Berkolaborasi dengan CoreWeave, Microsoft Perkuat Jejaknya di Dunia AI!

Updated
June 3, 2023
Gambar Berkolaborasi dengan CoreWeave, Microsoft Perkuat Jejaknya di Dunia AI!

Investasi besar Microsoft dalam OpenAI, sebuah perusahaan penelitian AI berfokus pada etika dan keadilan, telah membawa Microsoft ke garis depan dalam kemajuan kecerdasan buatan. OpenAI sendiri telah membuat banyak terobosan dalam teknologi AI dan berkontribusi signifikan dalam aplikasi AI dalam berbagai industri

Namun, OpenAI bukanlah satu-satunya platform yang menarik perhatian dan dukungan finansial dari Microsoft. Seiring dengan permintaan yang terus meningkat untuk layanan berbasis AI, Microsoft telah membuka dompetnya dan berinvestasi dalam infrastruktur teknologi tambahan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kesepakatan Multi-Miliar Dollar Microsoft dengan CoreWeave

kolaborasi coreweave dan microsoft
Sumber: Akun Twitter Evan

Baru-baru ini, CNBC melaporkan bahwa Microsoft telah setuju untuk mengeluarkan miliaran dollar selama beberapa tahun pada infrastruktur komputasi cloud dari startup CoreWeave. CoreWeave sendiri baru saja mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menggalang dana sebesar $200 juta.

CoreWeave menawarkan akses yang disederhanakan ke unit pemrosesan grafis (GPU) dari Nvidia, yang dianggap sebagai yang terbaik di pasar untuk menjalankan model AI.

Microsoft menandatangani kesepakatan dengan CoreWeave pada awal tahun ini untuk memastikan bahwa OpenAI, yang mengoperasikan chatbot viral ChatGPT, akan memiliki kekuatan komputasi yang memadai di masa mendatang.

Baca Juga: Nvidia Pamerkan Superkomputer AI, Revolusi Industri Game di Ambang Pintu!

Ledakan AI Generatif dan Peran Penting Nvidia

Ledakan AI generatif dimulai pada akhir tahun lalu ketika OpenAI memperkenalkan ChatGPT ke publik, menunjukkan bahwa AI bisa menerima masukan dari manusia dan menghasilkan respons yang canggih. Sejak saat itu, banyak perusahaan, termasuk Google, berlomba-lomba untuk menambahkan AI generatif ke produk mereka. Microsoft pun ikut serta dengan merilis chatbot untuk layanannya sendiri, seperti Bing dan Windows.

CEO CoreWeave, Michael Intrator, menolak berkomentar tentang kesepakatan dengan Microsoft dalam wawancara bulan lalu, tetapi dia mengatakan pendapatan telah naik beberapa kali lipat dari 2022 hingga 2023.

Baca Juga: Di Era Gempuran AI, Nilai Pasar Nvidia Melambung Hingga $1 Triliun!

Pertumbuhan Nvidia dan Peningkatan Permintaan untuk AI Generatif

Harga saham Nvidia telah naik 170% tahun ini. Kapitalisasi pasar perusahaan ini singkatnya melebihi $1 triliun untuk pertama kalinya minggu ini setelah merilis perkiraan untuk kuartal Juli yang lebih dari 50% lebih tinggi dari perkiraan Wall Street.

Colette Kress, Kepala Keuangan Nvidia, mengatakan pada panggilan pendapatan terakhir bahwa pertumbuhan perusahaan akan ‚Äúsebagian besar didorong oleh data center, mencerminkan peningkatan permintaan yang tajam terkait AI generatif dan model bahasa besar.‚ÄĚ Model bahasa besar OpenAI, GPT-4, yang dilatih dengan GPU Nvidia pada data online yang luas, ada di inti ChatGPT.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->