Kontroversi Terkini Solana: Masa Depan Tidak Menentu bagi ‘Ethereum Killer’?

Updated
January 9, 2024
Gambar Kontroversi Terkini Solana: Masa Depan Tidak Menentu bagi ‘Ethereum Killer’?

Pasar crypto kembali dikejutkan dengan berita terkini yang menimpa Solana, yang pernah mendapat julukan sebagai ‘Pembunuh Ethereum’, karena terperosok dalam penurunan nilai yang tajam. Max Keiser, seorang figur yang dikenal di arena crypto, menyatakan bahwa apa yang terjadi pada Solana bisa dianggap sebagai ‘rug pull’, istilah yang merujuk pada dugaan penipuan dalam sebuah proyek crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Memecoin Solana Menarik Perhatian Publik

max keiser solana
Sumber: Akun X Max Keiser

Sebelumnya, Solana sempat menyita perhatian dengan peluncuran token Jito

(JTO)
dan memecoin BONK yang berhasil menarik minat para investor. Token Jito yang mulai diperdagangkan di bursa utama pada tanggal 7 Desember 2023, dengan cepat meraih kapitalisasi pasar yang melampaui $300 juta.

Di sisi lain, BONK memicu penjualan ponsel Saga Solana yang ludes terjual, terutama karena airdrop yang diberikan kepada pemilik ponsel tersebut. Namun, antusiasme ini tidak berlangsung lama.

Token JTO dan BONK, yang sebelumnya mengalami lonjakan harga, kini menghadapi penurunan nilai yang cukup besar. JTO anjlok lebih dari 70% setelah sebelumnya naik hingga 3.200%, dan BONK turun lebih dari 73% dari nilai tertingginya di bulan Desember.

Token lain seperti Dogwifhat juga mengalami penurunan mendekati 80% setelah sebelumnya memberikan keuntungan investasi yang sangat besar kepada pemegang awal.

Baca Juga: 5 Meme Coin Solana yang Patut Diperhatikan di 2024!

Proyeksi Harga SOL Membuat Investor Resah

Di tengah ketidakpastian pasar, harga SOL diperkirakan akan terus mengalami penurunan. Seorang analis teknikal yang dikenal dengan nama Pentoshi memprediksi bahwa harga Solana bisa merosot hingga $70.

Prediksi ini menambah kecemasan di kalangan investor yang telah menyaksikan penurunan harga SOL dari titik tertingginya $123 pada hari Natal menjadi di bawah $90. Memang, ada beberapa memecoin berbasis Solana seperti Myro

(MYRO)
yang menunjukkan kinerja yang mengagumkan.

MYRO berhasil menggandakan nilai tukarnya di tahun 2024 dan saat ini diperdagangkan pada $0,06008. Namun, keberhasilan ini tidak cukup untuk menghilangkan kekhawatiran yang lebih luas mengenai prospek Solana sebagai salah satu kandidat terdepan di pasar crypto.

Kesimpulan

Situasi pasar crypto yang penuh gejolak ini memberikan pembelajaran berharga bagi para investor: pentingnya melakukan penelitian yang mendalam dan tidak tergesa-gesa mengikuti tren tanpa mempertimbangkan risiko yang ada. Kejadian ini juga mengingatkan kita bahwa tidak ada aset yang terlindungi penuh dari volatilitas, termasuk proyek yang pernah dianggap sebagai kompetitor Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->