Grayscale Luncurkan XRP Trust di AS, Apakah ETF Ripple akan Segera Hadir?

Updated
September 14, 2024
Gambar Grayscale Luncurkan XRP Trust di AS, Apakah ETF Ripple akan Segera Hadir?

Jakarta, Pintu News – Grayscale, manajer aset kripto terkemuka di dunia, telah meluncurkan kepercayaan XRP di AS, yang bertujuan untuk menawarkan eksposur langsung kepada investor terakreditasi ke token XRP Ripple, menurut siaran pers pada hari Kamis (12/9/24).

Grayscale Luncurkan XRP Trust Pertama di AS

Berdasarkan siaran pers baru-baru ini, Grayscale, manajer aset kripto terkemuka, telah meluncurkan XRP Trust pertama di Amerika Serikat, yang memberikan akses bagi investor institusional untuk mendapatkan eksposur langsung terhadap token XRP milik Ripple.

Baca juga: Harga Bitcoin Naik 4,50% dan Tembus $60.000 Hari Ini (14/9/24), Apa Alasannya?

Lebih lanjut, Trust ini diluncurkan saat harga XRP naik 8% menjadi $0,57, menandakan optimisme pasar terhadap perkembangan ini.

“Kami percaya Grayscale XRP Trust memberikan investor paparan protokol dengan kasus penggunaan dunia nyata yang penting,” kata Kepala Produk & Riset Grayscale, Rayhaneh Sharif-Askary.

“Dengan memfasilitasi pembayaran lintas batas yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk diselesaikan, XRP memiliki potensi untuk mengubah infrastruktur keuangan lama.”

Fitur utama dari XRP Trust adalah kemampuannya untuk menawarkan eksposur kepada XRP, token yang digunakan untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas dengan cepat, yang diyakini dapat mengubah infrastruktur keuangan tradisional.

Potensi Transformasi XRP Trust Menjadi ETF

Meskipun saat ini XRP Trust adalah produk trust tertutup, ada potensi untuk diubah menjadi ETF (Exchange-Traded Fund) dengan persetujuan regulator.

Grayscale telah berhasil mengubah produk trust Bitcoin (GBTC) dan Ethereum (ETHE) mereka menjadi ETF pada awal tahun ini, sehingga kemungkinan besar XRP Trust juga bisa mengikuti jejak ini.

Lebih lanjut, Rayhaneh Sharif-Askary, Kepala Produk & Penelitian Grayscale, menyatakan bahwa Trust ini memberikan eksposur ke aset kripto dengan kasus penggunaan nyata yang penting, terutama dalam hal efisiensi pembayaran lintas batas.

Jika regulasi mendukung, Trust ini bisa berkembang menjadi ETF XRP pertama di AS.

Baca juga: XRP Berisiko Turun ke $0,5 di Tengah Tuduhan ‘Penipuan’ Ripple? Ini Analisis September 2024

Peluncuran XRP Trust di Tengah Pertarungan Hukum Ripple

ripple-vs-sec-harga-terbaru-melonjak

Peluncuran ini datang di tengah pertempuran hukum Ripple dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Meskipun XRP sempat dianggap sebagai sekuritas dalam beberapa transaksi, pengadilan memutuskan bahwa penjualan XRP ke investor ritel melalui bursa tidak dianggap sebagai sekuritas. Hal ini membuka jalan bagi produk keuangan seperti XRP Trust untuk diluncurkan di AS.

Secara keseluruhan, dengan peluncuran XRP Trust, Grayscale kembali memperluas akses investor ke salah satu aset kripto teratas. Potensi transformasi Trust ini menjadi ETF semakin mendekat, menandai langkah maju dalam adopsi institusional XRP di Amerika Serikat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoSlate

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->