Regulator Kanada Minta Masukan Aturan Pengungkapan Aset Crypto, Apa Katanya?

Updated
November 21, 2023
Gambar Regulator Kanada Minta Masukan Aturan Pengungkapan Aset Crypto, Apa Katanya?

Kantor Pengawas Institusi Keuangan Kanada (OSFI) telah membuka periode konsultasi mengenai persyaratan pengungkapan aset crypto bagi lembaga keuangan yang diatur secara federal. Langkah ini sejalan dengan inisiatif serupa yang dilakukan oleh Bank for International Settlements (BIS).

OSFI dan Regulasi Aset Crypto

Pemerintah Kanada pada bulan Maret menyatakan akan merumuskan pedoman eksposur crypto untuk bank dengan tujuan ‚Äúmelindungi tabungan warga Kanada dan keamanan sektor keuangan kita.‚ÄĚ

Baca Juga: Kanada Luncurkan Konsultasi Publik CBDC, Untuk Apa?

Ketentuan ini ditemukan dalam Bagian 5.4 dari anggaran, berjudul ‚ÄúMelawan Kejahatan Keuangan.‚ÄĚ Anggaran tersebut juga menyatakan bahwa dana pensiun yang diatur secara federal akan diharuskan untuk mengungkapkan eksposur crypto mereka kepada OSFI ‚Äď tanpa konsultasi yang diperlukan.

Pengalaman Pahit Dana Pensiun Kanada dengan Crypto

mata uang tertinggi: dolar kanada
Sumber: unsplash.com

Dana pensiun Kanada mengalami pengalaman pahit dengan crypto pada tahun 2022. Caisse de D√©p√īt et Placement du Qu√©bec, dana pensiun terbesar kedua di Kanada, kehilangan 200 juta dolar Kanada ($154,7 juta) dalam kebangkrutan Celsius.

Ontario Teachers’ Pension Plan menulis off $95 juta dalam investasi FTX dan FTX US pada November 2022 dan menyatakan pada April bahwa mereka berhenti dari crypto untuk selamanya. CPP Investments, dana pensiun terbesar di Kanada, membatalkan semua penelitian crypto pada bulan Desember.

Konsultasi OSFI dan BCBS

Komite Pengawas Perbankan Basel (BCBS) mengumumkan konsultasinya tentang eksposur aset crypto bank pada bulan Oktober. Para komentator dapat ‚Äúmemberikan umpan balik tentang proposal BCBS, memastikan pedoman sejalan dengan konteks Kanada,‚ÄĚ kata OSFI.

Dalam konsultasinya, OSFI secara khusus meminta komentator untuk menilai dan meningkatkan kerangka pengungkapan BCBS. Respons diharapkan sebelum 31 Januari 2024.

Paragraf Penutup

OSFI telah menyelesaikan konsultasi tentang persyaratan likuiditas untuk bank dengan aset crypto pada bulan September. Ini juga dikoordinasikan dengan konsultasi BIS. Dengan adanya regulasi crypto ini, diharapkan dapat memberikan perlindungan lebih bagi masyarakat dan sektor keuangan Kanada.

Baca Juga: Kanada Berpotensi Jadi ‚ÄėPemimpin Global‚Äô dalam Crypto, Kok Bisa?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->