Deadline ETF Bitcoin Semakin Dekat, Apakah SEC Akan Berikan Lampu Hijau?

Updated
August 29, 2023
Gambar Deadline ETF Bitcoin Semakin Dekat, Apakah SEC Akan Berikan Lampu Hijau?

Minggu ini menjadi krusial bagi dunia crypto, terutama bagi para pelaku pasar yang menunggu keputusan dari U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) terkait sejumlah aplikasi ETF Bitcoin.

Dengan tujuh aplikasi yang deadline-nya semakin dekat, termasuk dari BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, semua mata tertuju pada SEC. Namun, berdasarkan track record sebelumnya, SEC belum memberikan kepastian apakah mereka akan memutuskan sesuatu atau kembali menunda keputusan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Daftar Lengkap Aplikasi ETF Bitcoin

aplikasi bitcoin etf
Sumber: Bloomberg

Beberapa institusi keuangan besar telah mengajukan aplikasi untuk ETF Bitcoin, termasuk ARK 21Shares Bitcoin ETF oleh 21Shares & ARK, iShares Bitcoin Trust oleh BlackRock, dan Bitwise Bitcoin ETP Trust oleh Bitwise.

Selain itu, ada juga aplikasi dari VanEck, Wisdomtree, Invesco & Galaxy, Fidelity, dan Valkyrie. CEO Ark Investment Management, Cathie Wood, tetap optimis meskipun aplikasi mereka telah ditunda beberapa kali oleh SEC.

Wood mengatakan, ‚ÄúKami mencoba menyebarkan pesan bahwa penelitian kami mendalam, dan kami telah melakukannya sejak 2015,‚ÄĚ dikutip dari Watcher Guru, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga: Kompetisi Bitcoin ETF Kian Panas! Seperti Apakah Masa Depannya?

Alasan Penundaan oleh SEC

SEC telah menunda keputusan untuk beberapa aplikasi ETF Bitcoin, termasuk dari ARK Invest dan 21Shares. Alasan utama penundaan ini adalah kekhawatiran tentang manipulasi pasar dan perlindungan investor yang tidak memadai.

Scott Farnin, perwakilan hukum dari Better Markets, juga menegaskan bahwa pasar Bitcoin mudah dimanipulasi, sehingga menimbulkan risiko yang tidak perlu bagi investor.

Baca Juga: Revolusi ETF Ethereum: SEC AS Siap Sahkan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan!

Dampak Potensial pada Pasar Crypto

Jika ETF Bitcoin disetujui, ini bisa menjadi titik balik bagi industri crypto. Analis crypto ‚ÄúDonAlt‚ÄĚ memprediksi bahwa persetujuan ETF bisa memicu reli palsu, dengan BTC mencapai $32.000 ‚Äď $35.000. Namun, penolakan aplikasi bisa menurunkan harga BTC ke kisaran $19.000 ‚Äď $20.000. Keputusan dari SEC juga bisa mempengaruhi sentimen pasar dan menarik lebih banyak investor institusional ke ruang crypto.

Dengan deadline yang semakin dekat, keputusan SEC akan sangat mempengaruhi dinamika pasar crypto. Meskipun ada banyak spekulasi dan harapan, belum ada kepastian apakah SEC akan memberikan lampu hijau untuk ETF Bitcoin atau kembali menunda keputusan. Yang pasti, keputusan ini akan menjadi titik penting dalam sejarah industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->