Namun, meskipun ada upaya tersebut, belum ada perubahan kebijakan yang signifikan yang dihasilkan. Rancangan reformasi pajak ini akan dibahas lebih lanjut oleh badan legislatif Jepang sebelum disahkan menjadi undang-undang.

Baca Juga: 7 Investasi Crypto Paling Menjanjikan di Tahun 2024: Peluang Emas untuk Keuntungan 1000x!

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi, dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDR, ETH/IDR, SOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->