Terobosan Roblox: Menghapus Batas Bahasa di Metaverse dengan AI!

Updated
February 6, 2024
Gambar Terobosan Roblox: Menghapus Batas Bahasa di Metaverse dengan AI!

Dalam dunia digital yang terus berkembang, Roblox mengambil langkah revolusioner dengan memperkenalkan sistem terjemahan otomatis berbasis kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi lintas bahasa secara real-time. Inovasi ini tidak hanya memperkaya interaksi antarpemain dari berbagai penjuru dunia tetapi juga mengukuhkan posisi Roblox sebagai pelopor dalam menghadirkan pengalaman metaverse yang inklusif dan terjangkau. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengatasi Hambatan Komunikasi

llm roblox
LLM menerjemahkan pesan berbasis teks secara real-time di 16 bahasa yang didukung. Sumber: Roblox

Roblox telah mengembangkan model terjemahan unifikasi yang ditenagai oleh AI, memungkinkan pemain untuk berinteraksi satu sama lain melalui teks secara real-time, meskipun mereka berbicara dalam bahasa yang berbeda. Sistem ini dibangun menggunakan model bahasa besar (LLM) in-house yang mampu menerjemahkan pesan teks dengan latensi dasar hanya 100 milidetik, membuat percakapan terasa instan bagi pengguna.

Teknologi terjemahan ini mendukung 16 bahasa dan dirancang untuk mengatasi dua tantangan utama: memungkinkan terjemahan antara semua bahasa secara independen dan memastikan kecepatan yang cukup untuk mendukung obrolan real-time. Dengan menggunakan pendekatan transformer-based LLM, Roblox berhasil menciptakan sistem yang efisien dan responsif, memungkinkan pemain untuk berkomunikasi tanpa hambatan bahasa.

Baca Juga: Roblox di Persimpangan Kritis: Masa Depan atau Kehancuran di 2024?

Pengalaman Multibahasa yang Diperkaya

multibahasa roblox
Penerjemah Roblox mengurai frasa melalui model estimasi kualitas. Sumber: Roblox

Roblox tidak hanya fokus pada terjemahan teks tetapi juga berambisi untuk menerjemahkan seluruh pengalaman pengguna ke dalam bahasa asli mereka, termasuk kemungkinan terjemahan suara di masa depan. Dengan lebih dari 70 juta pengguna aktif harian dari lebih dari 180 negara, platform ini melihat adanya kebutuhan signifikan untuk terjemahan real-time, mengingat satu dari tiga pesan dalam pengalaman memerlukan terjemahan.

Inisiatif ini telah menunjukkan dampak positif pada keterlibatan dan kualitas sesi pengguna, menandakan langkah besar Roblox dalam menciptakan komunitas global yang lebih terhubung. Dengan terus memperbarui sistem untuk mengikuti frase dan istilah terkini, Roblox berupaya menjaga pengalaman pengguna agar tetap relevan dan menarik.

Baca Juga: Roblox dan Tren Ekspresi Diri Digital Generasi Z: Gimana Rencana Kerjasama dengan Gucci?

Melalui pengenalan terjemahan chat AI real-time ini, Roblox tidak hanya memperluas aksesibilitas tetapi juga meningkatkan inklusivitas dan keterlibatan pengguna. Fitur ini mencerminkan visi Roblox untuk menciptakan dunia yang aman, sopan, dan optimis melalui pengalaman online yang imersif, memungkinkan pengguna untuk membentuk persahabatan baru dan berinteraksi dalam berbagai bahasa tanpa hambatan.

Dengan terus berinovasi dan menerapkan teknologi terdepan, Roblox menegaskan komitmennya untuk memperkaya pengalaman metaverse dengan memecahkan hambatan bahasa, membawa komunitas global lebih dekat satu sama lain dalam dunia virtual yang tanpa batas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->