5 Altcoin Terbaik untuk Investasi di Akhir 2023!

Updated
August 1, 2023
Gambar 5 Altcoin Terbaik untuk Investasi di Akhir 2023!

Mengutip laporan Forbes, setelah awal yang kuat di tahun 2023, cryptocurrency terus menyaksikan momentum kenaikan yang didukung oleh situasi makroekonomi global dan data inflasi yang mendingin. Terlihat dari data yang dikumpulkan oleh CoinMarketCap, per 6 Juli 2023, kapitalisasi pasar cryptocurrency menyentuh $1.19 triliun, naik sekitar 9,17% dalam 1 bulan.

market cap crypto 2023

Dikarenakan pasar mata uang crypto terus berkembang, kini banyak investor dan trader mencari proyek crypto potensial selain Bitcoin dan Ethereum untuk mendapatkan potensi keuntungan. Seiring dengan pertumbuhan cryptocurrency, altcoin atau mata uang crypto alternatif, juga telah jauh berkembang dengan menawarkan banyak peluang pertumbuhan dan profitabilitas.

Apa itu Altcoin?

Secara umum, altcoin adalah istilah yang digunakan untuk semua crypto yang bukan Bitcoin. Istilah altcoin merupakan singkatan dari ‚Äúalternative coin‚ÄĚ, yang berarti ‚Äúalternatif untuk Bitcoin‚ÄĚ. Meski begitu, beberapa orang menganggap altcoin adalah semua mata uang crypto selain Bitcoin dan Ethereum (ETH) karena sebagian besar mata uang crypto bercabang dari salah satu dari keduanya.

Mengutip Investopedia, beberapa altcoin menggunakan mekanisme konsensus yang berbeda untuk memvalidasi transaksi dan membuka blok baru, atau mencoba untuk membedakan diri mereka dari Bitcoin dan Ethereum dengan menyediakan kemampuan atau tujuan baru atau tambahan.

Secara singkat, altcoin diciptakan untuk memperbaiki atau memodifikasi beberapa aspek dari protokol Bitcoin atau untuk memberikan fitur dan fungsionalitas baru dan berbeda.

Hingga saat ini, telah banyak altcoin yang muncul dan menawarkan berbagai fitur serta fungsionalitas unik. Dari ribuan altcoin yang ada, beberapa di antaranya menunjukkan potensi yang signifikan dan layak untuk dipertimbangkan menjelang akhir tahun 2023.

Berikut ini adalah beberapa proyek altcoin yang potensial dan layak untuk dipertimbangkan oleh para trader dan investor.

Worldcoin (WLD) Naik 1514,20% dalam 1 Bulan

harga worldcoin wld
Sumber: Pintu Market

Altcoin pertama terbaik yang patut dipertimbangkan untuk diivestasikan di akhir 2023 adalah Worldcoin (WLD). Dilansir dari Pintu Market, proyek crypto Worldcoin (WLD) mencatat kenaikan harga yang mengesankan, yakni 1514,20% dalam rentang waktu 1 bulan. Mulai diperdagangkan dari Rp2.254, harga WLD melesat ke nilai tertingginya di Rp36.384.

Per 30 Juli 2023, kapitalisasi pasar Worldcoin (WLD) naik sekitar 5,92% menjadi $269 juta, dengan volume perdagangan yang menyentuh $163 juta dalam waktu 24 jam terakhir, mengutip data dari CoinMarketCap.

Didirikan oleh Sam Altman, yang terkenal sebagai CEO OpenAI, misi dari proyek Worldcoin adalah untuk membangun jaringan identitas dan keuangan terbesar di dunia sebagai utilitas publi yang memberikan kepemilikan kepada semua orang.

Baca juga: Adopsi Worldcoin Semakin Cepat, Sam Altman Menyatakan ‚ÄėSatu Orang Terverifikasi Setiap 8 Detik‚Äô

Yang membuat proyek crypto ini unik dan potensial adalah fakta bahwa Worldcoin telah memperkenalkan perangkat keras yang dikenal sebagai ‚ÄúOrb‚ÄĚ. Orb adalah perangkat berukuran bola basket futuristik yang mampu memindai mata pengguna untuk menghasilkan pengidentifikasi biometrik unik.

Tidak hanya itu, pada awal Mei 2023 lalu, Worldcoin juga telah meluncurkan aplikasi dompet pertama mereka untuk mempermudah pengguna dalam mengelola dan mentransaksikan Worldcoin. Aplikasi ini diketahui memiliki fitur keamanan tingkat tinggi, termasuk otentikasi dua faktor dan enkripsi data, yang menjamin keamanan dana pengguna. Baca selanjutnya di Worldcoin, Luncurkan Dompet Digital untuk Identitas dan Keuangan.

