Bitcoin Halving 2024, Ancaman atau Peluang Emas bagi Penambang dan Investor?

Updated
September 21, 2023
Gambar Bitcoin Halving 2024, Ancaman atau Peluang Emas bagi Penambang dan Investor?

Dunia crypto menunggu-nunggu dengan penuh antisipasi saat Bitcoin, mata uang digital pionir, mendekati acara ‚Äėhalving‚Äô berikutnya yang dijadwalkan pada tahun 2024. Acara ini bukan hanya sekedar tanggal di kalender, tetapi perubahan besar yang dapat mempengaruhi seluruh ekosistem Bitcoin.

Bagaimana ‚ÄėHalving‚Äô Bitcoin Mengubah Lanskap Penambangan

kolaborasi us bitcoin corp dan celcius network
Sumber: Coingape

Dalam istilah sederhana, acara ‚Äėhalving‚Äô adalah saat hadiah untuk penambang yang menambahkan blok baru ke blockchain dikurangi setengahnya. Saat ini, penambang Bitcoin mendapatkan hadiah 6.25 BTC untuk setiap blok yang ditambang. Setelah ‚Äėhalving‚Äô, hadiah ini akan berkurang menjadi 3.125 BTC.

Baca juga: Federal Reserve Hentikan Kenaikan Suku Bunga: Dampak Terhadap Bitcoin dan Ekonomi AS

Kekhawatiran utama dari ‚Äėhalving‚Äô ini adalah dampaknya terhadap penambang. Dengan hadiah yang berkurang setengah, rentabilitas operasi penambangan menjadi pertanyaan besar. Penambang dengan setup yang kurang efisien mungkin akan kesulitan mempertahankan operasinya, yang bisa mengarah pada konsolidasi industri.

Para pemain kecil mungkin akan keluar dari pasar atau diserap oleh operasi penambangan yang lebih besar dan efisien. Konsolidasi ini bisa menghasilkan lanskap penambangan yang lebih terpusat, suatu topik yang menjadi kekhawatiran bagi banyak orang di komunitas crypto.

Peluang dan Tantangan bagi Investor

Bagi investor, ‚Äėhalving‚Äô menawarkan tantangan dan peluang. Secara historis, ‚Äėhalving‚Äô Bitcoin telah menjadi acara yang bullish, seringkali mengarah pada apresiasi harga yang signifikan dalam beberapa bulan setelah ‚Äėhalving‚Äô.

Namun, ini bukanlah jaminan, dan investor harus bersiap untuk potensi volatilitas jangka pendek. Sentimen pasar, perubahan regulasi, dan faktor makroekonomi semuanya dapat mempengaruhi harga Bitcoin pasca-‚Äėhalving‚Äô.

Selain itu, prediksi harga untuk Bitcoin pasca-‚Äėhalving‚Äô sangat beragam. Beberapa memprediksi kenaikan bullish yang bisa melihat harga BTC melonjak ke ketinggian baru, sementara yang lain lebih konservatif dalam perkiraan mereka.

Baca juga: Bitcoin Halving Sebentar Lagi! Simak 5 Strategi Investasi yang Wajib Kamu Ketahui!

Dampak Terhadap Harga Bitcoin dan Prediksi Masa Depan

Pergerakan harga Bitcoin dalam bulan terakhir menunjukkan fluktuasi, dengan BTC diperdagangkan dalam kisaran $24,930.30 hingga $28,089.34. Dengan dukungan kunci di level $24K, saat kepenulisan Bitcoin diperdagangkan di $27,120 dengan kenaikan harga 24 jam lebih dari 3,4%.

Selain itu, prediksi harga pasca-‚Äėhalving‚Äô sangat beragam di antara para analis di pasar crypto . Beberapa memperkirakan lonjakan bullish yang bisa mendorong harga BTC ke puncak baru, sementara yang lain lebih hati-hati dalam estimasi mereka. Faktor-faktor seperti adopsi pasar, kemajuan teknologi, dan peristiwa geopolitik akan memainkan peran penting dalam menentukan lintasan harga Bitcoin setelah acara ‚Äėhalving‚Äô.

‚ÄėHalving‚Äô Bitcoin yang akan datang di April 2024 dianggap sebagai acara bersejarah yang akan memiliki dampak jangka panjang terhadap dinamika pasar. Meskipun ada ketidakpastian, banyak analis percaya bahwa kelangkaan yang meningkat dapat mendorong permintaan dan harga Bitcoin ke tingkat yang lebih tinggi. Sebagai investasi, kebijaksanaan dan strategi yang diteliti dengan baik adalah kunci untuk menavigasi kompleksitas ‚Äėhalving‚Äô Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->