Bitcoin Siap Meroket: Data On-Chain Tunjukkan Bull Run Segera Dimulai!

Updated
September 12, 2024
Gambar Bitcoin Siap Meroket: Data On-Chain Tunjukkan Bull Run Segera Dimulai!

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari Coingape (11/9/24), cadangan Bitcoin di bursa kripto terus menurun, sebuah tren yang sering diasosiasikan oleh para analis pasar dengan potensi kenaikan harga aset.

Karena semakin banyak investor yang memindahkan kepemilikan Bitcoin mereka dari bursa ke cold storage, pasokan yang tersedia di pasar terbuka berkurang.

Secara historis, pergerakan cadangan Bitcoin seperti itu telah dikaitkan dengan kenaikan harga berikutnya, meningkatkan ekspektasi untuk skenario serupa dalam waktu dekat.

Cadangan Bitcoin Menurun di Tengah Dampak IHK pada Harga BTC

Menurut data dari CryptoQuant pada 11 September 2024, sebuah firma analisis blockchain terkemuka, cadangan Bitcoin di bursa telah menyusut selama beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Outflow Bitcoin Mencapai $750 Juta: Apakah Kenaikan Harga akan Segera Datang?

Tren ini menunjukkan penurunan tekanan jual karena semakin banyak investor yang memindahkan aset mereka ke dalam cold storage, sehingga tidak dapat diperjualbelikan.

Sementara itu, cadangan Stablecoin di bursa terus meningkat. Saldo Stablecoin mewakili modal yang tersedia bagi investor yang ingin melakukan pembelian pada waktu yang tepat.

Meningkatnya jumlah mata uang yang didukung kripto di bursa menunjukkan bahwa para pedagang bersiap untuk menggunakan modal ini begitu kondisi pasar tampak menguntungkan.

Pada saat yang sama, data Indeks Harga Konsumen (IHK) AS yang baru saja dirilis menunjukkan bahwa inflasi turun menjadi 2,5% di bulan Agustus, jauh di bawah prediksi pasar. Angka inflasi yang diawasi dengan ketat ini adalah faktor kunci yang dipertimbangkan oleh Federal Reserve AS ketika menentukan keputusan suku bunga kebijakan di masa depan.

Prediksi Bitcoin dari Analis Crypto

Meskipun ada sedikit penurunan hari ini, analis Van de Poppe melihat ini sebagai koreksi normal sebelum CPI diumumkan. Dia mengantisipasi reli jika Bitcoin bertahan di sekitar $55 ribu hingga $56 ribu.

Para analis memperkirakan bahwa CPI m/m tidak akan berubah pada 0,2%, sementara CPI y/y diperkirakan sebesar 2,5%. Angka ini sedikit lebih rendah dari 2,9% di bulan lalu.

Van de Poppe berbicara di platform X setelah data CPI menunjukkan bahwa Bitcoin bertahan dengan baik. Dia menyatakan keyakinannya dengan menyatakan,

“Ini dia, pengujian ulang area krusial dan #Bitcoin bertahan dengan baik. Penembusan di atas $57K menunjukkan kelanjutan yang kuat dan solid di $60-61K.”

Ketidakseimbangan Pasokan-Permintaan di Tengah Prediksi Harga $100K

Kombinasi penurunan cadangan Bitcoin dan peningkatan cadangan Stablecoin menciptakan ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan.

Baca juga: Widih! Trader Kripto Ini Raup Rp37 Miliar dari Kenaikan 10x Token TURBO

Dengan semakin sedikitnya token Bitcoin yang tersedia untuk dijual dan semakin banyaknya daya beli yang terakumulasi, dinamika pasar dapat mendukung pergerakan naik. Secara historis, ketidakseimbangan penawaran-permintaan seperti ini telah diikuti oleh kenaikan harga yang tajam.

Selain itu, konvergensi beberapa faktor menunjukkan bahwa harga Bitcoin dapat mencapai $100 ribu. Siklus Mars-Vesta, yang secara akurat memprediksi puncak dan dasar pasar, menunjukkan puncaknya sekitar bulan Oktober 2025.

Pada saat yang sama, meningkatnya minat terhadap Bitcoin dari investor institusional, yang didorong oleh persetujuan dan pandangan optimis para analis terhadap ETF Bitcoin, menambah sentimen bullish. Peristiwa makroekonomi utama, seperti penurunan suku bunga yang diantisipasi oleh Federal Reserve AS dapat lebih jauh memengaruhi volatilitas pasar.

Dengan siklus empat tahunan Bitcoin yang selaras dengan tren historis, para analis setuju bahwa BTC dapat melampaui $100 ribu antara akhir 2024 dan 2026.

Menurut prediksi harga Bitcoin laman CoinGape, bulan September dapat melihat harga BTC naik 24,8% menjadi $68,432.7 pada akhir bulan. Lebih dari itu, analisis tersebut memprediksi BTC dapat menembus level tertinggi saat ini pada pertengahan 2025.

Pada saat artikel ini ditulis (12/0/24), harga BTC adalah $58,283, mencerminkan sedikit kenaikan sebesar 3,22% selama 24 jam terakhir.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->