Apa itu DeSci (Desentralized Science)? Intip 5 Proyek Unggulan DeSci, Yuk!

Updated
January 5, 2024
Gambar Apa itu DeSci (Desentralized Science)? Intip 5 Proyek Unggulan DeSci, Yuk!

Tahun 2023, pasar telah mengabaikan DePin. Sekarang, nasib serupa menimpa Decentralized Science (DeSci). Akun X (dulu Twitter) bernama lou_markets menghimbau untuk tidak melewatkan kesempatan ini begitu saja.

Menurutnya, sektor yang sering diabaikan ini menyajikan kesempatan untuk berinvestasi dengan valuasi yang menarik.

DeSci: Katalis Baru di Dunia Ilmu Pengetahuan

DeSci adalah bagi ilmu pengetahuan seperti crypto bagi keuangan. Misi DeSci adalah mendemokratisasi akses terhadap pengetahuan ilmiah, yang saat ini masih didominasi oleh segelintir orang. DeSci berusaha menghapus peran perantara yang mengambil keuntungan besar melalui biaya mahal.

Baca juga: Edukasi di Metaverse: Museum of Science Hadir di Roblox dengan Misi Mars yang Memukau!

Saat ini, pendanaan dalam ilmu pengetahuan memiliki struktur insentif yang kurang efektif. Hanya penyakit dengan potensi keuntungan besar yang mendapatkan pendanaan. Akibatnya, banyak penyakit yang dapat diobati dengan mudah menjadi terabaikan.

Proyek-Proyek Unggulan dalam Dunia DeSci

Dilansir dari cuitan Louis, terdapat beberapa proyek DeSco yang populer. Di antaranya adalah @vita_dao, mereka memiliki Market Cap (MC) sebesar $76,6 juta. VitaDao adalah DAO yang mendanai riset tentang lonjivitas. Dana riset VitaDao didistribusikan dalam bentuk NFT yang merupakan bagian dari Treasury mereka.

Proyek lainnya, @ResearchHub, dengan MC $34 juta, bertujuan mempercepat kemajuan ilmiah dengan mendorong kolaborasi sumber terbuka. Mereka menyediakan platform mirip GitHub yang memungkinkan ide-ide untuk dibagi, didiskusikan, dan diberi penghargaan.

Selanjutnya, @DataLakeToken yang memiliki market cap $7,8 juta. Proyek ini adalah platform perekrutan pasien yang memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk merujuk pasien ke studi. Blockchain digunakan untuk memperbaiki masalah seputar fragmentasi, keterlibatan, dan privasi data. Tidak hanya itu, baru-baru ini, platform perekrutan pasien ini membakar 2/3 dari pasokan $LAKE.

@GenomesDAO, memiliki kapitalisasi pasar $5,7 juta. Individu dapat mengamankan data DNA mereka dan mendapatkan penghasilan dari pertanyaan. Ini sangat relevan dengan peretasan 23&Me baru-baru ini. Deflasi ‚Äď 10% token $GENE dibakar ketika kit sekuensing atau paket NFT dijual. Selain itu, model token ganda ‚Äď $GNOME adalah token tata kelola yang digunakan untuk memberikan suara pada proposal. Menggunakan sistem pemungutan suara ve lock.

@valley_dao, memiliki market cap $5,3 juta. Valley DAO berfokus pada biologi sintetis dan bioteknologi industri. Grow berinvestasi pada perusahaan yang berfokus pada perbaikan iklim, produksi pangan, dan pembangunan berkelanjutan. Token $GROW memungkinkan pengguna untuk memberikan suara pada alokasi pendanaan. Lebih lanjut, 70% dari $GROW terkunci di Departemen Keuangan.

Baca juga: Terobosan DePIN Crypto: Revolusi Industri IoT yang Guncang Dunia!

Tantangan dan Potensi Besar dalam DeSci

apa itu decentralized science
Generated by AI

Sistem reputasi dalam komunitas ilmiah saat ini masih bersifat hierarkis. Lebih banyak fokus pada konektivitas dan status daripada merit. Kultur ini serupa dengan yang ada di dunia keuangan tradisional. Namun, dengan adopsi blockchain, ada potensi untuk mengkoordinasi modal, menganut etos sumber terbuka, dan menentang hierarki yang ketat.

Secara keseluruhan, DeSci merupakan narasi yang tidak lazim dan sering diabaikan karena tidak sesuai dengan kasus penggunaan umum yang familiar bagi para penggemar crypto.

Namun, asimetri informasi ini menyajikan peluang emas bagi mereka yang bersedia mendalami sektor yang sedang berkembang ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->