STEPN: Aplikasi Gaya Hidup Web3 yang Mengubah Cara Kita Berolahraga!

Updated
January 8, 2024
Gambar STEPN: Aplikasi Gaya Hidup Web3 yang Mengubah Cara Kita Berolahraga!

Dalam dunia cryptocurrency yang terus berkembang, STEPN

(GMT)
telah muncul sebagai fenomena yang menarik perhatian.

Sebagai aplikasi gaya hidup Web3 yang inovatif, STEPN menggabungkan elemen Social-Fi dan Game-Fi, memungkinkan pengguna tidak hanya untuk menjaga kesehatan melalui aktivitas fisik tetapi juga untuk mendapatkan imbalan dalam bentuk cryptocurrency. Bahas lebih lanjut, yuk!

Apa itu STEPN Crypto?

stepn crypto
Sumber: The Cryptonomist

STEPN adalah aplikasi berbasis Solana yang memenangkan Solana Ignition Hackathon Gaming Track. STEPN dikembangkan oleh Find Satoshi Lab, sebuah perusahaan fintech Australia, aplikasi ini terbilang unik karena merupakan satu-satunya game mobile yang memenangkan penghargaan di Hackathon tersebut.

Baca juga: Heboh! Kolaborasi STEPN dan Apple Music Guncang Dunia Web3

STEPN diakui karena desain permainannya, pasar terintegrasi, interface pengguna yang mudah digunakan, dompet, dan tujuannya untuk membawa jutaan pengguna non-crypto ke dalam aplikasi.

Aplikasi Web3 ini mengamankan putaran pendanaan benih sebesar $5 juta, dengan investor terkemuka seperti Solana Capital dan Sequoia Capital. Dana tersebut akan digunakan untuk mendukung misi STEPN dalam menginspirasi jutaan orang untuk hidup lebih sehat dengan menghubungkan mereka ke Web3 dan membantu mencapai netralitas karbon.

Aset Digital STEPN dan Fungsinya

Di STEPN, pengguna menggunakan NFT dalam bentuk sneaker. Untuk membeli sneaker NFT, pengguna harus menyetorkan token SOL asli Solana di dompet in-app STEPN dan menunggu energi mereka terisi kembali setelah 24 jam. Energi mengukur berapa menit pengguna dapat berolahraga dengan sneaker NFT.

Terdapat dua token di ekosistem STEPN: Green Satoshi Token (GST) sebagai token utilitas dengan pasokan tak terbatas, dan Green Metaverse Token (GMT) sebagai token tata kelola.

Menurut laporan, harga GMT melonjak 34.000% hanya dalam 41 hari, dari $0,01 pada 9 Maret 2022 menjadi $3,45 pada 19 April 2022. Kenaikan meteorik ini didorong oleh hype seputar proyek keuangan terdesentralisasi yang memberi penghargaan kepada pengguna dengan token untuk tetap aktif.

Baca juga: LimeWire (LMWR): Dari Platform Berbagi File Menjadi Raksasa Blockchain!

Kenapa STEPN Crypto Populer?

STEPN, dengan elemen Social-Fi dan Game-Fi, bertujuan untuk mendorong pengguna untuk melawan perubahan iklim, menjalani gaya hidup sehat, dan menghubungkan publik ke Web3. Pengguna yang memakai sneaker NFT dapat memperoleh GST dengan berjalan, jogging, atau berlari di luar.

GST dapat digunakan untuk mencetak sneaker baru atau meningkatkan level dalam permainan. Di pasar in-app, pemain dapat menyewakan atau menjual sneaker NFT mereka, dan pendapatan GST mereka disimpan di dompet in-app dengan fungsi swap terintegrasi.

Model ekonomi dual-token ini memenuhi kebutuhan STEPN untuk utilitas dan penggalangan dana. Tujuan utama dari generasi token adalah untuk menghindari komplikasi regulasi dan membagi ekosistem proyek menjadi dua token untuk penggunaan yang lebih mudah.

Secara keseluruhan, STEPN telah membuka jalan baru dalam menggabungkan olahraga dan teknologi blockchain, menawarkan cara inovatif bagi pengguna untuk mendapatkan imbalan sambil menjaga kesehatan.

Dengan pendekatan uniknya dalam move-to-earn, STEPN tidak hanya mempromosikan gaya hidup sehat tetapi juga memperkenalkan pengguna ke dunia Web3 dan cryptocurrency.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->