Lagi Ramai, Bagaimana Cara Membuat Avatar Metaverse?

Updated
March 31, 2023
Gambar Lagi Ramai, Bagaimana Cara Membuat Avatar Metaverse?

Tahukah kamu, apa itu Metaverse? Di era sekarang, banyak selebriti hingga perusahaan ternama yang menggunakan Avatar Metaverse, salah satunya adalah Pemerintahan Kolombia yang selenggarakan sidang di Metaverse Meta Horizon Workrooms.

Semua yang hadir pada sidang tersebut wajib menggunakan headset virtual dan avatar yang mengidentifikasi diri mereka masing-masing. Menurut Decrypt, itu adalah kali eprtamanya pemerintahan Kolombia melakukan sidang di Metaverse dan berjalan dengan lancar.

Sebenarnya, apa itu Avatar Metaverse? dan bagaimana cara membuat Avatar Metaverse? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Avatar Metaverse?

apa itu avatar metaverse
Sumber: Freepik Premium License

Sebelum mengetahui pengertian Avatar Metaverse, ketahui dulu pengertian Avatar itu sendiri!

Avatar adalah representasi online pengguna internet, bisa juga disebut gambaran identitas digital. Foto profil merupakan salah satu identitas digital versi 2 dimensi. Sedangkan model 3 dimensi digambarkan dalam bentuk avatar.

Dengan avatar, para pengguna bisa melakukan kustomisasi baik itu warna kulit, wajah, rambut, sampai pakaian agar sesuai dengan diri sendiri.

Lalu, apa itu Avatar Metaverse?

Avatar Metaverse adalah replikasi pengguna internet di Metaverse, dunia internet. Beda avatar biasa dibanding dengan Metaverse adalah dari cara pemakaiannya.

Untuk avatar biasa hanya digunakan di platform tertentu, sifatnya terbatas. Sedangkan avatar Metaverse berarti identitas digital yang bisa dipakai di seluruh ‚Äėalam semesta‚Äô internet.

Selain itu, pengguna juga bisa mendesain avatar Metaverse-nya secara lebih fleksibel. Bisa disetting menjadi sangat realistis. Tidak sebatas anggukan atau gerakan sederhana lain, akan tetapi sifatnya jauh lebih kompleks.

Avatar Metaverse buatan Meta ini bekerja dengan AI, kecerdasan buatan yang saat ini sedang berkembang. Perusahaan tersebut memang fokus melatih AI buatannya menggunakan model studi secara realistis.

Baca Juga: Gucci Gandeng Perusahaan Dibalik BAYC untuk Perluas Pengalaman Metaverse

Fungsi Avatar Metaverse

fungsi avatar metaverse
Sumber: Road to VR

Mengapa avatar Metaverse perlu dibuat? Untuk menjawabnya, simak fungsi avatar Metaverse berikut ini!

1. Membantu Membuat Konten Menarik

Konten kreator menjadi salah satu pekerjaan yang menarik dan menjanjikan untuk saat ini. Pengguna bisa memanfaatkan avatar buatan sendiri sebagai bahan untuk membuat konten. Avatar Metaverse yang telah dibuat dapat berperan sebagai influencer yang sangat menarik.

Contohnya Kizuna AI, 3D Avatar yang berperan sebagai influencer dan mendulang banyak penggemar. Avatar 3D ini dibuat dengan gerakan dan setting ‚Äėkepribadian‚Äô yang khas layaknya manusia.

Kreator tetap berkreasi dimana figur yang tampil adalah avatar buatannya. Tentunya hal ini cocok bagi yang kurang suka tampil di depan kamera, tetapi ingin menjadi influencer.

2. Menghindari Zoom Fatigue

Meeting daring dengan Zoom yang terus-menerus akan membuat pengguna terkena Zoom Fatigue. Kondisi tersebut bisa berakibat pada kejenuhan dan stress yang mengganggu. Hadirnya avatar Metaverse bisa membantu menghindari Zoom Fatigue.

