Aktivitas Jaringan Solana Melonjak, Harga SOL Tembus $100!

Updated
January 31, 2024
Gambar Aktivitas Jaringan Solana Melonjak, Harga SOL Tembus $100!

Solana 

SOL

5.14%

->
kembali bergairah! Setelah sempat jatuh di bawah $80 pada minggu lalu, kini cryptocurrency ini berhasil bangkit dan melesat hingga menembus level $100.

Kenaikan harga SOL ini dipicu oleh lonjakan aktivitas jaringan yang signifikan menjelang peluncuran token Jupiter

JUP

6.35%

->
pada hari Rabu, 31 Januari 2024.

Aktivitas Jaringan Solana Melonjak

Lonjakan aktivitas jaringan Solana menjadi salah satu faktor utama di balik kenaikan harga SOL.

Baca juga: Solana Catat Rekor Baru, Daftar Pengguna Melonjak Hingga 10 Juta di Januari 2024!

Menurut data dari CoinGecko, volume perdagangan di bursa terdesentralisasi (DEX) Solana bahkan melampaui Ethereum dalam 24 jam terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak trader yang beralih ke Solana karena biaya yang lebih rendah dan transaksi yang lebih cepat dibandingkan dengan Ethereum.

Selain itu, data dari Hello Moon menunjukkan bahwa berbagai metrik on-chain Solana juga mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir. Jumlah pengguna aktif harian dengan saldo dompet SOL meningkat, dan Solana juga mencatat rekor tertinggi sepanjang masa untuk jumlah dompet baru yang digunakan untuk menandatangani transaksi pada hari Jumat lalu, yaitu hampir 750.000 dompet.

Peluncuran Token Jupiter (JUP)

Kenaikan harga SOL dan meningkatnya penggunaan jaringan juga didorong oleh persiapan ekosistem Solana untuk peluncuran token JUP pada tanggal 31 Januari 2023.

JUP adalah token resmi dari agregator DEX, Jupiter. Token yang telah lama ditunggu-tunggu ini akan tersedia untuk diklaim secara gratis oleh hampir satu juta dompet. Peluncuran token JUP diawali dengan pengujian launchpad token baru Jupiter pada akhir pekan lalu.

Jupiter memperkenalkan token meme WEN yang dapat diklaim secara gratis oleh lebih dari satu juta dompet yang memenuhi syarat. Namun, lebih dari 271 miliar token WEN tidak diklaim hingga batas waktu pada hari Senin pagi, yang mewakili sekitar 39% dari alokasi airdrop dan 27% dari total pasokan token.

Baca juga: Solana DEX Jupiter Mengguncang Pasar dengan Airdrop JUP dan Hype Meme Coin WEN

Harga WEN Turun, Likuidasi Meningkat

Meskipun peluncuran token WEN awalnya disambut dengan antusias, harganya kemudian turun drastis. WEN kehilangan 52% nilainya sejak mencapai puncak tertinggi sepanjang masa pada hari Senin pagi, dan saat ini diperdagangkan pada harga $0,000086.

Penurunan harga WEN ini menyebabkan likuidasi besar-besaran posisi short di bursa terpusat. Volatilitas harga SOL juga memicu likuidasi posisi short dalam jumlah besar di bursa terpusat.

Dalam 24 jam terakhir, sekitar $9,9 juta posisi short dilikuidasi, dengan sebagian besar (hampir $8 juta) berasal dari posisi short SOL.

Secara keseluruhan, pasar crypto mengalami likuidasi posisi short senilai lebih dari $79 juta dalam 24 jam terakhir, berkontribusi pada total likuidasi sebesar $118 juta di berbagai bursa terpusat.

Pada akhirnya, kenaikan harga SOL dan lonjakan aktivitas jaringan Solana menunjukkan bahwa cryptocurrency ini kembali diminati oleh para trader dan investor. Peluncuran token JUP dan meningkatnya penggunaan jaringan Solana menjadi faktor pendorong utama di balik kenaikan harga SOL.

Meskipun harga token meme WEN mengalami penurunan, namun hal tersebut tidak mempengaruhi tren positif Solana secara keseluruhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->