Marathon dan Zero Two Bentuk Operasi Pertambangan Crypto Berkelanjutan di Abu Dhabi

Updated
May 11, 2023
Gambar Marathon dan Zero Two Bentuk Operasi Pertambangan Crypto Berkelanjutan di Abu Dhabi

Marathon Digital, pemimpin dalam industri penambangan crypto, telah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan operasi penambangan Bitcoin skala besar di Abu Dhabi. Operasi ini, yang merupakan kerjasama dengan Zero Two, akan fokus pada penambangan berkelanjutan, menjadikannya langkah signifikan dalam usaha penambangan crypto yang ramah lingkungan.

Marathon Digital dan Zero Two: Kolaborasi untuk Penambangan Berkelanjutan

marathon zero two mining crypto di abu dhabi
Twitter

Menurut cuitan dari akun Twitter MarathonDH (10/5/23), Marathon Digital, dalam kemitraan dengan Zero Two, berencana untuk meluncurkan operasi penambangan Bitcoin skala besar di Abu Dhabi. Kolaborasi ini bertujuan untuk menciptakan operasi penambangan yang berkelanjutan, menggunakan teknologi pendingin perendaman canggih yang efisien dan ramah lingkungan.

Dengan teknologi tersebut, perusahaan berharap dapat mengurangi dampak lingkungan dari penambangan Bitcoin dan membantu mewujudkan visi penambangan crypto yang lebih berkelanjutan.

Diberi nama Abu Dhabi Global Markets JV Entity (ADGM), proyek ini pertama-tama akan mengembangkan dua lokasi pertambangan dengan kapasitas gabungan 250 megawatt (MW) tenaga pertambangan, menurut sebuah siaran pers.

Baca juga: Heboh! Joe Biden Berencana Menaikan Pajak Penambangan Bitcoin Sebesar 30%

Menurut pernyataan pers, lokasi-lokasi tersebut akan didukung oleh kelebihan energi di Abu Dhabi, meningkatkan beban dasar dan keberlanjutan jaringan listrik di ibukota Timur Tengah.

Lebih lanjut, peralatan dan infrastruktur pertambangan yang diperlukan untuk setiap lokasi juga telah dipesan dan pembangunannya saat ini sedang berlangsung.

Penambangan Bitcoin Skala Besar di Abu Dhabi

Operasi penambangan Bitcoin ini akan menjadi salah satu yang terbesar di dunia, dengan rencana untuk penambangan berkelanjutan. Marathon Digital dan Zero Two telah berkomitmen untuk menciptakan operasi penambangan yang efisien dan ramah lingkungan, dalam upaya mereka untuk membantu industri crypto menjadi lebih berkelanjutan.

Berdasarkan laporan Coindesek, Zero Two akan memiliki 80% saham ADGM dan Marathon 20%, dengan kontribusi modal awal sekitar $406 juta atau Rp5,9 triliun yang akan dibagi di antara keduanya berdasarkan proporsi tersebut.

Perusahaan berencana untuk meluncurkan kedua fasilitas penambangan di Abu Dhabi pada tahun 2024, menghasilkan tingkat hash sekitar 7 EH/s.

Langkah yang diambil oleh Marathon Digital dan Zero Two ini menunjukkan komitmen industri crypto terhadap keberlanjutan. Dengan fokus pada penambangan berkelanjutan, perusahaan ini berharap dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dari penambangan crypto.

Tidak hanya itu, proyek ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan visi penambangan crypto yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca juga: Regulasinya Masih Abu-abu, Kazakhstan Raup Rp102 Miliar dari Pajak Penambangan Crypto

Marathon Digital dan Zero Two sedang melakukan langkah berani menuju penambangan crypto yang lebih ‚Äúsehat‚ÄĚ. Dengan rencana operasi penambangan Bitcoin skala besar di Abu Dhabi, mereka membuktikan bahwa penambangan crypto dapat dilakukan dengan cara yang lebih ramah lingkungan.

Proyek ini merupakan tanda positif untuk masa depan penambangan crypto dan potensi industri ini untuk beroperasi dengan cara yang lebih berkelanjutan.


Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->