Market Merah, Kenapa Harga Crypto Turun Hari Ini (17/11/23)? Simak 3 Faktor Utamanya!

Updated
November 17, 2023
Gambar Market Merah, Kenapa Harga Crypto Turun Hari Ini (17/11/23)? Simak 3 Faktor Utamanya!

Pasar crypto hari ini mengalami penurunan yang signifikan, memicu pertanyaan di kalangan investor dan analis. Per 17 November 2023 menurut market Pintu, terlihat market memerah yang mana Bitcoin (BTC) mengalami penurunan harga 3,73%, ETH mengalami penurunan harga 4,21%, dan penurunan koin-koin lainnya. Kira-kira apa yang sebenarnya terjadi dan faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi pasar saat ini?

Penundaan ETF Bitcoin dan Dampaknya

Pasar crypto mengalami penurunan seiring investor dan manajer uang mulai mempertimbangkan dampak potensial dari keputusan SEC untuk menunda aplikasi ETF Bitcoin spot. SEC diharapkan untuk meninjau beberapa aplikasi ETF Bitcoin spot yang tertunda, termasuk dari Hashdex dan Global X ETFs pada 17 November, serta aplikasi ETF Bitcoin Franklin Templeton pada 21 November. Jika tidak ada keputusan, batas waktu akan berlanjut hingga 2024.

Penundaan ini diperkirakan oleh James Edwards, analis crypto di firma fintech Australia, Finder. Ia menyebutkan pengajuan palsu BlackRock XRP trust yang menyebabkan fluktuasi harga ekstrem di pasar XRP dan memicu permintaan investigasi ke Departemen Keadilan AS. Kejadian ini dipercaya akan mempengaruhi peluang peluncuran ETF Bitcoin spot di AS, mendukung klaim SEC tentang manipulasi harga di industri crypto.

Baca Juga: Inflasi AS Turun ke 3,2%: Gimana Dampaknya Bagi Pasar Crypto?

Euforia ETF Bitcoin dan Ethereum Mereda

return btc
Return historis Bitcoin berdasarkan bulan. Sumber: Newhedge

Sentimen pasar awalnya meningkat karena optimisme terhadap persetujuan potensial ETF Bitcoin (BTC), yang mengirim harga Bitcoin ke puncak 18 bulan di atas $38.000. Namun, euforia ini tampaknya mereda, dengan harga BTC turun 4% pada 16 November karena likuiditas rendah pada level yang lebih tinggi. Meskipun pasar mengantisipasi persetujuan ETF pada 17 November, SEC tampaknya akan menunda keputusan tersebut.

Pada 15 November, SEC menunda keputusan tentang aplikasi Grayscale untuk ETF futures Ether. Beberapa analis percaya bahwa formulir 19b-4 yang diajukan oleh Grayscale bisa menjadi ‚Äúkuda Troya‚ÄĚ bagi agensi tersebut. Penundaan ini menambah ketidakpastian di pasar dan mempengaruhi sentimen investor.

Baca Juga: Prediksi Harga Illuvium (ILV) 2024: Buat Pola Bullish dan Berpotensi Meroket ke Rp3 Juta?

Likuidasi Futures Memicu Penurunan Pasar

likuidasi futures
Sumber: Cointelegraph

Penurunan di seluruh cryptocurrency utama telah menyebabkan gelombang likuidasi di pasar derivatif. Dalam 24 jam terakhir saja, lebih dari $160 juta posisi long telah dilikuidasi di pasar crypto, dengan $144,3 juta dihapus dalam 12 jam terakhir. Harga pasar crypto terpengaruh negatif ketika posisi derivatif long dilikuidasi tanpa tekanan beli dari volume perdagangan.

Meskipun pasar crypto sedang turun hari ini, beberapa altcoin tertentu masih menunjukkan performa yang baik. Dalam jangka pendek, pasar cryptocurrency akan terus menghadapi tantangan yang beragam, dan pasang surut berbagai faktor ekonomi dan regulasi pasti akan membentuk lintasan pasar untuk waktu yang akan datang.

Penurunan pasar crypto hari ini merupakan hasil dari berbagai faktor, mulai dari penundaan ETF Bitcoin hingga likuidasi futures. Situasi ini menggarisbawahi pentingnya pemahaman yang mendalam tentang pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bagi kamu yang terlibat dalam pasar crypto, memahami dinamika ini adalah kunci untuk navigasi yang sukses.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->