Permintaan DeFi Melonjak, Volume Stablecoin Ethereum Mencapai Rekor hingga $1,46 Triliun!

Updated
September 12, 2024
Gambar Permintaan DeFi Melonjak, Volume Stablecoin Ethereum Mencapai Rekor hingga $1,46 Triliun!

Jakarta, Pintu News – Volume stablecoin on-chain Ethereum baru-baru ini telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa, yakni sebesar $1,46 triliun, sebuah prestasi yang mengesankan mengingat kondisi pasar yang lebih luas.

Volume stablecoin meningkat lebih dari dua kali lipat dari $650 miliar pada awal tahun.

Volume Stablecoin Ethereum: DAI, USDT, USDC

Menurut laporan, stablecoin yang mencatat volume tertinggi adalah DAI milik MakerDAO, dengan volume transaksi sebesar $962,32 miliar. Lonjakan volume transaksi DAI diduga disebabkan oleh meningkatnya minat investor terhadap keuangan terdesentralisasi .

Lebih lanjut, analisis juga berspekulasi bahwa minat yang meningkat terhadap DAI bisa mengindikasikan peningkatan kepercayaan terhadap stablecoin algoritmis.

Baca juga: Jaringan Ethereum Tumbuh Pesat dengan 126.210 Dompet Baru, Harga ETH Bersiap untuk Melambung?

Sumber: The Block

Sementara itu, Tether dan Circle mengikuti di posisi berikutnya dengan volume masing-masing sebesar $265,84 miliar dan $209,98 miliar. Menurut data yang sama, USDT dan USDC masih memegang kekuatan signifikan di pasar, dan infrastruktur mereka berkontribusi terhadap kemajuan DeFi.

Kedua stablecoin tersebut diduga tetap berkinerja lebih baik daripada DAI dalam volume stablecoin yang difilter di jaringan Ethereum. Angka-angka ini diperkirakan menunjukkan adanya transfer besar atau aktivitas wash trading.

Pertumbuhan signifikan PYUSD dari PayPal

Meskipun PYUSD tidak termasuk dalam lima besar stablecoin yang berkontribusi pada volume transaksi tinggi di jaringan Ethereum, stablecoin ini mencatat pertumbuhan yang signifikan sejak diluncurkan.

Data on-chain menunjukkan bahwa volume PYUSD meningkat dari $500 juta menjadi sekitar $2,4 miliar.

PayPal telah menjalin kemitraan strategis dengan berbagai perusahaan untuk memastikan kesuksesan stablecoin ini. Pada bulan Agustus, perusahaan memperkenalkan program hadiah PYUSD bekerja sama dengan Anchorage Digital.

Sistem hadiah ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh keuntungan tanpa harus meminjamkan, melakukan staking, atau menggunakan ulang aset.

“Inovator kripto ingin memanfaatkan dana kas mereka, tetapi tidak dapat mengorbankan keamanan atau aksesibilitas aset. Itulah mengapa Anchorage Digital bangga bekerja sama dengan PayPal…” Nathan McCauley, CEO dan Co-Founder Anchorage Digital.

Pada 11 September 2024, volume perdagangan 24 jam stablecoin ini mencapai $30,546 juta, meningkat sekitar 10% dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Bitcoin Bakal Meroket ke Rp1,2 Miliar? Analisis Pasar Mengungkap Potensi Kenaikan Besar!

Stablecoin Tetap Menjadi Sumber Kehidupan DeFi

Newsletter dari The Block’s Insights mengungkapkan bahwa peningkatan penggunaan stablecoin dapat menunjukkan ekosistem yang semakin matang.

Menurut data tersebut, peningkatan volume transaksi juga dapat mengindikasikan likuiditas yang lebih dalam, slippage yang lebih sedikit, serta efisiensi pasar yang lebih baik.

Dalam konteks DeFi, fungsi stablecoin dan pasar yang sehat sangat penting untuk mendukung aktivitas seperti pinjaman, yield farming, liquidity pools, dan lainnya. Oleh karena itu, lonjakan volume transaksi dan penggunaan stablecoin dapat menjadi indikasi ekosistem DeFi yang lebih sehat.

Spekulasi dari The Block sejalan dengan keyakinan Paxos tentang kontribusi stablecoin terhadap pasar DeFi. Dalam sebuah blog yang diterbitkan pada bulan Juni, Paxos menjelaskan beberapa keuntungan yang dimiliki stablecoin dalam ekosistem DeFi, termasuk mengurangi volatilitas harga, pelaksanaan smart contract yang lebih akurat, penyimpanan nilai, dan masih banyak lagi.

Namun, newsletter tersebut menjelaskan bahwa meskipun koin seperti USDT dan USDC tetap dominan, stablecoin-stablecoin baru mulai menciptakan persaingan. Data menunjukkan adanya inovasi yang lebih besar dalam industri stablecoin, yang meningkatkan model bisnis, desain, tata kelola, dan berbagai kasus penggunaan.

Inovasi ini berpotensi memperkaya ekosistem DeFi dengan menghadirkan alternatif yang lebih beragam dan memperkuat daya saing di pasar stablecoin, yang pada akhirnya dapat menguntungkan pengguna dengan lebih banyak pilihan serta peningkatan efisiensi dan keamanan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->