SEC Batalkan Gugatan DEBT Box, Sementara, Setelah Ancaman Sanksi

Updated
February 1, 2024
Gambar SEC Batalkan Gugatan DEBT Box, Sementara, Setelah Ancaman Sanksi

Securities and Exchange Commission (SEC) memutuskan untuk membatalkan tuntutan terhadap Digital Licensing Inc., yang beroperasi dengan nama DEBT Box, setidaknya untuk saat ini.

Keputusan ini diambil setelah SEC menghadapi ancaman sanksi pengadilan karena dianggap telah memberikan bukti yang salah dan menyesatkan dalam upaya mereka untuk mengajukan perintah penahanan sementara atau temporary restraining orders (TRO) terhadap DEBT Box dan terdakwa lainnya.

SEC Terancam Sanksi Akibat Bukti Palsu

Pada bulan November, Hakim Federal Robert Shelby memerintahkan pengacara SEC untuk menjelaskan mengapa mereka tidak boleh dikenai sanksi oleh pengadilan setelah memberikan bukti yang dianggap palsu dan menyesatkan dalam upaya mereka untuk mengajukan perintah penahanan sementara (TRO) terhadap DEBT Box dan terdakwa lainnya.

SEC diberikan TRO pada bulan Agustus 2023 setelah bukti diajukan. Dalam sebuah pernyataan yang diajukan pada hari Selasa, SEC mengatakan bahwa mereka telah melakukan kesalahan dan akan bekerja untuk memastikan kesalahan ini tidak terjadi lagi.

Baca Juga: Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

Regulator sekuritas meminta hakim untuk menerima mosi untuk menolak gugatan tanpa prasangka, yang “akan segera hadir,” sebagai satu-satunya hukuman terhadap SEC. “Meskipun Komisi mengakui bahwa pengacaranya seharusnya lebih terbuka dengan Pengadilan, sanksi tidak pantas atau diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut,” tulis SEC dalam pengajuan hari Selasa.

“Jika Pengadilan memutuskan bahwa beberapa sanksi diperlukan, Pengadilan harus menolak untuk menjatuhkan hukuman di luar penolakan tanpa prasangka.” Penolakan tanpa prasangka membuka peluang bagi SEC untuk mengajukan kembali tuntutan terhadap para terdakwa di kemudian hari.

SEC Dituduh Menipu Pengadilan

sec setujui etf bitcoin
Sumber: The Block

Shelby menuduh dalam perintah 30 November bahwa SEC telah menipu pengadilan dengan secara tidak benar menyatakan bahwa para terdakwa telah menutup rekening bank dan berusaha memindahkan dana ke luar negeri. Pernyataan tersebut cukup untuk memberikan, dan kemudian memperbarui, TRO selama sepuluh hari, yang membekukan aset para terdakwa.

“Penasihat Komisi membuat pernyataan selama sidang 28 Juli 2023 yang, tanpa sepengetahuannya saat itu, tidak akurat,” tulis SEC dalam pengajuan Desember yang menanggapi klaim Shelby. “Pengacara Komisi gagal mengoreksi pernyataan itu ketika mereka mengetahui ketidakakuratannya.”

Pengajuan tersebut muncul sekitar dua minggu setelah pengacara DEBT Box meminta pengadilan untuk memberikan sanksi kepada SEC atas kesalahan mereka dan membatalkan kasus sepenuhnya, dengan alasan kerusakan pribadi dan finansial yang substansial yang diakibatkan oleh perintah penahanan yang diberikan pengadilan.

Dampak Besar pada DEBT Box dan Penggunanya

Dampak Besar pada DEBT Box dan Penggunanya
Cointelegraph

Para terdakwa mengatakan TRO menutup perusahaan crypto, yang mengakibatkan “gangguan total” bagi sekitar 300.000 pengguna di lebih dari 130 negara. Token asli DEBT Box jatuh lebih dari 56%, tambah para terdakwa.

Para terdakwa Jason Anderson, Jacob Anderson, Schad Brannon, dan Roydon Nelson, yang dikenal sebagai “Dewan DEBT” dan satu-satunya pengendali platform, menurut SEC, memiliki aset pribadi dan bisnis yang dibekukan oleh perintah penahanan.

Orang-orang tersebut tidak dapat membayar karyawan, pinjaman dibatalkan, dan perusahaan kartu kredit serta bank menolak untuk bekerja sama dengan mereka sebagai hasilnya, kata para terdakwa dalam pengajuan 12 Januari.

Baca Juga: Apakah SEC Akan Mengubah Nasib Pasar Crypto? Ini Pengaruh SEC Bagi Industri Crypto!

SEC, dalam pengajuan hari Selasa, mengatakan sanksi tambahan apa pun termasuk penolakan dengan prasangka, akan menjadi hukuman yang terlalu ekstrem. Badan tersebut mengatakan “terus mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah yang diidentifikasi Pengadilan dan untuk mengidentifikasi masalah lain yang mungkin memerlukan pertimbangan lebih lanjut.”

Pengacara persidangan berpengalaman dari Kantor Regional SEC Denver juga telah turun tangan, kata SEC, untuk meninjau tuduhan Shelby. Richard Hong, mitra di Morrison Cohen dan mewakili DEBT Box, menolak berkomentar.

Paragraf Penutup

SEC telah memutuskan untuk membatalkan tuntutan terhadap DEBT Box, setidaknya untuk saat ini, setelah menghadapi ancaman sanksi pengadilan karena memberikan bukti yang salah dan menyesatkan.

SEC dituduh menipu pengadilan dengan secara tidak benar menyatakan bahwa para terdakwa telah menutup rekening bank dan berusaha memindahkan dana ke luar negeri. DEBT Box dan para penggunanya mengalami kerusakan pribadi dan finansial yang substansial akibat perintah penahanan yang diberikan pengadilan.

SEC mengatakan akan bekerja untuk memastikan kesalahan ini tidak terjadi lagi dan meminta hakim untuk menerima mosi untuk menolak gugatan tanpa prasangka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->