Penelitian Nokia dan EY Beberkan Dampak Positif Metaverse pada Rantai Pasokan

Updated
June 13, 2023
Gambar Penelitian Nokia dan EY Beberkan Dampak Positif Metaverse pada Rantai Pasokan

Sebuah studi baru yang didukung oleh Nokia dan EY menunjukkan bahwa Metaverse memiliki dampak yang signifikan terhadap rantai pasokan.

Menurut laporan yang diterbitkan hari Senin (12/6/23), segmen Metaverse industri dan Metaverse perusahaan telah membuat kemajuan yang signifikan meskipun ada tindakan yang diambil oleh beberapa pemain terkemuka seperti Microsoft. Simak lebih lanjut, yuk!

Pengurangan Biaya Modal dan Peningkatan Keberlanjutan

penelitian nokia terhadap metaverse
Economic Times

Menurut penelitian yang dilakukan, perusahaan yang telah menggunakan Metaverse industri dalam produksi telah berhasil mengurangi pengeluaran modal sebesar 15%. Selain itu, tingkat keberlanjutan juga naik 10%, sementara tingkat keselamatan telah meningkat sebanyak 9%.

Lebih lanjut, menurut studi tersebut, 80% dari para pengguna awal yang disurvei percaya bahwa Metaverse akan memiliki dampak yang signifikan atau bahkan transformatif. Beberapa manfaat yang paling mencolok yang dirasakan oleh perusahaan termasuk pengurangan pengeluaran modal sebesar 15%, peningkatan keberlanjutan sebesar 10%, dan peningkatan keselamatan sebesar 9%.

Baca juga: Huobi Siap Dominasi Industri Blockchain! Justin Sun Ungkap Strategi Besarnya

Vincent Douin, Direktur Eksekutif, Konsultasi Bisnis dan Transformasi Bisnis, EY, mengomentari laporan tersebut,

“Metaverse industri dan perusahaan sudah ada. Studi ini menunjukkan keinginan yang jelas untuk teknologi ini, seperti realitas yang diperluas dan kembaran digital, untuk mencapai tujuan bisnis. Kami sudah melihat banyak organisasi yang melampaui tahap perencanaan dan mengakui manfaat nyata dari implementasi awal mereka.”

Penerapan Metaverse di Berbagai Sektor

Studi yang dilakukan oleh Nokia dan EY ini mencari pendapat dari 860 eksekutif perusahaan dari Amerika Serikat, Brasil, Inggris, Jerman, Jepang, dan Korea Selatan. Selanjutnya,sStudi ini berfokus pada empat sektor utama termasuk otomotif, barang industri dan manufaktur, transportasi, rantai pasokan dan logistik, dan tenaga dan utilitas.

Laporan tersebut menggambarkan Metaverse sebagai “fusi dunia digital dan fisik”. Metaverse perusahaan didorong oleh permintaan untuk alat kolaborasi dan komunikasi digital yang lebih baik, dan akan melibatkan aplikasi produktivitas inti yang membuat bisnis berfungsi dan memungkinkan generasi berikutnya dari koneksi virtual.

Menurut responden awal yang diwawancarai dalam survei, 80% mengatakan bahwa kasus penggunaan yang diuji akan memiliki dampak signifikan atau bahkan transformatif pada rantai pasokan.

Pemimpin Industri Berbicara tentang Metaverse

Thierry E. Klein, Presiden Bell Labs Solutions Research, Nokia, mengungkapkan kegembiraannya bagi perusahaan yang telah menunjukkan kepercayaan pada kekuatan Metaverse, baik untuk aplikasi bisnis, perusahaan, dan industri.

Baca juga: Proyek NFT Berbasis Cardano, Clay Nation, Bergabung ke Metaverse The Sandbox

Klein mengatakan,

“Sangat menyenangkan melihat bahwa perusahaan jelas percaya pada kekuatan Metaverse untuk penciptaan nilai bisnis baik dalam kasus penggunaan perusahaan dan industri. Ini sangat sejalan dengan visi kami bahwa Metaverse Industri adalah perpanjangan dari Industri 4.0. Oleh karena itu, mereka yang telah menerapkan jaringan komunikasi kritis untuk Industri 4.0 sekarang berada di posisi yang baik untuk merasakan manfaat Metaverse yang jelas beberapa perusahaan sudah melihatnya.”

Pada akhirnya, melalui peluncuran Metaverse, perusahaan berharap untuk membuka era baru dalam manajemen aset digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->