Revolusi Pasar Crypto: Solana Geser Ripple dalam Indeks HKVAC!

Updated
January 15, 2024
Gambar Revolusi Pasar Crypto: Solana Geser Ripple dalam Indeks HKVAC!

Dunia crypto baru saja dikejutkan dengan perubahan besar dalam indeks pasar. Konsorsium Aset Virtual Hong Kong (HKVAC) melakukan revisi yang mengejutkan dengan menggantikan posisi Ripple

(XRP)
dengan Solana
(SOL)
dalam indeks crypto globalnya.

Perubahan ini mencerminkan dinamika pasar yang terus bergerak dan menunjukkan tren baru yang mungkin kamu ikuti.

Perubahan Indeks HKVAC

indeks hkvac
Laporan keuangan Hong Kong Virtual Asset Consortium (HKVAC) pada bulan Januari – Sumber: HKVAC

HKVAC telah mengumumkan perombakan besar-besaran pada indeks crypto mereka. Solana, yang telah menunjukkan kinerja pasar yang signifikan, kini mengambil alih posisi Ripple dalam indeks 5 besar HKVAC.

Baca juga: Terungkap! 10 Perusahaan Siap Luncurkan ETF Crypto di Hong Kong

Perubahan ini akan berlaku mulai 19 Januari 2024, menandai pergeseran penting dalam penilaian aset digital. Solana telah berhasil bangkit dari keruntuhan pasar yang disebabkan oleh kejatuhan FTX pada tahun 2022, dengan harga SOL anjlok lebih dari 95%.

Namun, kini SOL telah melonjak 436,5% dari tahun ke tahun, dengan kapitalisasi pasar mencapai $42,67 miliar. Sementara itu, XRP hanya mencatatkan pertumbuhan 51,5%, dengan valuasi $31,47 miliar.

Impak pada Investasi dan Regulasi

solana gantikan ripple hkvac

Indeks yang disusun HKVAC tidak hanya berfungsi sebagai acuan kinerja aset digital, tetapi juga mempengaruhi keputusan investasi. Kehadiran crypto dalam indeks tersebut dapat mempengaruhi visibilitas dan kekuatan pasar yang dirasakan oleh para investor. Revisi ini juga sejalan dengan pendekatan proaktif Hong Kong terhadap sektor crypto.

Hong Kong, melalui Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC), telah menegaskan bahwa transaksi crypto harus dilakukan melalui platform yang berlisensi atau lembaga keuangan yang berwenang. Ini menunjukkan komitmen Hong Kong dalam memastikan kepatuhan regulasi dan perlindungan investor di tengah persiapan untuk menyambut ETF crypto spot.

Baca juga: Korea Selatan Teguh Menolak ETF Crypto, Apa Alasannya?

Pergerakan Pasar dan Prediksi Masa Depan

Selain Solana, ada beberapa perubahan lain yang dilakukan oleh HKVAC. Misalnya, Avalanche

(AVAX)
menggantikan Tron
(TRX)
dalam indeks 10 besar setelah AVAX mengalami lonjakan harga. Kemitraan AVAX dengan bank-bank besar seperti JPMorgan dan Citi untuk inisiatif tokenisasi aset nyata turut mendongkrak posisinya.

Di sisi lain, TRON telah menunjukkan pemulihan yang signifikan dengan rally 100% pada tahun 2023. Namun, kinerja tersebut tidak cukup untuk mempertahankan posisinya dalam indeks. Perubahan ini menandakan bahwa HKVAC terus memantau dan menyesuaikan indeks mereka sesuai dengan perubahan pasar yang dinamis.

Pada akhirnya, revisi indeks HKVAC ini merupakan gambaran dari perubahan cepat yang terjadi di pasar crypto. Bagi kamu yang terlibat dalam investasi crypto, perubahan ini bisa menjadi sinyal penting untuk meninjau kembali strategi investasi.

Dengan pemahaman yang tepat atas tren pasar, kamu bisa mengambil keputusan yang lebih informasi dan potensial menguntungkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->