Altcoin Beri Sinyal Bearish di Tengah Reli Pasar Crypto? Ini Penjelasan Firma Analisis Santiment!

Updated
February 12, 2024
Gambar Altcoin Beri Sinyal Bearish di Tengah Reli Pasar Crypto? Ini Penjelasan Firma Analisis Santiment!

Pasar aset digital mungkin akan segera mengalami koreksi, menurut peringatan dari firma analisis crypto terkemuka. Santiment mengatakan di platform media sosial X bahwa minat terhadap altcoin telah meningkat dalam beberapa hari terakhir di tengah reli pasar secara keseluruhan.

Menurut firma analisis tersebut, penyebutan istilah ‚Äúalt,‚ÄĚ ‚Äúaltcoin,‚ÄĚ dan ‚Äúaltcoin‚ÄĚ dalam obrolan media sosial tiba-tiba meningkat pada akhir minggu lalu, menunjukkan bahwa para pedagang menunjukkan tanda-tanda kegembiraan yang berlebihan.

‚ÄúKetika kapitalisasi pasar crypto total telah meroket minggu ini (+5,9%) dan volume telah melonjak (+65,4% dibandingkan minggu sebelumnya), minat altcoin telah meningkat. Ketika ini terjadi saat harga naik, itu bisa menjadi tanda greed.‚ÄĚ

Kapitalisasi Pasar Crypto Meroket

Firma analisis tersebut juga mengatakan bahwa pasar crypto yang lebih luas tampaknya mengikuti tren bullish yang dimulai pada bulan Oktober ‚Äď bulan ketika Bitcoin (BTC) dan altcoin mulai mengalami peningkatan harga. Dengan pasar yang menunjukkan tanda-tanda keserakahan, Santiment memperingatkan bahwa periode retracement mungkin akan terjadi pada Bitcoin dan altcoin.

“Kenaikan harga Bitcoin sebesar +13% dalam seminggu terakhir telah membuat para pedagang berspekulasi tentang berbagai tonggak dukungan dan resistensi baru, dengan $50.000 secara luas diantisipasi.

Baca Juga: Pixels Crypto: Game Web3 di Jaringan Ronin yang Menjadi Sensasi Baru dengan Airdrop PIXEL!

Ironisnya, karena level harga ini telah terlampaui, altcoin telah membalik naskah pada jam-jam pembukaan akhir pekan karena kerumunan menjadi terlalu fokus pada harga Bitcoin. Tren sepanjang siklus bull yang dimulai pada bulan Oktober adalah: Pantau bagaimana kerumunan menanggapi langkah ke-2 dalam siklus ini akhir pekan ini, dan apakah mulai menaikkan level minat terbuka pada alt spekulatif.

Jika demikian, langkah ke-3 kemungkinan akan datang dengan cepat.‚ÄĚ Pada saat penulisan, Bitcoin diperdagangkan pada $48.196, naik 1,41% dalam 24 jam terakhir.

Altcoin Mengungguli Bitcoin

Altcoin Mengungguli Bitcoin
TradingView

Meskipun Bitcoin terus melaju kencang, mungkin ke level tertinggi baru tahunan, ada altcoin tertentu yang mengungguli $BTC, dan kemungkinan akan terus melakukannya. Injective (INJ) dan Render (RNDR) adalah dua di antaranya. Keuntungan lebih tinggi tetapi volatilitas lebih besar.

Meskipun demikian, beberapa pedagang dan investor bersedia mengambil risiko lebih jauh untuk meraup beberapa keuntungan yang lebih spektakuler. Masalah bagi investor yang kurang berpengalaman di sini adalah bahwa volatilitasnya jauh lebih tinggi daripada $BTC.

Secara umum, ketika $BTC naik, beberapa altcoin cenderung naik lebih tinggi dan lebih cepat, mengingat kapitalisasi pasar mereka jauh lebih kecil daripada $BTC dan akan ada lebih sedikit likuiditas. Di sisi lain, ketika $BTC turun, altcoin cenderung jatuh lebih keras dan lebih cepat.

Oleh karena itu, jika berinvestasi pada altcoin, perjalanan tersebut kemungkinan akan agak bergelombang. Dua altcoin yang terbukti kurang fluktuatif daripada kebanyakan, dan keduanya telah mengungguli $BTC secara rata-rata sepanjang pasar bull crypto sejauh ini, adalah Injective Protocol (INJ) dan Render (RNDR).

Injective (INJ) dan Render (RNDR)

Injective (INJ)
TradingView

Injective berada di dalam bull flag besar yang telah terbentuk sejak 23 Desember 2023. Menerobos resistensi di level $35 akan membuat harga kembali ke puncak flag sekali lagi. Penembusan yang dikonfirmasi di sini kemudian dapat melihat $INJ mengikuti pergerakan terukur ke $60, yang merupakan pergerakan hampir 50% dari sini.

Dibandingkan dengan $BTC, perlu dicatat bahwa $INJ telah berada dalam tren naik sejak Juli 2022. Koreksi sekitar 30% yang dialami $INJ sejak 23 Desember dapat segera berakhir, dan $INJ mungkin akan mulai mengungguli $BTC sekali lagi.

Keuntungan lebih dari 1.300% untuk $RNDR sejak awal Januari 2023 sedikit lebih banyak daripada $BTC sebesar 221% selama periode yang sama. Meskipun demikian, orang juga dapat melihat pada grafik di atas bahwa $RNDR naik melawan 0,618 fibonacci, sama seperti $BTC, dan yang juga menghentikannya.

Namun, $INJ memang mengalami koreksi 36%, yang mungkin jauh lebih sehat daripada $BTC sebesar 21%. Untuk pasangan RNDR/BTC, $RNDR telah membukukan keuntungan 715% terhadap $BTC sejak Mei 2022, dan keuntungan 305% dari Januari 2023 hingga saat ini. Kembali ke support sekarang, $RNDR dapat terlihat memulai kembali tren.

Penutup

Pasar crypto adalah pasar yang sangat fluktuatif, dan penting untuk memahami risiko yang terlibat sebelum berinvestasi.

Altcoin dapat menawarkan potensi keuntungan yang lebih tinggi daripada Bitcoin, tetapi mereka juga datang dengan risiko yang lebih tinggi. Penting untuk melakukan riset dan hanya berinvestasi pada altcoin yang kamu pahami dan mampu kamu tanggung risikonya.

Baca Juga: Crypto Bakal Jadi Penentu Kemenangan Pemilu AS 2024 Seperti Presiden Pro-Bitcoin El Salvador?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->