Menurut white paper Worldcoin, total 10 miliar WLD akan diterbitkan selama 15 tahun. Dilansir dari laporan Forbes, 143 juta WLD telah beredar pada saat peluncuran resminya. Dari jumlah tersebut, 43 juta dialokasikan untuk pengguna World App yang telah terverifikasi, dan 100 juta dikirim ke pembuat pasar untuk memfasilitasi perdagangan.

Bounce (AUCTION) Naik 83,42% dalam 1 Bulan

harga bounce auction
Sumber: Pintu Market

Mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan, Pintu market mencatat harga altcoin Bounce (AUCTION) melonjak 83,42% dalam rentang waktu 1 bulan. AUCTION sempat menyentuh harga terendahnya di Rp57.392 dan harga tertingginya di Rp222.306, yang membuatnya menjadi salah satu altcoin terbaik yang patut dipertimbangkan.

Sementara itu, menurut data dari CoinMarketCap (30/7/23), kapitalisasi pasar Bounce tengah menyentuh $45 juta, dengan volume perdagangan sebesar $23 juta dalam waktu 24 jam terakhir.

Secara singkat, Bounce Finance didirikan pada tahun 2020 oleh Jack Lu dan Chandler Song. Bounce adalah platform lelang terdesentralisasi yang memanfaatkan ide ‚Äúswapping‚ÄĚ, cara bagi pengguna untuk menukar token, tetapi dalam lingkungan yang kompetitif, dengan persediaan token yang terbatas. Lebih lanjut, Bounce mengambil konsep swapping yang populer tetapi menciptakan protokol yang melonggarkan batasannya.

Baru-baru ini, Bounce Finance telah meluncurkan integrasi zkSync Era, rollup ZK yang kompatibel dengan EVM yang dibuat oleh Matter Labs. Langkah signifikan ini menandai tonggak sejarah baru bagi Bounce Finance karena mereka terus berusaha untuk menyediakan Auction atau lelang sebagai layanan dan memenuhi permintaan yang terus meningkat untuk lelang terdesentralisasi di berbagai jaringan blockchain.

Dengan zkSync Era, pengguna Bounce Finance akan menikmati banyak manfaat termasuk pengurangan biaya transaksi, kecepatan transaksi yang cepat, dan keamanan yang luar biasa.

Maker (MKR) Naik 60,02% dalam Waktu 1 Bulan

harga maker mkr
Sumber: Pintu Market

Altcoin terbaik selanjutnya adalah Maker (MKR) yang tercatat mengalami lonjakan sebesar 60,02% dalam rentang waktu 1 bulan, menurut laman Pintu market. MKR sempat menyentuh harga terendahnya di Rp11.519.901 dan menyentuh harga tertingginya di Rp19.725.772.

Menurut data CoinMarketCap (30/7/23), kapitalisasi pasar Maker (MKR) tengah mengalami kenaikan 3,02% menjadi $1,2 miliar, dengan volume perdagangan yang juga naik 52,71% menyentuh $140 juta dalam waktu 24 jam terakhir.

Secara singkat, Maker (MKR) adalah token tata kelola dari MakerDAO dan Maker Protocol, yang masing-masing merupakan organisasi terdesentralisasi dan platform perangkat lunak, keduanya berbasis pada blockchain Ethereum, yang memungkinkan pengguna untuk menerbitkan dan mengelola stablecoin DAI.

Pada bulan Mei 2023 lalu, MakerDAO meluncurkan protokol pinjaman DeFi baru bernama Spark Protocol untuk pengguna stablecoin DAI mereka. Menurut laporan, Spark Protocol dirancang untuk meningkatkan likuiditas dan aksesibilitas stablecoin DAI dalam ekosistem DeFi.

Melalui Spark, para pengguna bisa meminjam dan meminjamkan DAI dengan mudah. Sistem ini menggunakan mekanisme jaminan dan tingkat bunga yang dinamis, memastikan pinjaman yang aman dan efisien bagi pengguna.

Tidak hanya itu, beberapa waktu lalu, MakerDAO juga telah merilis roadmap atau peta jalan dalam lima tahap yang berfokus pada pembangunan lebih lanjut dan pengadopsian teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam operasinya. Baca selengkapnya di MakerDAO Terjun Mengadopsi AI, Begini Rencananya!

Ripple (XRP) Naik 49,06% dalam 1 Bulan

harga ripple xrp
Sumber: Pintu Market

Tercatat di Pintu market, harga XRP mengalami lonjakan 49,06% dalam rentang waktu 1 bulan. XRP sempat menyentuh harga terendahnya di Rp6.968 dan harga tertingginya di Rp12.605.

