ETF Bitcoin Catat Inflow $28,6 Juta, CIO Bitwise Soroti Pencapaian Penting untuk Instrumen Ini!

Updated
September 11, 2024
Gambar ETF Bitcoin Catat Inflow $28,6 Juta, CIO Bitwise Soroti Pencapaian Penting untuk Instrumen Ini!

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari Coingape, dana ETF Bitcoin kembali menunjukkan performa positif setelah mengalami dua minggu berturut-turut arus keluar bersih, dengan total lebih dari $1,2 miliar meninggalkan instrumen ini.

Perkembangan ini sempat berkontribusi pada penurunan harga Bitcoin di bawah $54.000 selama periode tersebut. Namun, BTC telah pulih bersamaan dengan ETF Bitcoin ini dan naik hingga $58.000 dalam 24 jam terakhir (10/9/24).

Di tengah sentimen beragam terhadap ETF Bitcoin ini, CIO Bitwise Matt Hougan telah membela instrumen ini, menyatakan bahwa penasihat investasi secara besar-besaran mengadopsi dana ini.

Arus Masuk Bersih Dana ETF Bitcoin di Tengah Pergeseran Sentimen Pasar

Sumber: Farside Investors

Baca juga: Metaplanet Inc Kembali Borong Bitcoin Senilai Rp30,8 Miliar Seiring Melemahnya Yen Jepang!

Menurut data Farside Investors, total arus masuk ke ETF Bitcoin spot pada hari Senin, 9 September 2024, mencapai $28,6 juta, dengan FBTC Fidelity mencatat arus masuk $28,6 juta dan BITB Bitwise mencatat arus masuk $22,0 miliar.

Di sisi lain, GBTC Grayscale mencatat arus keluar $22,8 juta, dengan IBIT BlackRock mencatat arus keluar $9,1 juta.

Arus masuk kemarin memberikan kelegaan besar setelah serangkaian arus keluar dalam dua minggu terakhir. Beberapa pihak di industri kripto juga mulai mengatakan bahwa ETF BTC telah mulai kehilangan momentum di tengah penurunan sentimen pasar Bitcoin.

Optimisme ETF Bitcoin

Pelaku industri terkemuka telah menyatakan dukungan mereka terhadap ETF Bitcoin, termasuk analis Bloomberg, Eric Balchunas, yang menyatakan bahwa ia terus optimis terhadap ETF BTC, menambahkan bahwa arus keluar $1,2 miliar kecil dibandingkan dengan AUM $46 miliar dari ETF tersebut.

Ia mengatakan bahwa ini adalah bagian dari permainan dan arus keluar tidak cukup besar untuk menjadi perhatian utama.

Perlu disebutkan bahwa meskipun ada arus keluar ini, ETF ini telah menyaksikan total arus masuk bersih sebesar $16,92 miliar sejak diluncurkan pada bulan Januari.

CIO Bitwise Soroti Pencapaian Penting untuk ETF Bitcoin

Jim Bianco dari Bianco Research minggu lalu menyatakan pendapatnya bahwa ETF Bitcoin kehilangan momentum di antara penasihat kekayaan investasi dan bahwa adopsi mereka sangat “kecil,” sehingga meremehkan produk investasi tersebut.

Baca juga: ETF Bitcoin Mencapai Tonggak Sejarah dengan Lebih dari 1.000 Investor Institusional!

Menyanggah hal ini, CIO Bitwise Matt Hougan menambahkan bahwa ETF Bitcoin mengalami tingkat adopsi yang lebih cepat di antara penasihat investasi daripada ETF baru lainnya dalam sejarah.

Mengambil contoh IBIT BlackRock, Hougan menyatakan bahwa ETF ini telah menarik arus masuk bersih sebesar $1,45 miliar dari penasihat investasi. Ini menjadikannya ETF dengan pertumbuhan tercepat kedua yang diluncurkan tahun ini, tidak termasuk ETF Bitcoin lainnya.

Hougan juga membandingkan ini dengan ETF KLMT, yang diberi modal awal sebesar $2 miliar dari satu investor tetapi hanya sedikit menarik partisipasi penasihat investasi.

Dengan demikian, CIO Bitwise menekankan bahwa meskipun manajer investasi mungkin mewakili sebagian kecil dari pembeli ETF Bitcoin secara keseluruhan, adopsi mereka terhadap produk ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Secara keseluruhan, meskipun mengalami beberapa minggu yang menantang, ETF Bitcoin menunjukkan tanda-tanda pemulihan dan terus menarik minat dari investor, termasuk penasihat investasi.

Dengan adopsi yang terus meningkat dan kinerja yang positif, ETF Bitcoin tampaknya siap untuk memainkan peran penting dalam lanskap investasi kripto di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->