Alami Penundaan dan Masalah Teknis, Penjualan Koleksi NFT Nike OF1 Meraup Rp19 Miliar!

Updated
May 26, 2023
Gambar Alami Penundaan dan Masalah Teknis, Penjualan Koleksi NFT Nike OF1 Meraup Rp19 Miliar!

Penjualan sepatu sneaker virtual yang sangat dinanti-nanti di platform .SWOOSH Nike menghadapi penundaan berulang kali, membuat beberapa pengguna frustrasi.

Meski begitu, tim dari Nike menyebut perrilisan .SWOOSH sebagai kesuksesan. Pasalnya, platform Web3 .SWOOSH Nike telah merilis koleksi NFT sneaker pertamanya, dan penjualannya tercatat telah melewati angka $1 juta atau setara dengan Rp14 miliar meski dihadapkan pada penundaan berulang dan masalah teknis yang menghambat pengalaman pengguna.

Penjualan NFT Sneaker Nike Raih Rp19 Miliar

Menurut laporan Coindesk (26/5/23), sneaker virtual Nike yang sangat dinanti-nanti ini akhirnya dirilis pada tanggal 15 Mei 2023, sepekan setelah jadwal rilis sebelumnya yaitu 8 Mei 2023.

nike swoosh raup 19 miliar
Twitter

Tahap awal penjualan, yang disebut sebagai ‚ÄúFirst Access‚ÄĚ, dibuka secara eksklusif untuk pengguna tertentu yang telah mendapatkan ‚Äúposter‚ÄĚ. Poster ini berfungsi sebagai tiket akses awal untuk membeli NFT sneaker virtual. Menurut data yang dirilis oleh Nike, terdapat 106,453 poster yang berhasil didistribusikan kepada para anggota awal komunitas .SWOOSH.

Peluncuran awal ini menghasilkan antusiasme yang luar biasa dari komunitas, namun sayangnya pengguna harus dihadapkan pada beberapa masalah teknis yang berakibat pada penundaan.

Sementara itu, penjualan ‚ÄúGeneral Access‚ÄĚ dijadwalkan dimulai pada 24 Mei 2023, dua minggu setelah tanggal penjualan awal yaitu 10 Mei 2023, dengan tujuan untuk menjual semua NFT yang tersisa dari total inventaris 106,453.

Menurut laporan Polygonscan, hingga Kamis sore (25/5/23), lebih dari 66.000 NFT telah terjual. Setiap NFT dihargai $19,82 atau setara dengan Rp296.336, menunjukkan bahwa Nike telah meraup sekitar $1,3 juta atau setara dengan Rp19,4 miliar dari penjualan sejauh ini.

Baca juga: Burn Ghost Games Perkenalkan Lesser Evil, Game Baru Penuh Strategi dan Hadiah Menarik!

Meskipun terlihat seperti angka yang fantastis, namun update dari tim Nike mengisyaratkan bahwa penjualan koleksi ini berjalan lebih lambat dari yang diharapkan, karena perilisan sepatu kets fisik Nike yang populer sering kali terjual habis dalam hitungan menit, lebih dari sepertiga dari OF1 NFT masih tersedia untuk dibeli.

Masalah Teknis dan Penundaan yang Dihadapi Nike

Saat penjualan ‚ÄúFirst Access‚ÄĚ akhirnya dimulai pada 15 Mei 2023, peluncuran tersebut dipenuhi dengan penundaan berulang, mengindikasikan suasana peluncuran NFT yang tidak lancar.

Pada 7 Mei 2023, .SWOOSH mengumumkan melalui sebuah cuitan yang berisikan bahwa platform ini membutuhkan beberapa hari lagi untuk ‚Äúmenyempurnakan‚ÄĚ peluncurannya dan menciptakan pengalaman yang ‚Äúseamless‚ÄĚ.

Namun, ketika penjualan ‚ÄúFirst Access‚ÄĚ dimulai, situs web sering kali crash, mengakibatkan pengalaman minting yang tidak merata yang berlangsung beberapa jam. Beberapa pengguna mengekspresikan kekecewaan mereka terhadap pengalaman yang tidak lancar ini, mengingat keahlian Nike dalam merilis koleksi terbatas ke publik.

Pada tanggal 16 Mei 2023, Nike kembali memperpanjang penjualan ‚ÄúFirst Access‚ÄĚ karena masalah teknis, yang akhirnya menunda penjualan ‚ÄúGeneral Access‚ÄĚ, menyebabkan penundaan kedua.

Pada tanggal 17 Mei 2023, Nike mengatakan bahwa masih ada lebih dari 85.000 kotak OF1 yang tersisa, dan pada 22 Mei 2023, jumlah itu masih berkisar di sekitar 83,000, meskipun ada banyak pengguna yang menunggu dengan sabar untuk membeli NFT mereka.

Baca juga: Hore! Koleksi NFT Star Wars yang Dibandrol Rp500 Ribu Resmi Diluncurkan

Penjualan General Access lalu dimulai pada 24 Mei 2023, meskipun situs tersebut kembali mengalami penundaan pemrosesan. Beberapa pengguna bahkan melaporkan ditagih untuk OF1 NFT meskipun tidak menerimanya.

Sebagai tanggapan, .SWOOSH mengatakan bahwa mereka ‚Äúmengalami kesalahan tak terduga yang menghambat proses pencetakan‚ÄĚ yang ‚Äújuga memblokir pembelian tambahan.‚ÄĚ

nike swoosh raup 19 miliar
Twitter

Pada tanggal 25 Mei 2023, Nike mengumumkan bahwa lebih dari 55.000 kotak OF1 telah terjual kepada lebih dari 30.000 pembeli unik dan memuji penjualan tersebut sebagai sebuah kesuksesan.

Baca juga: Pencinta Game Wajib Kumpul! Illuvium Perkenalkan Game NFT Unik dengan Visual 3D

Meskipun dihantui oleh penundaan dan kendala teknis, penjualan NFT Nike OF1 telah menghasilkan penjualan sebesar Rp19,4 miliar, sebuah pencapaian yang cukup mengesankan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->