Menurut data dari CoinMarketCap (30/7/23), kapitalisasi pasar Ripple (XRP) tengah mengalami kenaikan tipis 0,20% menjadi $37 miliar, dengan volume perdagangan yang menyentuh $716 juta dalam 24 jam terakhir.

Ripple adalah jaringan dan protokol pembayaran digital berbasis blockchain dengan mata uang crypto sendiri, XRP. Proses utama Ripple adalah pertukaran aset penyelesaian pembayaran dan sistem pengiriman uang yang digunakan oleh bank dan perantara keuangan yang bertransaksi lintas mata uang.

Baca juga: Ripple (XRP) Berkomitmen untuk Pasar dengan Aturan yang Jelas di Asia dan Eropa

Baru-baru ini, Ripple mengumumkan kemitraan baru-baru ini dengan Faster Payments Council dan merilis sebuah white paper untuk menjelaskan bagaimana Ripple menggunakan crypto untuk mengubah cara pergerakan uang tidak hanya di Amerika Serikat tetapi juga secara global.

Selain itu, Ripple juga telah melakukan kerja sama dengan Palau, sebuah negara kepulauan di Laut Filipina, dalam percontohan terbatas untuk stablecoin yang dipatok dalam mata uang dolar Amerika Serikat, yang diterbitkan menggunakan teknologi XRP.

Stellar (XLM) Naik 48,59% dalam 1 Bulan

harga stellar xlm
Sumber: Pintu Market

Stellar (XLM) menjadi salah satu altcoin yang patut dipertimbangkan untuk diivestasikan pada akhir 2023. Dalam rentang waktu 1 bulan, Stellar (XLM) tercatat mengalami peningkatan harga sebesar Rp48,59%, dilansir dari Pintu market. XLM sempat menyentuh harga terendahnya di Rp1.430 dan menyentuh harga tertingginya di Rp2.660.

Sementara itu, CoinMarketCap (30/7/23) mencatat bahwa kapitalisasi pasar Stellar (XLM) kini menyentuh $4.2 miliar, dengan volume perdagangan yang mencapai $116 juta dalam waktu 24 jam terakhir.

Baca juga: Stellar (XLM) Bisa Jadi Investasi Crypto Terbaik 2023? Ini Analisisnya!

Stellar (XLM) adalah jaringan terdesentralisasi peer-to-peer (P2P) yang dibuat pada tahun 2014 oleh The Stellar Development Foundation. Jaringan ini secara resmi diluncurkan pada tahun 2015 dengan tujuan menghubungkan sistem keuangan dunia dan memastikan protokol untuk penyedia pembayaran dan lembaga keuangan.

Lebih lanjut, platform ini dirancang untuk memindahkan sumber daya keuangan dengan cepat dan andal dengan biaya minimal. Stellar menghubungkan orang, bank, pemroses pembayaran, dan memungkinkan pengguna untuk membuat, mengirim, dan memperdagangkan berbagai jenis crypto.

Menurut laporan Crypto News, XLM, mata uang crypto milik Stellar, mengalami kenaikan harga karena semakin banyak bank yang menggunakan jaringan ini untuk pembayaran internasional. Para investor mempertimbangkan Stellar karena proyek ini berfokus pada inklusi keuangan, dan teknologinya dapat diperluas untuk mendukung lebih banyak orang.

Nah, itu dia 5 altcoin terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan investasi di akhir 2023. Meski mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan dan menggiurkan, pastikan kamu telah mempelajari keseluruhan mengenai altcoin atau proyek crypto yang ingin kamu investasikan, ya.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari altcoin adalah seperti berikut:

Kelebihan Altcoin

  • Altcoin adalah ‚Äúversi perbaikan‚ÄĚ dari mata uang crypto asalnya karena bertujuan untuk menutupi kekurangan yang ada.
  • Altcoin memiliki kemampuan bertahan yang lebih tinggi.
  • Investor dapat memilih dari berbagai macam altcoin, seperti memecoin, stablecoin, dan lain sebagainya, yang memiliki fungsi berbeda dalam ekonomi crypto.

Kekurangan Altcoin

  • Popularitas altcoin lebih rendah dan kapitalisasi pasar lebih kecil dibandingkan dengan Bitcoin
  • Pasar altcoin ditandai dengan jumlah investor yang lebih sedikit dan aktivitas yang lebih sedikit, sehingga menghasilkan likuiditas yang tipis.
  • Tidak mudah untuk membedakan antara altcoin yang berbeda dan kasus penggunaannya masing-masing, yang sering kali membuat keputusan investasi menjadi lebih rumit dan membingungkan.
  • Ikuti kami di¬†Google News¬†untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar¬†crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.
  • *Disclaimer
  • Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->