Teknologi Bitcoin Menjamin Pemilu Guatemala 2023 Bebas Kecurangan: Apa Rahasianya?

Updated
September 26, 2023
Gambar Teknologi Bitcoin Menjamin Pemilu Guatemala 2023 Bebas Kecurangan: Apa Rahasianya?

Teknologi di balik Bitcoin, mata uang crypto terbesar di dunia, telah memainkan peran penting dalam memastikan integritas pemilihan presiden Guatemala 2023.

Meskipun Bitcoin terutama dikenal sebagai mata uang digital, teknologi timestamping-nya telah menemukan aplikasi baru dalam memverifikasi keaslian suara.

Teknologi Timestamping Bitcoin: Penerapan Baru di Guatemala

pemilihan presiden guatemala
Bloomberg.com

Selama pemilihan umum Guatemala 2023, Presiden terpilih Bernardo Arévalo menghadapi tuduhan pelanggaran pemilihan.

Namun, dengan bantuan web tools Simple Proof, terungkap bahwa pemungutan suara telah diberi timestamp tepat pada penutupan hari pemilihan.

Baca Juga: Hampir 84% Warga Amerika Serikat Dukung Calon Presiden yang Pro Bitcoin

Teknologi ini memverifikasi keaslian suara dan waktu pengiriman masing-masing suara. Pada 29 Agustus 2023, kemenangan Arévalo secara resmi dikonfirmasi oleh otoritas Guatemala, meskipun ada tantangan hukum dan tuduhan ketidaksesuaian dari lawan-lawannya.

Konsep Timestamping dan Integritas Jaringan

Konsep timestamping, seperti yang dijelaskan dalam whitepaper Satoshi Nakamoto, berfungsi sebagai komponen penting untuk menghasilkan proof of work yang tahan terhadap perubahan dalam jaringan Bitcoin.

Server timestamp ini memainkan peran penting dalam mencegah pengeluaran ganda dan menjaga integritas jaringan.

Bitcoin di Amerika Tengah: Lebih dari Sekadar Mata Uang Digital

Pengembangan di Guatemala berjalan seiring dengan upaya berkelanjutan di Amerika Tengah, khususnya di El Salvador, di mana peran Bitcoin dalam ekosistem terus diperkuat.

El Salvador menciptakan sejarah dengan adopsi crypto seperti BTC sebagai mata uang legal pada September 2021, menjadi negara pertama yang melakukannya.

Baca Juga: DeSantis Janji Hentikan ‚ÄėPerang Terhadap Bitcoin dan Crypto‚Äô Jika Terpilih Jadi Presiden!

Teknologi di balik Bitcoin terus menunjukkan potensinya di luar dunia mata uang crypto. Dengan aplikasi seperti yang dilihat di Guatemala, masa depan tampak cerah bagi penerapan teknologi blockchain dalam berbagai sektor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->