Hati-hati! SEC Menuntut 3 Orang dan 5 Perusahaan atas Penipuan “Pig Butchering”

Updated
September 18, 2024
Gambar Hati-hati! SEC Menuntut 3 Orang dan 5 Perusahaan atas Penipuan “Pig Butchering”

Jakarta, Pintu News – SEC telah mengajukan gugatan terhadap tiga individu dan lima perusahaan yang diduga menjalankan penipuan “pig butchering” – jenis penipuan investasi yang melibatkan kepercayaan di mana penipu berteman dengan korban melalui aplikasi media sosial berbasis teks, mendapatkan kepercayaan mereka, dan meyakinkan mereka untuk menginvestasikan sejumlah besar uang dalam platform kripto fiktif sebelum mencuri dana mereka dan menghilang.

Ini adalah tindakan penegakan pertama dari SEC yang menuduh jenis penipuan kripto ini, dan muncul satu hari sebelum Komite Jasa Keuangan DPR AS akan mengadakan dengar pendapat tentang penipuan “pig butchering”.

“Penipuan investasi hubungan, termasuk yang melibatkan investasi aset kripto, menimbulkan risiko kerugian besar bagi investor ritel, dan ancamannya meningkat pesat karena penipuan ini menjadi lebih populer di kalangan penipu,” kata Gurbir S. Grewal, Direktur Divisi Penegakan SEC dalam sebuah pernyataan pers. “Dalam dua kasus ini, kami menuduh bahwa penipu menciptakan ekosistem kripto palsu yang menampilkan informasi palsu kepada investor. Tuduhan kami berfungsi sebagai pengingat bagi publik untuk lebih waspada terhadap potensi penipuan yang melibatkan peluang investasi yang dipromosikan oleh orang asing di media sosial.”

Gugatan Terhadap NanoBit

akun twitter sec dihack
Sumber: The Block

Gugatan SEC terhadap platform perdagangan kripto yang diduga NanoBit menuduh bahwa peserta dalam skema tersebut – termasuk tiga penduduk AS yang disebutkan dalam gugatan, Jiajie Liu (28 tahun) dari Los Angeles, California, Fei Liao (29 tahun) dari San Gabriel, California, dan Hua Zhao (26 tahun) dari Flushing, New York – terlibat dalam skema terkoordinasi untuk menipu setidaknya 18 investor dengan hampir $1 juta dalam aset kripto dan mata uang fiat.

Liao, Zhao, dan Liu diduga berpura-pura menjadi profesional industri keuangan di grup WhatsApp dan membujuk calon investor untuk memasukkan uang mereka ke platform NanoBit. Meskipun platform tersebut tampaknya menunjukkan kepada investor bahwa aset mereka menghasilkan uang, ketika mereka mencoba menarik, mereka tidak dapat – dan para penipu menghilang.

Baca Juga: Bhutan Mengguncang Dunia Kripto: Pegang Bitcoin 2 Kali Lipat Lebih Banyak dari El Salvador!

Gugatan Terhadap CoinW6

Gugatan SEC lainnya yang diajukan pada hari Selasa, terhadap platform perdagangan kripto palsu lainnya yang disebut sebagai CoinW6, menuduh bahwa peserta yang tidak disebutkan namanya dalam skema tersebut menipu setidaknya 11 investor sebesar $2,2 juta antara Juli 2022 dan Desember 2023.

Alih-alih berpura-pura menjadi profesional keuangan, peserta skema dalam skema CoinW6 diduga menyamar sebagai “profesional muda yang menarik” yang berpura-pura menemukan profil media sosial korban sebelum mencoba menjalin hubungan romantis dengan mereka.

Seperti yang terjadi dalam banyak operasi “pig butchering”, penipu CoinW6 diduga menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk mengembangkan hubungan romantis melalui teks sebelum menyebutkan cryptocurrency. Setelah mendapatkan kepercayaan korban, yang pada titik ini percaya bahwa hubungan romantis mereka asli, para penipu akan memperkenalkan ide untuk berinvestasi di CoinW6.

Waspada Terhadap Penipuan “Pig Butchering”

kerugian investasi crypto fbi
Sumber: Bleeping Computer

Laporan FBI baru-baru ini menemukan bahwa investor kehilangan rekor $5,6 miliar karena penipuan kripto tahun lalu, $4 miliar di antaranya hilang karena penipuan investasi, termasuk penipuan “pig butchering”.

Penipuan “pig butchering” dapat sangat merugikan korban, baik secara finansial maupun emosional. Jika Anda didekati oleh seseorang di media sosial yang menawarkan peluang investasi, penting untuk berhati-hati dan melakukan riset sebelum menginvestasikan uang.

Berikut adalah beberapa tanda bahaya penipuan “pig butchering”:

  • Orang tersebut mengaku sebagai profesional keuangan tetapi tidak memiliki kredensial yang dapat diverifikasi.
  • Mereka menjanjikan pengembalian investasi yang tinggi dan bebas risiko.
  • Mereka mendesak Anda untuk menginvestasikan uang dengan cepat.
  • Mereka menolak untuk menjawab pertanyaan tentang investasi.

Jika kamu melihat salah satu dari tanda bahaya ini, yang terbaik adalah menjauh dari investasi. Kamu juga dapat melaporkan penipuan yang dicurigai ke SEC atau FBI.

Baca Juga: Para Whale Dogecoin Kumpulkan 400 Juta DOGE, Harga DOGE Siap Meledak September 2024?

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi, dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDR, ETH/IDR, SOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

Referensi

Topik
#SEC
Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->