Dunia Metaverse menyediakan lingkup yang mirip layaknya situasi nyata, walaupun dilakukan secara virtual. Pengguna bisa kustomisasi avatar secara bebas dalam meeting tersebut.

3. Fungsi Bagi Bisnis

Avatar Metaverse juga menghadirkan banyak fungsi di dunia bisnis. Mengingat bisa diintegrasikan dengan berbagai macam aplikasi. Untuk fungsi avatar bagi bisnis diantaranya:

  • Hemat biaya operasional, dimana integrasi avatar dengan algoritma sistem bisa membantu pelayanan secara cepat, dan murah.
  • Avatar Metaverse bisa dipakai untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara cepat, cocok untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
  • Bisa membuat algoritma spesifik untuk mempelajari perilaku konsumen. Cara kerjanya dengan mempelajari pola jawaban atau pertanyaan yang diberikan para konsumen.

Baca Juga: Charles & Keith Luncurkan ‚ÄėCHARLESKEITHHAUS‚Äô di Metaverse Mulai 13 Maret 2023!

Cara Membuat Avatar Metaverse

Bagaimana cara membuat avatar Metaverse? Jawabannya adalah tidak. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat avatar Metaverse:

  • Mulailah dengan buka website Readyplayer.me. Website ini bisa diakses melalui perangkat laptop atau Hp, tanpa perlu install aplikasi. Ketikkan Readyplayer.me pada peramban, akan muncul tampilan seperti ini.
cara membuat metaverse
  • Untuk membuat avatar, langsung klik pilihan Create Avatar, tunggu sampai loading selesai. Terdapat tiga pilihan tiga buah tipe body, klik sesuai keinginan dan tunggu tampilan berikutnya.
langkah-langkah membuat avatar metaverse
  • Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Pilihannya ada dua, yakni pick a file untuk menambahkan gambar sesuai keinginan.

Ada juga continue without a photo jika tidak ingin menggunakan foto pribadi. Untuk contoh berikut menggunakan opsi continue without a photo.

tips membuat avatar metaverse
  • Ketika memilih continue without a photo, akan muncul opsi ragam tipe wajah yang bisa dipilih sesuai keinginan. Klik yang kamu sukai, tekan tombol next untuk langkah berikutnya
tools untuk membuat avatar metaverse
  • Langkah berikutnya, kustomisasi berbagai macam atribut avatar. Mulai dari rambut, warna kulit, mata, hidung, bibir, dan sebagainya. Klik kustomisasi yang kalian inginkan, tekan Next/Enter Hub untuk lanjut ke fase berikutnya.
cara membuat avatar metaverse dengan mudah
  • Avatar sesuai keinginanmu sudah selesai, saatnya koneksikan ke berbagai fitur Metaverse.
tahap membuat avatar metaverse
  • Contohnya dihubungkan ke layanan VRChat. Klik menu Connect Avatar tinggal klik opsi VRCHat seperti di gambar berikut.
vrchat dan avatar metaverse
bagaimana membuat avatar metaverse
  • Isi email dan setting kata sandi untuk lanjut ke proses berikutnya. Unduh aplikasi VRChat untuk memakai avatar buatanmu ke layanan tersebut.
cara daftar ready player me
  • Jika dirasa tampilan avatarmu kurang menarik, bisa diedit lagi. Caranya tinggal klik menu Customize Look.
cara kustomisasi avatar metaverse
  • Misalnya ingin mengganti pakaian, riasan, sampai rambut bisa di menu tersebut. Kustomisasikan sesuai keinginan, klik Next untuk melihat hasilnya.
kegunaan avatar metaverse

Membuat avatar sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam platform lainnya. Untuk garis besarnya tiap platform memiliki cara pengoperasian yang sama, para pengguna hanya perlu mengkustomisasi sesuai dengan keinginan.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->