Polkadot Siap Guncang Dunia Crypto dengan Meningkatkan Kapasitas 1.000 Parachain!

Updated
September 25, 2023
Gambar Polkadot Siap Guncang Dunia Crypto dengan Meningkatkan Kapasitas 1.000 Parachain!

Polkadot, salah satu blockchain interoperabilitas terkemuka, sedang mempersiapkan diri untuk revolusi besar. Dengan rencana untuk meningkatkan kapasitasnya dari 100 parachain menjadi 1.000, dunia crypto menunggu dengan napas yang tertahan. Namun, apa yang mendorong perubahan besar ini dan bagaimana ini akan mempengaruhi ekosistem blockchain?

Aspirasi Polkadot untuk Skalabilitas Tinggi

prediksi harga polkadot (dot) 2025
Daily Hodl

Saat ini, Polkadot mendukung hingga 100 parachain. Namun, dengan bantuan pembaruan perangkat lunak, ada harapan untuk meningkatkan angka ini sepuluh kali lipat. Sophia Gold, Pimpinan Teknik di Parity, menyoroti potensi dari pembaruan ‚Äúasynchronous backing‚ÄĚ yang akan memangkas waktu blok parachain dari 12 detik menjadi hanya 6 detik.

Baca juga: Polkadot Bersiap untuk Revolusi Baru: Polkadot 2.0 dan Dampaknya pada Harga DOT

Selain itu, pembaruan ini juga akan meningkatkan ruang blok untuk setiap blok sebanyak 5-10 kali. Gold menyatakan,

‚ÄúKami memiliki rencana konkret untuk mendukung 1.000 parachains dan melebihi 1 juta transaksi setiap detik.‚ÄĚ

Polkadot dikenal sebagai jaringan yang berfokus pada integrasi, menghubungkan berbagai blockchain khusus, yang dikenal sebagai parachains, yang mendapatkan keamanan dari blockchain utama bernama Relay Chain.

Pengujian dan Peluncuran Asynchronous Backing

Dalam beberapa minggu mendatang, semua mata akan tertuju pada testnet Rococo Polkadot, di mana diharapkan akan terjadi peluncuran asynchronous backing. Informasi ini berasal dari Parity Technologies, kontributor utama Polkadot, selama konferensi pengembang sub0 di Lisbon.

Meskipun demikian, jadwal peluncuran pembaruan ini ke mainnet masih belum pasti. Namun, dengan potensi yang ditawarkannya, komunitas dengan penuh semangat menantikan peluncuran ini.

Tidak hanya itu, Gold juga menambahkan bahwa dengan asynchronous backing, Polkadot dapat meningkatkan jumlah validatornya menjadi sekitar 1.000 pada akhir 2024, menandai peningkatan tiga kali lipat.

Baca juga: USDC Meluas ke Polkadot, Apa Dampaknya bagi Ekosistem Crypto?

Masa Depan Polkadot dan Dampaknya pada Ekosistem Blockchain

Polkadot, yang didirikan oleh salah satu pendiri Ethereum, Gavin Wood, terus meningkatkan popularitas dan keterlibatannya. Dengan visi untuk menciptakan ‚Äújaringan mesh blockchain‚ÄĚ, Polkadot memfasilitasi interaksi antara berbagai jaringan blockchain dengan cara yang aman dan lancar.

Salah satu fitur unik dari Polkadot adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai jenis blockchain, memungkinkan integrasi dengan blockchain yang berfokus pada transaksi cepat dan kapasitas tinggi serta blockchain yang berfokus pada privasi.

Polkadot memecahkan hambatan tradisional dengan meningkatkan tingkat skalabilitasnya. Dengan ‚Äúparachains‚ÄĚ, Polkadot menawarkan potensi dan bandwidth yang jauh lebih besar daripada setup blockchain konvensional.

Dengan rencana ambisius untuk mendukung 1.000 parachain, Polkadot menunjukkan komitmennya untuk mendorong batas-batas teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->