Heboh! NFT CryptoPunk Terjual Seharga Rp23 Miliar di Tengah Penurunan Pasar

Updated
September 7, 2024
Gambar Heboh! NFT CryptoPunk Terjual Seharga Rp23 Miliar di Tengah Penurunan Pasar

Jakarta, Pintu News – Koleksi non-fungible token (NFT) CryptoPunks menjadi berita utama ketika CryptoPunk bertema Kera yang langka terjual dengan harga lebih dari $1,5 juta atau setara dengan Rp23.187.675.000 pada 5 September 2024.

Penjualan NFT CryptoPunk #6915

Dilansir dari Cointelegraph, CryptoPunk #6915 telah terjual seharga 620 Ethereum , setara dengan sekitar $1,48 juta (Rp22.878.506.000).

Baca juga: Kalahkan OpenSea dan Blur, Volume Perdagangan Magic Eden Sentuh $122 Juta pada Agustus 2024!

NFT khusus ini adalah salah satu dari hanya 24 CryptoPunk bertema Kera dan memiliki tiga atribut berbeda: topi, anting-anting, dan penutup mata.

Meskipun NFT terjual lebih dari satu juta dolar, pemiliknya telah menerima tawaran yang lebih tinggi untuk barang tersebut awal tahun ini.

Sumber: Data CryptoPunks

Menurut data CryptoPunks, pada Maret 2024, ketika volume penjualan NFT bulanan sekitar $1,6 miliar, penawaran untuk Punk # 6915 berkisar antara $5 juta hingga $6 juta. Artinya, nilai NFT turun 78% sejak Maret.

Komunitas Bereaksi Terhadap Penjualan CryptoPunk

Komunitas kripto memperhatikan penjualan tersebut dan membagikan pemikiran mereka tentang X.

Salah satu anggota komunitas merasa “aneh” bahwa pemiliknya menolak tawaran yang lebih tinggi pada awal tahun ini, sementara pengguna X lainnya mengatakan bahwa $1,5 juta untuk sebuah CryptoPunk pada tahun 2024 adalah “gila”.

Sementara itu, seorang anggota komunitas berpikir bahwa pemiliknya melakukan cuci gudang. Pengguna X percaya bahwa sebagian besar penjualan NFT adalah “orang dalam yang mencoba menciptakan semacam hype”.

Wash trade dilakukan untuk menipu pelaku pasar tentang harga atau likuiditas aset. Ini terjadi ketika seorang pedagang membeli dan menjual aset yang sama. Pada Oktober 2021, CryptoPunk #9998 terjual hampir $500 juta.

Namun, data menunjukkan bahwa penjual mengembalikan ETH kepada pembeli untuk membayar pinjaman kilat.

Baca juga: HV-MTL dan Mara NFT Melambungkan Rebel Skies ke Langit!

CryptoPunks Turun Nilainya di Tengah Kemerosotan Pasar

Pada 19 Agustus 2024, CryptoPunk #5822 berganti pemilik. Pemilik sebelumnya memposting di X bahwa ini adalah “akhir dari sebuah era”, karena data onchain menunjukkan bahwa NFT telah ditransfer ke dompet yang berbeda.

Investor NFT tidak mengungkapkan detail penjualannya, membuat komunitas berasumsi bahwa itu dijual dengan kerugian.

Pada bulan Agustus, NFT memiliki kinerja penjualan bulanan terendah pada tahun 2024, turun di bawah $ 400 juta untuk pertama kalinya tahun ini.

Data NFT menunjukkan bahwa barang koleksi digital turun 76% dibandingkan dengan rekor volume penjualan bulanan tertingginya pada tahun 2024.

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDRETH/IDRSOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->