9 Bulan Lesu, Kini Bitcoin Keluar dari Fear Index! Siap-siap Masuk Fase Greedy?

Updated
January 16, 2023
Gambar 9 Bulan Lesu, Kini Bitcoin Keluar dari Fear Index! Siap-siap Masuk Fase Greedy?

Berdasarkan data dari laman Fear and Greed Bitcoin Index disebutkan bahwa Bitcoin berhasil memasuki wilayah netral selama akhir pekan lalu setelah berada di fase fear selama 9 bulan lamanya. Pada 15 Januari 2023, indeks Bitcoin mencapai level netral di angka 52 yang merupakan level tertinggi sejak 5 April 2022 yang lalu.

Mengapa indeks Bitcoin bisa mencapai level netral di awal tahun 2023 ini? Simak jawabannya seperti dilansir laman Cointelegraph berikut ini.

Bitcoin Naik 24% Mendorong Indeks Bitcoin ke Posisi Netral!

Bitcoin Naik 24% Mendorong Indeks Bitcoin ke Posisi Netral!

@BitcoinFear

Pergerakan indeks Bitcoin ini terjadi karena adanya kenaikan harga Bitcoin sebesar 24% selama 7 hari terakhir. Fear and greed index Bitcoin faktanya mencapai titik terendah sejak bulan Juni 2022 dan memasuki kategori extreme fear. Indeks tersebut menandai ketakutan ekstrem terpanjang yang pernah terjadi terjadi pada pertengahan tahun 2022.

Baca Juga: 4 Tokoh Terkenal Prediksi Harga Bitcoin 2023-2025: Bisa Capai $250.000?

Angka fear and greed index Bitcoin ini dihasilkan berdasarkan gerakan dan sentimen dari berbagai sumber termasuk volatilitas harga, momentum dan volume pasar, media sosial, dan data tren Google.

Data dari sumber-sumber ini kemudian digunakan untuk menghasilkan angka tertentu untuk menggambarkan kondisi emosional terkait pasar BTC dan crypto. Indeks ini terdiri dari 5 kategori yang berbeda, mulai dari extreme fear, fear, neutral, greed, dan extreme fear. Indeks extreme greed faktanya terakhir terlihat pada bulan Oktober 2021.

Akankah Bitcoin Memasuki Fase Greed dalam Waktu Dekat?

Pada saat penulisan, indeks Bitcoin telah turun kembali ke angka 45 sehingga menempatkannya kembali ke dalam kategori fear. Indeks ini menunjukkan bahwa pasar Bitcoin masih belum sepenuhnya menguat. Meskipun demikian, harga Bitcoin berhasil naik 28% sejak awal tahun 2023 ini.

Momentum masif tersebut telah menciptakan pergerakan besar pada indikator teknikal seperti RSI (relative strength index), yang telah mencapai level tertingginya selama 4 tahun pada timeframe harian. Angka RSI yang tinggi dapat menunjukkan bahwa suatu aset overbought dan koreksi akan terjadi.

Dalam waktu 2 minggu pertama tahun 2023, harga Bitcoin (BTC) menunjukkan kenaikan yang signifikan. Dilansir dari Cointelegraph, ada beberapa hal dan peristiwa yang mendukung kenaikan harga BTC dalam seminggu terakhir.

Kira-kira mengapa BTC bisa mengalami kenaikan harga signifikan? Simak informasi selengkapnya mengenai Faktor Utama yang Mendorong Harga Bitcoin di sini.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->