Amazon akan Berinvestasi Besar hingga $4 Miliar di Startup AI Anthropic!

Updated
September 26, 2023
Gambar Amazon akan Berinvestasi Besar hingga $4 Miliar di Startup AI Anthropic!

Dalam langkah besar menuju dominasi AI, Amazon telah mengumumkan investasi miliaran dolar di startup AI, Anthropic. Namun, apa hubungannya dengan dunia crypto dan bagaimana hal ini dapat mempengaruhi masa depan teknologi?

Investasi Amazon di Anthropic

amazon berinvestasi pada ai anthropic
Sumber: Twitter

Melalui sebuah cuitan pada 25 September 2023, Amazon diketahui berencana untuk berinvestasi sebesar $1,25 miliar di startup AI yang berfokus pada keselamatan, Anthropic. Jika memenuhi syarat tertentu, kesepakatan ini bisa mencapai $4 miliar.

Baca juga: CEO Coinbase Sebut Regulasi AI Ancam Inovasi, Apa Dampaknya bagi Dunia Crypto?

Lebih lanjut, investasi ini akan memberikan insinyur Amazon akses ke model bahasa besar yang mirip dengan ChatGPT. Selain itu, melalui platform Bedrock-nya, Amazon baru-baru ini memberikan akses kepada pelanggannya ke berbagai model pembelajaran.

Hubungan Anthropic dengan FTX dan Dunia Crypto

Anthropic, yang baru-baru ini dinilai hampir $5 miliar dalam putaran pendanaan, memiliki hubungan dengan bursa crypto FTX. FTX telah berinvestasi di Anthropic sebelum pengumuman kebangkrutannya pada November 2022.

Dengan investasi Amazon yang besar, ini bisa menjadi kesempatan bagi FTX untuk menjual sahamnya di Anthropic seharga $500 juta dan membayar kembali krediturnya. Selain itu, Anthropic juga memiliki hubungan dengan gerakan efektif altruisme, yang didukung oleh mantan CEO FTX, Sam Bankman-Fried.

Selain itu, melalui kesepakatan tersebut, Amazon dilaporkan mengambil ‚Äúsaham minoritas‚ÄĚ di Anthropic. Perusahaan ini mengatakan bahwa hal ini tidak mengganggu tata kelolanya.

‚ÄúSeperti yang diuraikan dalam kebijakan ini, kami akan melakukan uji coba pra-penerapan model-model baru untuk membantu kami mengelola risiko dari sistem AI yang semakin mumpuni.‚ÄĚ

Masa Depan Anthropic dan Kolaborasi dengan Amazon

Melalui investasi baru dari Amazon, Anthropic akan mendapatkan akses ke chip Trainium untuk melatih versi masa depan dari model dasarnya.

Baca juga: Amazon Prime Tawarkan NFT Gaming Gratis, Begini Cara Claimnya!

Selain itu, Amazon akan menjadi penyedia cloud ‚Äúutama‚ÄĚ Anthropic untuk ‚Äúbeban kerja kritis‚ÄĚ. Melalui kesepakatan ini, tim Amazon juga akan dapat menggunakan Bedrock untuk membangun model Anthropic.

Kesepakatan ini menandai langkah besar bagi kedua perusahaan dalam mengembangkan teknologi AI yang lebih canggih dan aman.

Pada akhirnya, investasi Amazon di Anthropic menandai era baru dalam pengembangan AI dan menunjukkan betapa pentingnya teknologi ini bagi masa depan industri. Dengan hubungannya dengan dunia crypto, langkah ini juga menunjukkan bagaimana sektor teknologi dan crypto semakin saling terkait.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->