Biaya Rendah Ethereum: Apakah Ini Awal dari Kebangkitan ETH?

Updated
September 24, 2023
Gambar Biaya Rendah Ethereum: Apakah Ini Awal dari Kebangkitan ETH?

Ethereum, salah satu aset crypto terbesar di dunia, baru-baru ini mencatat biaya jaringan terendah sepanjang tahun.

Meskipun harga ETH masih berjuang, penurunan biaya ini telah menarik perhatian banyak investor dan analis.

Biaya Jaringan Ethereum Menyentuh Terendah Tahunan

Twitter

Menurut data dari Santiment, biaya rata-rata transaksi Ethereum telah turun menjadi $1,15, level terendah sejak Desember 2022.

Penurunan ini kontras dengan biaya tinggi yang tercatat pada tahun 2021 dan 2022, saat permintaan untuk daya pemrosesan mendorong biaya rata-rata jauh di atas $50.

Meskipun biaya jaringan yang rendah dapat meningkatkan daya tarik Ethereum, harga ETH saat ini berjuang untuk menembus resistensi kunci.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Ethereum

Salah satu alasan utama di balik performa Ethereum yang kurang memuaskan adalah transisinya ke algoritma konsensus Proof of Stake (PoS), dikenal sebagai ‚ÄúThe Merge Ethereum‚ÄĚ.

Meskipun transisi ini menghasilkan penurunan konsumsi energi sebesar 99% dan adopsi model deflasi, ia juga menyebabkan lonjakan dalam liquid staking.

Baca Juga: Joseph Lubin Tegaskan ETH Adalah Komoditas Meski SEC Meningkatkan Tekanan!

Sekitar 10% dari total pasokan Ethereum, setara dengan sekitar 12 juta ETH, kini terkunci di platform seperti Lido Finance.

Analis dari JPMorgan mencatat bahwa, meskipun efisiensi energi dan mekanisme deflasi, ‚Äúpeningkatan aktivitas jaringan cukup mengecewakan.‚ÄĚ

Prospek Jangka Pendek dan Tantangan Ethereum

Meskipun Ethereum menghadapi tantangan, ada tanda-tanda positif di cakrawala. Biaya jaringan yang rendah menunjukkan peningkatan utilitas, yang dapat mendorong pemulihan kapitalisasi pasar.

Namun, untuk membangun prospek bullish jangka pendek, Ethereum harus mempertahankan dukungan di atas level kunci $1,615 dan bergerak menuju kisaran $1.850 hingga $1.900.

Baca Juga: Grayscale Kembali Mengajukan Ethereum Futures ETF, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Di sisi lain, level dukungan kritis untuk diperhatikan adalah $1.500. Meskipun Ethereum menghadapi tantangan, penurunan biaya jaringan menawarkan harapan bagi masa depan crypto ini.

Dengan biaya yang lebih rendah dan potensi utilitas yang meningkat, Ethereum mungkin siap untuk fase pertumbuhan baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->